Agar Rumah Bebas Debu, Anda Hanya Perlu Lakukan 10 Cara Mudah Ini

Rumah yang bersih dan bebas dari debu adalah salah satu ciri-ciri rumah yang sehat. Tetapi ukuran debu yang kecil memungkinkannya gampang sekali menyebar ke seluruh sudut ruangan dan membuat rumah Anda penuh dengan debu. Padahal debu-debu ini mampu menimbulkan masalah kesehatan yang serius loh, termasuk memicu reaksi alergi terhadap Anda sekeluarga. Jadi Anda tidak boleh boleh memandang sebelah mata. Anda tak boleh menyepelekan debu-debu ini. Anda harus mengantisipasinya agar rumah Anda menjadi bersih dan kesehatan keluarga pun semakin terjamin.

Walaupun Anda tidak dapat benar-benar memastikan rumah bebas debu, setidaknya dengan mengikuti panduan berikut ini, rumah Anda pun akan lebih bersih tanpa tumpukan debu di mana-mana. Kuncinya yaitu Anda harus menjaga kebersihan seisi rumah tersebut. Pastikan seluruh bagian interior rumah Anda selalu bersih tanpa adanya kotoran yang menumpuk. Oleh sebab itu, Anda mesti rajin membersihkannya setiap waktu. Anda juga perlu menghindari penggunaan benda-benda yang dapat memicu penumpukan debu di rumah. Beberapa perangkat elektrik pun bisa Anda gunakan di sini.

Anda bisa mengikuti kiat-kiat di bawah ini untuk membuat rumah Anda senantiasa bersih dan bebas dari debu. Anda dapat mencoba melakukannya mulai dari sekarang juga.

Bersihkan Interior Rumah Anda Secara Berkala

Ini merupakan pekerjaan yang mutlak dilakukan kalau Anda mau interior rumah bebas dari debu. Anda harus menjaga kebersihannya setiap saat tanpa terkecuali. Caranya tak lain yaitu membersihkan rumah tersebut secara berkala. Sesibuk apapun Anda, Anda harus menyempatkan waktu sejenak untuk bersih-bersih rumah. Di sini Anda tidak perlu menghabiskan waktu terlalu lama. Cukup 15 menit per hari saja untuk membersihkan, maka kondisi interior rumah pun secara otomatis akan menjadi semakin bersih. Lakukan pekerjaan ini di pagi hari sebelum Anda berangkat bekerja.

Gunakan Dehumidifier untuk Membantu Anda

Dehumidifier adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk menyaring udara di dalam rumah. Alat ini benar-benar mampu membuat kondisi udara di rumah menjadi lebih berkualitas dan terbebas debu. Harga perangkat dehumidifier ini di pasaran berkisar antara Rp 1-3 juta. Anda bahkan dapat membelinya secara online di www.alatperabotan.com dengan harga yang terjangkau.  Anda bisa menaruh perangkat ini di ruangan yang selalu terbuka seperti ruang tamu atau ruang keluarga agar udara yang diolah lebih maksimal. Pilihlah perangkat dengan kemampuan yang sesuai ukuran rumah Anda.

Hisaplah Debu Bukan Malah Memindahkannya

Kebiasaan salah yang biasa kita lakukan ketika membersihkan rumah ialah menggunakan sapu. Padahal sapu tidak mampu melenyapkan debu-debu tersebut, sapu hanya akan memindahkannya dari satu titik ke tempat lainnya saja. Kemudian partikel-partikel debu yang telah Anda singkirkan dengan susah payah ini pun kembali diterbangkan oleh angin. Sebaiknya mulai dari sekarang ubahlah cara Anda dalam upaya membersihkan rumah. Silakan Anda pakai vacuum cleaner untuk menangani debu-debu tersebut. Alat ini mampu menghisap debu sampai habis, dan Anda tinggal membuangnya saja.

Robot Vacuum Cleaner untuk Menghisap Debu

Kalau Anda mempunyai anggaran yang cukup, Anda bisa menginvestasikannya ke peralatan kebersihan yang telah dilengkapi dengan teknologi yang canggih. Perangkat ini akan membuat pekerjaan Anda buat menjaga kebersihan rumah menjadi lebih mudah. Salah satunya yaitu robot vacuum cleaner. Ini adalah perangkat vacuum cleaner otomatis yang mampu bekerja sendiri dengan mendeteksi kondisi ruangan di sekitarnya. Anda tidak perlu repot mendorongnya kesana dan kemari. Karena robot vacuum cleaner ini  mampu berjalan sendiri untuk membersihkan interior rumah Anda.

Bukalah Pintu dan Jendela di Waktu yang Tepat

Bukalah jendela di waktu pagi dan tutup menjelang siang hari. Udara pagi masih sangat murni sehingga mampu membuat seisi rumah menjadi segar. Sedangkan udara ketika siang sudah dipenuhi debu-debu dan polusi udara yang berbahaya. Anda bisa membiasakannya mulai dari sekarang. Jangan biarkan pintu dan jendela rumah Anda tertutup terus bagaikan rumah yang tak bepenghuni. Anda harus membukanya pada pagi hari supaya udara segar bisa memasuki rumah dan memenuhi seisi interior. Tetapi Anda harus berhati-hati terhadap udara siang yang penuh dengan debu ya.

Dilarang Mengenakan Alas Kaki di Dalam Rumah

Selalu biasakan untuk melepaskan sepatu dan sandal ketika memasuki interior rumah. Anda sebaiknya tidak memakai alas kaki selama berada di dalam rumah. Atau kalau Anda tetap memaksakan diri, maka ganti dengan alas kaki khusus. Sepatu dan sandal gampang sekali tertempeli debu dan kotoran-kotoran lain. Membawa alas kaki tersebut ke dalam rumah sama saja dengan Anda sengaja memasukkan debu tersebut dan menyebarkannya ke setiap sudut rumah. Kami tetap menyarankan Anda sekeluarga untuk tidak memakai alas kaki di dalam rumah atau menggantinya dengan sandal khusus.

Jagalah Kebersihan Pada Aksesori Berbahan Kain

Gorden, sofa-cover, sarung bantal, taplak meja, serta aksesoris-aksesoris yang terbuat dari kain lainnya mudah sekali dinaungi debu. Jika Anda kurang memperhatikan kondisi hiasan-hiasan ini, tanpa tersadar tumpukan debu pun ada di balik permukaannya. Untuk itu, buatlah jadwal secara rutin membersihkan semua pajangan kain di rumah Anda tanpa terkecuali. Anda mesti memberikan perhatian yang banyak terhadap aksesori-aksesori kain ini. Karena kalau Anda tidak rutin mencucinya, maka aksesori tersebut biasanya akan menjadi sarang partikel-partikel debu. Tumpukan debunya tebal sekali.

Hindari Furniture yang Penuh dengan Ornamen

Hindari memilih furniture yang mempunyai detail ukiran-ukiran yang rumit. Mengapa? Sebab banyaknya ornamen ini terkadang membuat Anda malas untuk membersihkan debu di permukaannya secara rutin. Alhasil, debu pun sudah banyak mengotori setiap sudutnya. Sebenarnya tak masalah jika Anda memilih furniture tersebut. Furniture yang dipenuhi ornamen ini umumnya cocok digunakan untuk mendesain interior bergaya tradisional dan klasik. Namun kalau Anda tidak bisa berkomitmen untuk membersihkan furniture ini secara rutin, maka sebaiknya Anda menghindarinya.

Bersihkan Debu di Rumah dengan Cara yang Benar

Cara yang benar untuk membersihkan tumpukan debu adalah menyekanya menggunakan kain lap basah dan bukan kain lap kering ataupun kemonceng. Hal ini dimaksudkan agar debu langsung terserap ke kain dan tak malah beterbangan. Membersihkan debu menggunakan kain kering dan kemonceng hanya akan membuatnya berpindah tempat saja. Silakan Anda siapkan kain lap yang basah terlebih dulu. Disarankan memakai kain microfiber untuk membersihkan partikel-partikel debu tersebut. Setelah itu, Anda tinggal menyeka dan memungutnya saja sampai semua debunya hilang.

Tanamlah Tumbuh-tumbuhan di Sekeliling Rumah

Anda juga bisa membuat sebuah taman yang mengelilingi rumah. Taman ini tidak hanya berfungsi untuk memperindah desain rumah tinggal Anda saja, tetapi juga sanggup bertindak sebagai pagar alami yang akan menghalau partikel-partikel dari luar supaya tidak memasuki rumah. Anda bisa menanam tumbuh-tumbuhan yang ukurannya cukup tinggi agar manfaatnya sebagai pagar alami menjadi lebih maksimal. Anda juga bisa menanam tumbuh-tumbuhan berbuah di sini loh. Silakan Anda dapat membeli bibitnya yang berkualitas unggul di www.tokotanaman.com ya. Terima kasih.