11 Cara Ampuh Mengusir Bau Tak Sedap di Dalam Rumah, Anda Wajib Coba!

Kadang-kadang di interior rumah tercium aroma yang tak sedap. Contohnya karena tumpukan sampah, cucian piring yang menggunung, atau bahan-bahan makanan yang memang memiliki aroma yang tajam. Bau-bau yang tak sedap tersebut tentunya bisa merusak kenyamanan di dalam rumah dan menimbulkan kesan lingkungan yang jorok. Sebenarnya Anda bisa menghilangkan bau busuk ini menggunakan produk pengharum ruangan yang banyak dijual di toko. Tetapi aroma wanginya hanya bertahan sementara. Ada kalanya pengharum sintetis ini juga berbahaya bagi kesehatan jika terus-menerus dihirup.

Lebih baik Anda gunakan metode tradisional untuk mengatasi bau tidak sedap yang ada di dalam rumah ini. Anda bisa memulainya dari cara-cara yang sederhana seperti menjaga kebersihan rumah, membuat pengharum ruangan alami, memastikan rumah bebas dari kotoran, mengatur sirkulasi udara agar lancar, dan sebagainya. Dengan senantiasa mengaplikasikan kiat-kiat ini setiap hari, niscaya rumah Anda bakal bebas dari aroma menyengat yang tidak sedap. Anda bisa mengajak serta seluruh anggota keluarga yang lain untuk membiasakan pola hidup yang positif supaya pekerjaan ini terasa lebih mudah.

Arafuru mempunyai kiat-kiat yang bisa Anda coba sendiri di rumah untuk mengusir bau yang tidak sedap serta membuat aroma di interior menjadi harum mewangi menggunakan bahan-bahan alami. Anda bisa mencobanya sendiri untuk menciptakan suasana rumah tinggal yang nyaman dan ideal.

Bersihkan Interior Rumah Secara Rutin

Trik yang paling mudah dikerjaakan supaya rumah Anda tidak berbau busuk yaitu membersihkan interior rumah secara rutin. Anda harus menjaga kebersihan interior setiap saat tanpa mengenal waktu. Jagalah kebersihan seluruh ruangan serta karapiannya. Jangan biarkan ada kotoran yang menggunung di rumah Anda. Setiap kali Anda melihat kotoran di suatu ruangan, Anda harus segera membersihkannya dengan tuntas. Jangan biarkan kotoran tersebut menimbulkan bau tak sedap di dalam rumah. Dengan membuat kondisi interior selalu bersih, maka tak ada bakteri penyebab bau yang bertahan hidup di sini.

Berikan Perhatian yang Lebih Pada Kain

Anda harus memberikan perhatian yang lebih terhadap aksesori yang terbuat dari kain. Kenapa? Sebab bahan kain ini sangat gampang menyerap debu dan uap air sehingga menimbulkan bau apek di interior. Itu sebabya, aksesoris-aksesoris yang terbuat dari kain seperti tirai, karpet, keset, taplak meja, dan sofa cover harus dibersihkan secara rutin karena rentan sekali terkena tumpahan makanan dan minuman, debu, residu, uap air, serta partikulat udara. Selain itu, biasakan juga untuk melepaskan alas kaki saat di dalam rumah supaya kotoran-kotoran yang menempel tidak ikut terbawa masuk.

Hilangkan Segera Noda serta Kotoran

Walaupun sedikit, noda dan kotoran berpotensi besar menjadi sumber bau tidak sedap di rumah. Oleh karena itu, Anda harus membersihkannya sebelum kotoran-kotoran tersebut merembet ke permukaan lain dan meluas. Disarankan membersihkan kotoran tersebut dengan menekan dan menepuk-nepuknya mengguakan kertas tisu atau kain lap. Tujuannya agar kotoran cepat terangkat, tidak terserap ke dalam bahan, dan tidak menjalar ke sekitarnya. Hindari menggosok atau mengusap tumpahan kotoran karena justru akan menyebabkan munculnya noda membandel di permukaan tersebut dan menimbulkan bau.

Atur Sirkulasi Udara di Interior Rumah

Apakah di dalam rumah Anda sering tercium bau tidak enak? Salah satu penyebabnya adalah mungkin sirkulasi udara di dalamnya tidak berjalan dengan baik. Rumah dengan perputaran udara yang buruk ini akan menyebabkan tingkat kelembabannya meningkat, serta memicu kuman dan bakteri penyebab bau untuk berkembang biak. Untuk mengatasinya, Anda bisa membuka pintu dan jendela setiap pagi hingga sore, menyalakan kipas angin untuk memutar udara lebih maksimal, dan memasang kipas filter udara. Atau Anda juga dapat memanfaatkan perangkat dehumidifier untuk mengatasi udara yang lembab.

Jagalah Kebersihan di Kandang Binatang

Apabila Anda memelihara binatang di rumah, bukan tidak mungkin sumber timbulnya bau busuk berasal dari kandang hewan tersebut. Anda bisa mengeceknya sekali lagi. Cobalah Anda membersihkan kandang hewan ini sampai bersih. Gunakan sabun cuci piring beraroma lemon ketika mencucinya. Setelah Anda membilasnya, kandang ini wajib dijemur di bawah terik matahari secara langsung ya. Barulah kemudian Anda dapat menggunakannya kembali. Selain itu, Anda juga perlu memandikan binatang peliharaan tadi secara berkala agar aroma tubuhnya menjadi lebih harum dan wangi.

Manfaatkan Jeruk Nipis ataupun Sereh

Bau tidak sedap yang tercium di dalam rumah paling sering disebabkan oleh proses pengolahan bahan makanan. Misalnya ikan, daging, telur, terasi, atau bawang. Untuk itu, Anda dapat mulai menghilangkan aroma-aroma tidak mengenakan ini dari dapur guna menghilangkan bau di kompor dan asap masakan. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan jeruk nipis dan sereh. Anda hanya perlu memotong jeruk nipis menjadi dua bagian. Potong juga batang sereh secara tipis-tipis. Lantas masukkan potongan jeruk nipis dan sereh ini ke dalam panci. Rebuslah dengan menambahkan sedikit air. Uap dari rebusan inilah yang berguna untuk menyegarkan kembali lingkungan dapur.

 Lawan dengan Cuka dan Baking Powder

Seperti yang sudah pernah kami bahas sebelumnya, cuka dan baking powder memang terbukti efektif mengusir bau tak sedap di dalam suatu ruangan. Kinerja bumbu dapur ini adalah menetralisir bau busuk menggunakan aroma khasnya. Adapun caranya adalah tuangkan cuka ke dalam baskom ukuran sedang secukupnya, lalu tambahkan baking powder sebanyak 1 sendok makan. Letakkan baskom ini di tengah-tengah ruangan. Biarkan baskom tersebut tetap berada di ruangan selama semalaman penuh. Niscaya bau tak sedap pun hilang seketika. Anda bisa menambahkan minyak essensial kalau mau.

Rajinlah Mengepel Lantai Setiap Hari

Disadari atau tidak lantai memang menjadi area yang paling mudah kotor. Partikel-partikel debu, noda dari kaki, kotoran-kotoran, serta bahan makanan dan minuman yang terjatuh akan mengotori lantai ini. Akibatnya ialah permukaan lantai menjadi begitu kotor dan memunculkan aroma yang tidak sedap. Jadi Anda sebaiknya mengepel lantai pada pagi dan sore hari dengan cara yang benar. Kesalahan mengepel lantai tersebut justru akan menimbulkan aroma amis. Sebelumnya Anda perlu menyapu lantai terlebih dahulu, kemudian baru mengepelnya. Gunakan cairan pembersih lantai agar hasilnya lebih bersih serta aromanya pun wangi.

Amankan Bahan Makanan Berbau Tajam

Memang tidak dipungkiri kalau beberapa bahan makanan memiliki aroma tajam yang begitu menyengat. Kendati demikian, bahan-bahan makanan ini tetap disukai karena di balik aroma khasnya tersebut, rasa yang dimilikinya benar-benar sungguh lezat. Adapun contoh bahan-bahan makanan yang kami maksud di antaranya terasi, tauco, ikan asin, durian, tempoyak, tape, petai, jengkol, serta keju. Sebaiknya Anda simpan bahan-bahan ini di tempat yang aman seperti dalam kotak makanan dan dimasukkan ke dalam lemari yang tertutup rapat sehingga aromanya tidak mencemari interior rumah.

Letakkan Tong Sampah di Luar Rumah

Anda juga harus waspada terhadap semua sampah di rumah, khususnya sampah organik yang memang sering kali menimbulkan bau busuk yang begitu menyengat. Saran kami adalah Anda bisa meletakkan tong sampah tersebut jauh di luar rumah. Anda dapat menyediakan minimal dua tong sampah. Pertama tong sampah di dalam rumah yang hanya digunakan sebentar dan segera dikosongkan. Kedua yaitu tong sampah akhir di luar rumah.  Kalau mau sedikit repot, Anda dapat memanfaatkan sampah organik untuk dibuat menjadi pupuk kompos. Pupuk ini sangat berguna untuk menyuburkan tanaman.

Tanamlah Tumbuhan Berbunga Harum

Trik terakhir untuk mengusir bau tak sedap di dalam rumah Anda serta menggantinya dengan aroma lain yang begitu wangi, Anda bisa menanam tumbuh-tumbuhan di sini. Buatlah sebuah mini garden di rumah Anda yang berisi tanaman-tanaman yang sanggup menghasilkan bunga dengan aroma khas semerbak. Contohnya seperti cempaka, mawar, melati, dahlia, kemuning, dan masih banyak lagi. Kalau halaman di rumah Anda cukup sempit, Anda dapat menanam tumbuh-tumbuhan ini di pot. Tips agar tanaman rajin berbunga, Anda harus meletakkannya di tempat yang banyak mendapatkan cahaya matahari.