Buat Pemula Nih! Cara Membersihkan Magic Com yang Benar

Magic com harus senantiasa dijaga kebersihannya supaya nasi yang dikonsumsi oleh Anda sekeluarga benar-benar bersih, sehat, dan berkhasiat. Jangan pernah merasa malas soal membersihkan perangkat elektronik seperti magic jar, magic com, dan rice cooker ini. Ingat bahwa nasi merupakan makanan pokok yang dikonsumsi oleh Anda dan anak-anak setiap hari. Pastikan kalau magic com yang Anda gunakan untuk memasak nasi selalu dalam kondisi bersih dan terawat dengan baik.

Manfaat lain dari menjaga kebersihan magic com adalah alat elektronik ini akan memiliki usia pakai yang lama serta tidak mudah rusak. Anda akan merasa lebih tenang. Di sisi lain, jika Anda sebagai pengguna enggan membersihkan magic com, produk tersebut bakal lebih cepat mengalami kerusakan. Bakteri dan kuman-kuman akan berdatangan mengotori nasi yang Anda masak. Risiko lainnya yaitu nasi menjadi lengket, gosong, atau terlalu lembek karena magic yang Anda miliki sudah tidak berfungsi dengan normal lagi.

Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi Anda sebagai pemilik magic com membersihkan alat elektronik ini secara rutin. Setidaknya terdapat lima bagian dari magic com yang perlu Anda jaga kebersihannya yaitu permukaan bagian luar, permukaan bagian dalam, penutup, wadah uap air, dan panci. Kami akan memberikan panduan bagi Anda dalam membersihkan magic com tersebut supaya tidak melakukan kesalahan.

Langkah 1. Membersihkan Permukaan Bagian Luar Magic Com

Siapkan kain microfiber yang bersih. Celupkan kain tersebut ke dalam air hangat, lalu peras secukupnya. Usapkan kain ini dengan gerakan memutar ke seluruh permukaan bagian luar magic com. Celupkan kembali kain ini ke dalam air hangat jika kondisinya sudah cukup kotor. Anda mungkin perlu mengusapnya beberapa kali agar permukaan magic com bersih sempurna. Setelah dirasakan sudah bersih, Anda bisa mengeringkannya memakai kain katun. Anda bisa menambahkan baking powder untuk membantu menghilangkan noda membandel.

Langkah 2. Membersihkan Permukaan Bagian Dalam Magic Com

Untuk membersihkan permukaan bagian dalam dari magic com, Anda bisa memakai busa yang lembab. Mulailah membersihkan dinding bagian dalam terlebih dahulu dengan mengusapnya beberapa kali. Pakailah jari telunjuk Anda untuk membantu menjangkau area yang sempit. Di bagian ini biasanya terdapat banyak sisa-sisa nasi kering yang terselip. Buang semua nasi tadi hingga kondisi interior magic com bersih tanpa kotoran. Lap kembali memakai busa yang lembab. Hindari menggunakan air yang berlebihan karena dapat merusak mesinnya.

Langkah 3. Membersihkan Penutup Magic Com

Terdapat beberapa model penutup magic com yang beredar di pasaran. Ada penutup yang bisa dilepaskan dari produk magic com-nya, namun ada pula yang tidak. Kalau magic com Anda dilengkapi penutup yang bisa dicopot, sebaiknya lepas dahulu penutup ini untuk dibersihkan. Uap air biasanya meninggalkan noda membandel berupa bercak di penutup ini. Anda bisa menggunakan kain microfiber dengan air sari jeruk nipis untuk menghilangkannya. Setelah itu, usap sekali lagi dengan air bersih.

Langkah 4. Membersihkan Panci Magic Com

Panci magic com selalu dilapisi dengan teflon (antilengket) di lapisan paling atasnya sehingga harus dibersihkan dengan tepat agar lapisan ini tidak terkikis. Anda bisa mengeluarkan semua nasinya terlebih dahulu. Biarkan panci tetap berada di luar selama 10-15 menit agar suhunya menurun. Setelah itu, masukkan air ke dalam panci sampai terisi penuh dan biarkan minimal selama 1-2 jam. Bagusnya sih semalaman ya. Barulah kemudian Anda bisa mencuci panci tersebut dengan sangat mudah memakai spons yang lembut.

Langkah 5. Membersihkan Wadah Uap Air

Magic com selalu dilengkapi dengan tempat penampungan uap air khusus. Wadah ini biasanya berada tepat di bawah engsel penutup magic com. Tentunya Anda juga harus menjaga kebersihannya. Lepaskan wadah tersebut dengan mendorong ke bawah sedikit lalu menariknya ke belakang. Setelah itu, bersihkan wadah ini memakai sabun pencuci piring. Bilaslah di bawah air yang mengalir, lalu keringkan memakai kain lap. Jangan lupa pasang kembali wadah ini ke tempatnya semula ya.