Tips Mengecat Dinding biar Bagus untuk Anda yang Baru Pertama Kali

Setiap orang ingin rumahnya tak hanya terasa nyaman, tapi juga mempunyai penampilan yang menarik. Lantas berbagai upaya pun sengaja dilakukan untuk memperindah desain rumahnya. Salah satunya yaitu menerapkan cat untuk mewarnai rumahnya. Dengan adanya cat yang menghiasi dinding rumah, maka rumah Anda akan terlihat lebih hidup dengan suasana yang sesuai keinginan. Cat dinding benar-benar mampu menghidupkan desain rumah seperti apa yang kita mau.

Dalam mengecat dinding, Anda harus mengerjakannya dengan baik supaya hasilnya pun bagus sesuai dengan keinginan Anda. Anda mesti melakukannya sesuai dengan prosedur pengecatan dinding yang benar. Bukan perkara gampang atau susah semata sih. Pengerjaan yang dilaksanakan dengan tepat akan membuat  keindahan cat dinding mampu bertahan lama. Lapisan cat tersebut tak mudah rusak ataupun mengelupas. Sehingga rumah Anda akan terlihat menarik sekali.

Kualitas cat merupakan penentu kualitas pewarnaan serta daya tahan cat tersebut. Sedangkan teknik mengecat yang dikuasai akan menghasilkan warna cat yang rapi dan bersih. Bagi Anda yang baru belajar mengecat dan kali ini merupakan pertamanya Anda mengecat dinding, kami memiliki 5 tips sederhana yang berhubungan dengan pekerjaan mengecat bagian dinding rumah yang bisa Anda coba. Tips-tips di bawah ini dijamin benar-benar akan bermanfaat bagi Anda!

Lakukan Pengecatan Saat Kondisi Cuaca Cerah

Sering kali ditemukan dinding yang baru saja dicat menggunakan warna yang menarik, tapi mudah rusak akibat mengelupasnya cat dinding tadi. Jika Anda termasuk yang mengalami hal ini, silakan dicoba tips berikut ini. Yang pertama adalah suhu ruangan di dalam rumah. Apabila suhu ruangan terlalu rendah, cat membutuhkan waktu lama supaya dapat mengering. Sebaliknya, ketika suhu ruangan terlalu tinggi, bagian permukaan cat lebih cepat mengering daripada bagian dalamnya sehingga akan menyebabkan terjadinya penggelembungan dan retak-retak. Suhu ruangan yang disarankan saat mengecat dinding adalah suhu normal ketika cuaca cerah.

 Waktu yang Tepat untuk Mengecat Dinding

Dibutuhkan waktu yang tepat untuk mengecat kembali dinding rumah. Jangan sampai pada saat Anda mengecat ulang dinding, ternyata kondisi catnya masih cukup bagus atau malah sudah terlalu lama. Cara untuk mengetahui apakah dinding rumah Anda perlu dicat lagi atau tidak adalah dengan menggosokkan jari tangan ke bagian permukaan dinding trsebut. Apabila ditemukan serpihan putih yang menempel pada ujung jari, ini artinya lapisan cat tersebut sudah mulai mengapur. Jadi sebaiknya Anda memberikan cat lagi ke dinding agar kecantikan rumah tetap terjaga. Ini merupakan waktu yang paling tepat untuk mengecat kembali.

Tips Mengecat Jendela dan Kusen dari Kayu

Jendela dan kusen yang terbuat dari kayu sering kali mendapat serangan dari rayap. Cara yang ampuh untuk mengusir rayap adalah menggunakan campuran oli dan solar sebagai cat dasar jendela dan kusen. Dengan begini, rayap tak akan berani menggerogoti jendela dan kusen kayu tersebut lagi karena sudah mengandung racun yang mematikan. Atau Anda juga bisa dengan menggunakan obat anti rayap sebagai pengganti oli dan solar ini. Setelah lapisan cat dasar ini mengering dengan sempurna, barulah kemudian cat utama bisa Anda oleskan ke permukaannya. Jangan lupa mengencerkan catnya terlebih dahulu ya. Lakukan pengecatan sebanyak 2-3 kali lapisan agar hasilnya maksimal.

Tips Memaku Dinding supaya Tidak Retak

Dinding rumah merupakan tempatnya meletakkan berbagai hiasan dan perabotan rumah tangga. Entah itu untuk menempelkan lukisan, pigura, peralatan elektronik, hingga lemari yang menggantung. Oleh sebab itu, dinding rumah tidak bisa dihindarkan dari paku yang menancap ke dalamnya. Cara yang bisa digunakan agar cat tidak retak saat Anda memaku dinding adalah berikan dua selotip yang dibentuk menyilang seperti huruf X di lokasi yang akan dipaku tadi. Selanjutnya paku bisa ditancapkan tepat pada persilangan selotip-selotip ini. Jika paku sudah menancap dengan kokoh, lantas Anda bisa melepaskan selotip tadi. Apabila cat yang digunakan berkualitas kurang bagus, Anda bisa memberikannya asam cuka terlebih dahulu ke bagian dinding yang akan dipaku.

Tips Membasmi Jamur yang Tumbuh di Dinding

Kenyataannya jamur itu bisa hidup di mana-mana. Termasuk di bagian dinding rumah Anda pun dapat ditumbuhi jamur. Kebanyakan jamur ini ditemukan di dinding yang kondisinya lembab seperti kamar mandi. Jangan biarkan jamur tersebut tumbuh subur ya. Karena selain akan merusak keindahan dinding dan membawa bibit penyakit ke dalam rumah, jamur tersebut juga bisa merusak struktur dinding secara perlahan-lahan. Cara alami untuk menghilangkan jamur yang tumbuh di dinding yaitu menggosoknya menggunakan kain lap yang telah dicampur dengan air cuka.