Anda Pasti Bisa! Begini Loh Caranya Membersihkan AC yang Benar Itu

Disadari atau tidak memang kenyataannya menyalakan AC yang kondisi bersih jauh lebih hemat listrik daripada Anda menggunakan AC yang kotor. Udara dingin yang dihasilkannya pun lebih maksimal. Hal ini tak terlepas dari performa komponen-komponen penyusunnya. Komponen elektronika di dalam AC yang bersih mampu bekerja lebih efektif dan efisien. Oleh sebab itu, Anda mesti membersihkan AC ini secara rutin supaya kinerjanya terjaga dengan baik. Ditambah apabila kita selalu menjaga kebersihan AC, perangkat ini juga bakal awet dan tak akan mudah rusak.

Membersihkan AC sebenarnya merupakan pekerjaan yang mudah kok. Kami yakin Anda pun bahkan sanggup melakukannya sendiri. Asalkan mau belajar dan mencobanya, Anda pasti bisa deh. Faktanya nih kebanyakan orang membutuhkan waktu sekitar 3-5 jam untuk membersihkan keseluruhan bagian AC. Semakin kotor kondisi perangkat eletronik tersebut, maka tentu saja waktu yang kita butuhkan untuk membersihkannya menjadi lebih lama. Oleh karena itu, Anda harus rutin membersihkannya sebelum kotoran yang menempel di AC milik Anda sudah terlalu banyak.

Perlu Anda ketahui, terdapat 2 komponen utama yang harus Anda bersihkan dari perangkat AC. Antara lain yaitu komponen AC bagian dalam dan luar. Untuk membersihkannya, Anda bisa memulainya dari komponen AC bagian luar terlebih dahulu. Bagian AC ini biasanya disebut dengan istilah kompresor atau kondensor. Bentuk fisiknya yakni persegi atau bulat, dan terletak pada sisi yang menempel di dinding. Sedangkan unit bagian dalam dikenal sebagai evaporator, di mana komponen ini terhubung langsung ke terminal mesin. Anda harus berhati-hati saat membersihkan bagian ini.

Di bawah ini merupakan panduan lengkap untuk membersihkan perangkat AC. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Jangan lupa untuk mengerjakannya sesuai prosedur ya!

Persiapan Awal Kerja

Pertama-tama pastikan AC Anda sudah terputus dengan aliran listrik. Anda bisa memadamkan AC tadi terlebih dahulu, kemudian cabutlah kabel powernya dari terminal listrik. Selanjutnya Anda perhatikan dinding di sekitar AC untuk mengetahui apakah ada lumut yang tumbuh di sana atau tidak. Keberadaan lumut ini harus dihindari karena mampu merusak komponen AC bagian dalam. Lumut dapat membuat di sekitarnya kotor dan tidak sehat. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan dinding di sekitar AC pula. Bersihkan lumut tersebut sampai habis tak tersisa.

Membersihkan AC Bagian Luar

Sekarang waktunya Anda mulai membersihkan AC. Coba baca kembali buku manual yang disertakan saat Anda membeli AC tersebut untuk mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Bacalah baik-baik supaya tidak merusak garansi produk tersebut. Kalau sudah paham semuanya, Anda bisa mulai membersihkan perangkat AC ini. Mulailah dengan menyapu debu yang menempel di permukaan AC terlebih dahulu. Untuk debu yang membandel, Anda bisa menghilangkannya dengan bantuan sikat gigi yang berbulu halus.

Jangan lupa untuk menyikat kotoran yang terdapat di permukaan bagian atas unit AC. Selalu berhati-hatilah saat membersihkan AC ini. Selain menggunakan air bersih, Anda bisa memakai bantuan cairan pembersih kaca atau cairan yang khusus untuk membersihkan AC. Setelah bagian ini dirasa sudah cukup bersih, langkah berlanjut pada pembersihan bagian kumparan dan kipas. Perhatikan dengan baik kondisi bagian tersebut. Apabila selama dalam proses pembersihan ini Anda menemukan kebocoran pada AC,  segera panggi tenaga profesional untuk mengatasinya.

Membersihkan AC Bagian Dalam

Setelah bagian luar AC sudah bersih, proses pembersihan pun berlanjut dengan membersihkan bagian dalam AC. Jangan kaget ya sebab pembersihan bagian dalam AC ini jauh lebih sulit dilakukan ketimbang bagian luarnya. Mengapa? Karena bagian dalam AC memiliki struktur yang rumit dan membutuhkan keahlian yang tinggi untuk membersihkannya. Kalau Anda tertarik melakukan pembersihan bagian ini dengan tenaga sendiri, kami sarankan mintalah bantuan rekan Anda yang sudah ahli untuk mengawasi cara kerja Anda dan memastikannya sudah sesuai dengan prosedur.

Bagian luar AC harus Anda bersihkan sesering mungkin. Namun berbeda dengan bagian dalam AC ini. Karena sudah terlindungi oleh cover khusus, maka Anda bisa membersihkannya cukup  setiap 2-3 tahun sekali. Sekali lagi kami ingatkan Anda untuk meminta pengawasan dari tenaga profesional terlebih dulu saat belajar membersihkan bagian dalam AC ini. Walaupun prosesnya kelihatannya sepele karena Anda cukup membersihkan partikel-partikel debu yang menempel di permukaannya menggunakan kuas, tapi risikonya sangat tinggi. Di sini Anda sama sekali tak boleh menggunakan cairan pembersih.

Langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian filter udara yang terdapat pada perangkat AC. Ya, AC ternyata juga dilengkapi dengan filter udara loh. Fungsinya adalah menyaring udara memasuki saluran udara di dalam perangkat AC supaya bersih dan segar. Dengan demikian, mesin AC pun dapat mengolah udara yang sudah dibersihkan tadi menjadi udara yang suhunya dingin dengan lebih mudah. Apabila ternyata kondisi filter udara di dalam AC Anda sudah terlalu kotor, maka Anda dapat menggantinya dengan filter yang baru. Dapatkan produk tersebut di www.alatperabotan.com ya!

Memastikan Semuanya Beres

Langkah terakhir adalah melakukan pemeriksaan kondensasi yang terletak di dekat terminal perangkat AC. Anda harus memastikan bahwa aliran udara yang ada di dalam tabung tersebut mampu bergerak dengan lancar dan tidak tersumbat. Adapun cara membersihkan tabung ini mudah sekali sih. Anda bisa menggunakan campuran sabun dan air dengan perbandingan 1 : 16. Kalau sudah, silakan Anda tuangkan cairan pembersih ini ke dalam tabung. Sebagai alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan bantuan tongkat, sikat botol, atau suatu benda yang panjang untuk membantu Anda menggosok permukaan bagian dalam tabung tersebut. Kalau semuanya sudah beres, Anda bisa merangkai kembali AC seperti semula dan memasangnya di tempat awal.