9 Cara Menghilangkan Bau di Kamar Tidur yang Lembab

Kamar tidur seharusnya menjadi ruangan yang paling nyaman di dalam rumah. Ini merupakan ruangan, di mana Anda bebas untuk mengekspresikan diri. Oleh sebab itu, Anda perlu menyiapkan kamar tidur ini dengan sebaik-baiknya. Kamar tidur yang nyaman salah satunya ditentukan oleh kondisi udara di dalam ruangan ini. Kamar tidur yang baik memiliki udara yang segar dengan sirkulasi udara yang lancar. Udara di sini terasa begitu menyegarkan walaupun berada di dalam rumah. Sama sekali tak tercium bau busuk atau aroma yang tidak sedap di dalam kamar tidur tersebut.

Lantas bagaimana sih caranya menata kamar tidur yang mempunyai aroma segar dan tidak berbau? Ada banyak sekali pekerjaan yang mesti Anda lakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut. Pada dasarnya nih suasana kamar tidur akan sungguh terasa nyaman apabila Anda menjaga kebersihannya dengan baik dan benar. Kamar tidur yang bersih pasti akan terasa begitu nyaman untuk dihuni. Jadi Anda harus rajin dalam membersihkan ruangan ini. Ini merupakan langkah mutlak yang harus Anda kerjakan setiap saat. Selain itu, masih banyak pekerjaan lain yang harus dilakukan loh.

Kami mempunyai kiat-kiat untuk membuat kamar tidur pribadi Anda menjadi beraroma segar, semerbak harumnya, dan sama sekali tidak berbau busuk. Silakan Anda dapat mengikuti tips-tips di bawah ini ya!

Usahakan jendela di dalam kamar tidur selalu terbuka ketika Anda berada di dalam kamar tidur. Tak ada pengharum ruangan sebagus udara yang segar. Udara segar ini sangat efektif memberantas aroma yang pengap di dalam ruangan pribadi Anda. Suasana di dalam kamar tidur pun akan terasa segar sekali.

Salah satu kunci dari kesegaran ruangan yaitu kondisinya mesti bersih. Ruangan yang bersih sudah pasti tak ada sumber bau busuk yang masih berada di kamar tidur tersebut. Jadi bersihkan ruangan ini secara menyeluruh. Kerjakan mulai dari bagian bawah kasur, belakang gorden, hingga laci-laci meja.

Anda dapat memanfaatkan vacum cleaner untuk menyedot debu-debu yang mungkin masih tertinggal. Semakin banyak area lantai yang Anda bersihkan, semakin kecil juga kemungkinan bau bakal terhirup. Gunakan vacum cleaner setiap hari untuk membersihkan kamar tidur agar udaranya selalu terjaga.

Tahukah Anda, baking soda ternyata ampuh digunakan untuk membersihkan ruangan karena sanggup menetralisir pH loh. Anda dapat memanfaatkannya sebagai alternatif bahan pembersih kimia. Caranya yaitu taburkan baking soda tersebut ke lantai setiap kali Anda menctium bau yang cukup menyengat.

Selain soda kue, cuka juga dapat digunakan sebagai pembersih alami loh. Cuka cair ini sangat gampang diaplikasikan pada dinding yang kotor. Campurkan ¼ gelas cuka dengan ½ gelas air, lalu aduklah merata. Gunakan bantuan koran, spons, atau kain lap untuk mengusapkan air cuka ini ke permukaan dinding.

Apabila Anda menggunakan kasur berbahan busa, cucilah kasur tersebut secara rutin. Jangan lupa, ganti juga sprei serta selimutnya minimal 3-5 sekali. Kasur yang lembab menjadi tempat ideal bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak. Kondisi buruk ini dapat menyebabkan kamar tidur berbau busuk.

Pastikan Anda sudah menyingkirkan benda-benda yang menjadi sumber bau dari kamar tidur. Misalnya tumpukan baju, gantungan celana kotor, tisu bekas, sampah, dan lain-lain. Anda tidak boleh menyimpan barang-barang kotor ini di dalam kamar tidur ya. Pastikan ruangan pribadi Anda ini bebas sampah.

Kalau diperlukan, Anda bisa menambahkan pewangi ruangan ke dalam kamar tidur. Gunakan pewangi isi ulang supaya lebih hemat. Anda juga dapat memanfaatkan bunga potong atau rempah-rempah sebagai pengharum ruangan alami. Kami sudah pernah berbagi resepnya di artikel sebelumnya ya.

Lilin aromaterapi juga dapat Anda gunakan untuk membuat kamar tidur yang harum. Selain itu, lilin juga mampu menciptakan kamar tidur bersuasana klasik dan alami yang menenangkan. Cobalah aroma yang mampu membawa Anda ke dalam ketenangan seperti cokelat, kopi, semangka, ceri, pir, dan stroberi.

Silakan Anda bisa mencoba kiat-kiat ala kami di atas. Niscaya kamar tidur Anda yang sebelumnya berbau pun akan berubah menjadi beraroma harum mewangi. Selamat mencoba!