Membersihkan Kloset dari Noda Membandel agar Seperti Baru Lagi

Kloset mempunyai peranan yang sangat penting di dalam kamar mandi. Sebagai perabotan mandi yang paling menonjol, kebersihan kloset ini akan berpengaruh besar terhadap suasana yang tercipta di kamar mandi. Kloset yang bersih tentu akan mengesankan kalau kamar mandi di rumah Anda memang terawat dengan baik. Begitu pula dengan sebaliknya, jika kondisi kloset tersebut kotor, maka berarti Anda jarang membersihkan kamar mandi. Bagi Anda yang terbiasa melihatnya, kondisi kloset yang kurang bersih ini mungkin nampak biasa-biasa saja. Namun berbeda dengan para tamu yang datang ke rumah Anda.

Pada kloset yang sering dipakai tetapi jarang dibersihkan biasanya noda-noda membandel akan melekat di lapisan permukaannya. Dikatakan sebagai noda membandel karena noda tersebut benar-benar susah sekali untuk dihilangkan. Bahkan walau Anda sudah mencoba menggosoknya menggunakan sikat kloset hingga ratusan kali pun noda ini tak kunjung hilang juga. Kini Anda menjadi pusing sendiri untuk mencari solusi membersihkan kloset tersebut dengan tuntas. Sampai pada akhirnya Anda pun disibukkan dengan berbagai solusi pembersihan yang katanya ampuh tetapi malah dapat merusak kloset tersebut.

Kali ini Arafuru punya panduan membersihkan kloset supaya bersih bersinar kembali layaknya sebuah kloset yang baru. Bahkan panduan ini sangat efektif digunakan untuk menghilangkan noda membandel di permukaan kloset loh. Dengan mengaplikasikan kiat-kiat di bawah ini, kami jamin deh kondisi kloset di rumah Anda akan menjadi bersih sempurna seperti halnya kloset yang baru.

Siapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Anda tentu membutuhkan peralatan kerja dan bahan-bahan yang akan membantu Anda membersihkan permukaan kloset yang kotor. Kali ini kita akan menggunakan peralatan yang cukup komplit agar kondisi kloset menjadi benar-benar bersih kembali. Adapun alat dan bahan yang Anda perlukan, antara lain :

  • Sikat kloset
  • Deterjen pakaian
  • Asam sitrat
  • Air panas
  • Cairan pembersih kloset

Bersihkan Kloset Menggunakan Sikat

Mulailah dengan membersihkan permukaan kloset secara merata menggunakan sikat terlebih dahulu. Anda bisa menggosok permukaan kloset tersebut memakai bantuan sikat dan deterjen. Siramilah kloset dengan air bersih, kemudian taburkanlah bubuk deterjen pakaian secukupnya di kloset tersebut secara acak. Lantas Anda bisa menyikati seluruh permukaan kloset, termasuk bagian lubang pembuangan serta pinggirannya sampai bersih. Gosoklah permukaan kloset tersebut berulang-ulang kali. Biarkan sejenak. Setelah itu, siramilah dengan air sampai busa sabunnya hilang

Taburkan Asam Sitrat Secukupnya

Memang benar kalau langkah kerja di atas tidak mampu menghilangkan noda membandel di permukaan kloset. Kondisi kloset tadi hanya akan bersih saja, tapi noda membandelnya akan tetap ada. Nah, untuk mengatasi noda yang membandel ini, langkah selanjutnya yaitu Anda perlu menaburkan asam sitrat ke permukaan kloset secukupnya saja. Kalau perlu Anda bisa meratakannya menggunakan sikat. Biarkanlah seluruh butiran asam sitrat ini bekerja secara maksimal menyerap noda membandel di kloset yang susah dihilangkan. Tunggu selama kurang lebih 2-3 jam. Lalu siram kloset tersebut sampai bersih.

Siram dengan Air Panas, Lalu Keringkan

Pada langkah ini, tujuannya untuk mematikan semua kuman, bakteri, jamur, lumut, dan mikroorganisme lainnya yang menjadi salah satu penyebab timbulnya noda membandel di kloset. Anda perlu membunuh semua mikroorganisme ini supaya nantinya mudah dihilangkan memakai sikat. Anda bisa menyiramkan air panas yang baru saja mendidih ke dalam kloset tersebut. Siramkanlah air panas ini secara merata ke seluruh bagian kloset. Biarkan sejenak selama 5-10 menit. Barulah kemudian Anda dapat mengelapnya memakai tisu toilet sampai permukaan kloset menjadi benar-benar kering.

Siram Cairan Pembersih Kloset dan Gosok

Sebagai langkah pemungkasnya nih, Anda dapat mengaplikasikan cairan pembersihkan kloset. Cairan ini benar-benar ampuh loh digunakan untuk membersihkan permukaan kloset. Tak hanya kotoran saja yang bakal langsung sirna, tetapi noda membandel akan langsung lenyap tak berbekas. Cara memakai cairan pembersih kloset yang benar yaitu pastikan kondisi kloset dalam keadaan yang kering. Lantas, Anda bisa menyiramkan cairan ini secukupnya saja tepat ke bagian-bagian yang bernoda. Tunggu selama 5 menit, lalu gosoklah dengan sikat yang kering. Tunggu lagi sekitar 5 menit, lalu sikat lagi permukaannya. Begitu seterusnya dilakukan hingga 3-5 kali. Kemudian siram dengan air bersih.

Sebagai tips agar nantinya tidak timbul noda membandel lagi pada kloset milik Anda, biasakanlah untuk menggosok kloset tersebut setiap kali selesai digunakan. Pembersihan yang dilakukan secara rutin ini memungkinkan permukaan kloset terbebas dari tumpukan noda yang akhirnya meresap ke dalam pori-pori kloset. Hasilnya kondisi kloset pun selalu tampak bersih bersinar. Selamat mencobanya di rumah Anda!