Basmi Ulat Bulu Secara Alami dengan 9 Solusi Ampuh Ini!

Rata-rata orang merasa benci sekali terhadap ulat bulu. Apalagi bagi para pencinta tanaman dan petani, ulat bulu merupakan hama yang sangat merugikan. Serangga ini dapat memakan habis daun-daun pada  tanaman sampai tak tersisa. Walaupun akhirnya akan berubah menjadi kupu-kupu dan menguntungkan karena bisa membantu proses penyerbukan tanaman, namun ketika masih berbentuk ulat bulu, dia akan menghabiskan banyak sekali dedaunan untuk mencukupi kebutuhan perutnya. Tidak hanya itu saja, bagi manusia, ulat bulu juga dapat menyebabkan rasa gatal.

Penggunaan insektisida sebagai pembasmi ulat bulu mungkin mampu bekerja secara efektif. Namun zat kimia beracun yang terkandung di dalam pestisida tersebut juga bisa menimbulkan dampak negatif pada lingkungan di sekitarnya. Misalnya yaitu insektisida pun bisa mematikan serangga-serangga bermanfaat seperti cacing, kepik, dan lebah. Penggunaan insektisida secara berlebihan atau tidak sesuai takaran juga dapat meracuni tumbuh-tumbuhan yang Anda tanam. Jadi Anda harus berhati-hati dalam menggunakan insektisida sebab bagaimana pun ini merupakan bahan beracun.

Kami sarankan Anda menggunakan metode pengendalian ulat bulu secara alami terlebih dulu sebelum memakai insektisida. Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang aman bagi lingkungan untuk memberantas ulat bulu tersebut. Dengan rutin mengaplikasikannya, niscaya semua ulat bulu yang telah menyerang rumah Anda pun bakal lenyap sampai ke telur-telurnya.

Buanglah Ulat Bulu Secara Manual

Jika serangan ulat bulu di rumah Anda belum terlalu parah, Anda bisa menggunakan solusi yang mudah dan murah untuk mengatasinya. Yap, tidak lain adalah mengambil ulat bulu tersebut secara langsung. Tentunya Anda tidak boleh mengambil ulat bulu ini memakai tangan kosong karena dapat menimbulkan rasa gatal. Saran kami, Anda bisa mengambil ulat bulu ini menggunakan sumpit. Berburu ulat bulu tidak begitu susah kok sebab gerakan hewan ini lambat sekali serta tidak pintar bersembunyi. Ulat-ulat yang sudah berhasil ditangkap bisa dimasukkan ke dalam plastik agar tidak menjadi hama di tempat lain.

Pakai Bubuk Bacillus thuringiensis (Bt)

Bacillus thuringiensis (Bt) merupakan bakteri baik yang sanggup membunuh ulat bulu. Bakteri ini sama sekali tidak berbahaya bagi serangga lainnya dan aman bagi manusia. Wujudnya sih berupa bubuk atau tepung yang halus. Anda bisa mendapatkan produk Bacillus thuringiensis (Bt) di www.tokotanaman.com dengan harga yang terjangkau. Cara menggunakan Bacillus thuringiensis (Bt) ini terbilang sangat mudah. Anda cukup menaburkannya sedikit saja pada permukaan daun tanaman yang terserang ulat bulu. Maka bakteri ini pun akan langsung bekerja dengan membunuh ulat bulu yang melewatinya.

Pelihara Burung, Ayam, atau Bebek

Secara alami, binatang unggas seperti burung, ayam, dan bebek adalah pemakan ulat bulu. Ayam dan bebek memang bisa dipelihara dengan mudah. Anda dapat melepasnya begitu saja di halaman supaya memakan ulat bulu yang ditemuinya. Anda juga bisa melatih burung elang atau burung hatu agar jinak, lalu memanfaatkannya untuk memangsa semua ulat bulu di rumah. Kalau susah, Anda dapat menaruh beberapa burung di dalam sangkar dan meletakkannya di halaman untuk menarik kedatangan burung- burung liar. Burung liar inilah yang nantinya akan memakan ulat bulu yang mengganggu rumah Anda.

Lindungi Memakai Tisu atau Plastik

Anda juga dapat memanfaatkan tisu ataupun plastik untuk mengatasi serangan ulat bulu. Memang sih kedua benda tidak bisa Anda gunakan untuk membasmi ulat bulu atau membunuhnya. Tapi setidaknya Anda masih bisa melindungi tanaman-tanaman tersebut menggunakan tisu maupun kantung plastik dari serangan ulat bulu. Cara memanfaatkannya bahan-bahan ini mudah sekali kok sebenarnya. Anda tinggal memakai tisu atau plastik untuk membungkus bagian-bagian tanaman yang hendak dilindungi. Biasanya para petani memanfaatkan kantung plastik/tisu untuk melindungi buah.

Buatlah Perangkap Ulat Sederhana

Kebiasaan ulat bulu yang suka bersembunyi di malam hari bisa Anda manfaatkan untuk membasminya dengan gampang. Anda bisa membuat sebuah perangkap sederhana khusus untuk mengatasi serangan ulat bulu. Caranya mudah sekali kok. Anda cukup meletakkan sebuah kertas karton atau papan tripleks di tengah atau salah satu sudut halaman. Hati-hati saat menaruh karton/tripleks ini agar jangan sampai menindihi tanaman dan membuatnya mati. Keesokan paginya, cobalah Anda angkat karton atau tripleks tersebut. Pasti sudah ada banyak sekali ulat bulu di baliknya. Kini Anda tinggal memungutinya saja.

Tanam Tumbuhan yang Dibenci Ulat

Seperti kita ketahui, beberapa serangga cenderung membenci tumbuh-tumbuhan yang membuatnya tidak nyaman. Tidak terkecuali pula dengan ulat bulu. Kenyataannya ialah ulat bulu juga benci terhadap sejumlah tanaman tertentu. Apakah itu? Khusus untuk ulat bulu, tanaman yang tidak disukainya adalah kemangi, lavender, dan mint. Tanaman-tanaman yang berduri, bergetah, serta berbau menyengat pun tidak disukai oleh serangga ini. Jadi Anda dapat mencoba menanam tumbuhan-tumbuhan ini di kebun Anda sebagai pagar alami untuk membuat ulat bulu pergi menjauh.

Lakukan Rotasi Tanaman di Rumah

Penggantian jenis tumbuh-tumbuhan yang Anda tanam di rumah dapat mengakibatkan ulat bulu akan mengalami kesulitan dalam mencukupi kebutuhan makanan. Pemindahan letak penanaman juga dapat bekerja baik menyebabkan ulat bulu tidak mampu beradapatsi dengan kondisi lingkungan di sekitarnya. Silakan Anda bisa melakukan upaya rotasi tanaman serta pemindahan tanaman secara berkala untuk mengurangi populasi ulat bulu dan menekan tingka perkembangbiakannya. Anda dapat memanfaatkan semua bagian halaman untuk mendukung upaya ini agar berhasil.

Manfaatkan Insektisida yang Alami

Sebenarnya tak semua insekstisida itu membahayakan lingkungan hayati kok. Ada jenis insektisida yang aman digunakan dan tidak memiliki efek samping apapun. Khususnya yaitu insektisida yang terbuat dari bahan-bahan alami. Jika mau, Anda juga bisa membuat insektisida alami ini sendiri loh. Caranya mudah sekali kok. Di sini Anda membutuhkan bawang putih dan cabai sebagai bahan utamanya. Siapkanlah 5-8 siung bawang putih serta 20-30 buah cabai rawit pedas. Gilinglah bahan-bahan ini memakai blender dan tambahkan air secukupnya. Masukkan cairan ini ke dalam botol spray agar lebih mudah digunakan. Anda bisa menyemprotkan insektisida alami ini secara rutin sampai ulat bulunya hilang.

Jagalah Kebersihan Halaman Rumah

Last but not least, Anda harus menjaga kebersihan rumah dan lingkungan di sekitarnya agar tak diserang oleh ulat bulu. Minimal yaitu Anda harus rajin menyapu halaman untuk membuang sampah dan kotoran yang ada. Semua sampah yang telah terkumpul lantas bisa Anda buang ke tempat sampah utama atau dibakar supaya tidak menjadi sarang bagi serangga. Selain itu, Anda juga mesti melakukan pemangkasan tanaman secara teratur supaya kondisi tanaman ini tidak terlalu rimbun. Anda dapat meminta bantuan anggota keluarga yang lainnya ketika membersihkan halaman tersebut.