5 Tips Membeli Ikan Segar yang Baik di Pasar Tradisional

Beruntung sekali kita tinggal di Indonesia. Sebab di sini kita dapat membeli ikan-ikan segar dengan harga yang terjangkau dan kondisinya pun sangat fresh. Anda bisa membeli ikan segar di pasar ikan tradisional maupun pasar ikan modern. Jika dibandingkan keduanya, maka harga ikan di pasar tradisional biasanya lebih murah. Tapi membeli ikan di pasar tradisional ini memerlukan trik tersendiri. Karena kualitas ikan di sini memang beraneka ragam. Begitu pula dengan tingkah laku penjualnya pun tak sama. Anda harus memilih ikan dengan cerdik supaya tidak sampai tertipu oleh oknum penjual nakal yang nakal.

Tetapi membeli ikan di pasar tradisional memang sangat mengasyikkan. Apalagi jika Anda memang suka dengan aktivitas tawar-menawar harga. Di pasar ikan tradisional manapun, Anda dapat menawar harga ikan sebelum membelinya. Biasanya timbul rasa kepuasan tersendiri apabila kita berhasil menawar ikan dengan nilai harga yang sesuai apa yang kita inginkan. Selain itu membeli ikan di pasar tradisional ini pun memungkinkan kita untuk dapat membelinya langsung dari para nelayan. Jadi kalau Anda cerdik, Anda bisa mendapatkan ikan yang benar-benar segar yang baru naik dari air. Rasanya dijamin lezat!

Di bawah ini merupakan tips-tips yang bisa Anda coba pada saat berbelanja ikan di pasar tradisional biar mendapatkan produk yang segar dan murah. Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi kami. Ketika akan membeli ikan segar di pasar tradisional, kami selalu menggunakan kiat-kiat di bawah ini!

Beli Saat Weekdays Biar Lebih Murah

Beli ikan di pasar tradisional sebaiknya dilaksanakan pada hari-hari biasa, mulai dari senin sampai jumat. Kalau bisa sih hindari membelinya saat weekend yaitu sabtu dan minggu. Mengapa? Penyebabnya tidak lain karena ketika weekend biasanya jumlah pembeli di sini bisa meningkat hingga 3-5 kali lipat sehingga harganya pun pasti bertambah mahal. Orang-orang yang selesai berwisata ke pantai terdekat biasanya akan mampir ke pasar tradisional terlebih dahulu untuk membeli oleh-oleh berupa seafood segar yang murah. Itulah kenapa, Anda harus membelinya saat weekdays agar harganya lebih murah.

Buatlah Daftar Ikan yang Ingin Dibeli

Dari rumah Anda harus membuat daftar ikan apa saja yang akan dibeli nanti di pasar tradisional. Apakah  tujuannya? Tidak lain supaya Anda dapat berfokus dengan produk ikan yang ingin dibeli. Bahaya banget deh jikalau setibanya di pasar tradisional nanti, Anda justru lapar mata karena melihat begitu banyaknya pilihan ikan yang ada dengan harga yang murah banget. Bisa-bisa uang di dalam dompet Anda terkuras habis semuanya karena tanpa sadar sudah membeli ikan yang terlalu banyak. Silakan Anda buat list ikan yang masuk akal beserta alternatifnya kalau stock ikan tersebut ternyata tidak ada.

Ketahui sedang Musim Jenis Ikan Apa

Setelah sampai di pasar, jangan langsung membeli ikan. Anda perlu melakukan riset pasar terlebih dulu dengan memantau ketersediaan produknya. Tujuannya agar Anda bisa menakar harganya dengan tepat. Contohnya Anda berencana membeli ikan tongkol, hitung berapa jumlah penjual yang menyediakan ikan tongkol. Jika setidaknya ada 5 orang penjual yang menyediakan ikan tongkol artinya stock ikan tersebut banyak. Pada kesempatan tersebut, Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih murah. Kami juga pernah loh mendapatkan ikan tongkol seharga Rp 10.000/kg waktu stoknya banyak.

Jangan Lupa Menawar Harga Ikannya

Cobalah mampir ke salah satu lapak penjual. Amati seberapa segar keadaan ikan tersebut. Setelah yakin bahwa ikan yang Anda incar ini masih segar, tanyakan harganya kepada penjual. Ingat, jangan langsung mengiyakan harga ini begitu saja ya karena Anda masih mempunyai kesempatan untuk menawar harga. Anda bisa mencoba menawar harga bebas mulai dari Rp 1.000 sampai Rp 10.000. Namun harga tawaran yang Anda sebutkan tadi harus tetap masuk akal ya. Lakukan proses tawar-menawar hingga mencapai harga yang disepakati bersama. Tips nih, kalau Anda ingin harga ikan yang lebih murah lagi, belilah ikan langsung dari nelayan yang baru turun dari kapalnya.

Pilihlah Ikan Sendiri untuk Anda Beli

Pilihlah ikan sendiri untuk dimasukkan ke dalam wadah timbangan. Agar Anda semakin puas kan dalam berbelanja ikan segar? Kadang-kadang ada penjual nakal yang menaruh ikan tak segar di balik tumpukan ikan segar loh. Kemudian perhatikan pula bobot pada timbangan tersebut sudah pas atau belum. Kalau kebetulan Anda membeli ikan dalam jumlah yang cukup banyak, jangan sungkan untuk meminta bonus berupa ikan-ikan kecil ya. Di pasar tradisional biasanya juga ada Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Jadi kalau Anda punya usaha di bidang kuliner seperti restoran, rumah makan, warung lesehan, atau jasa catering bisa membelinya di TPI ini biar harganya semakin murah dan kondisi ikannya pun benar-benar fresh.