8 Tips Membuat Tangga Rumah yang Super Aman dan Nyaman

Tangga merupakan alat penghubung yang penting bagi rumah bertingkat. Tangga berfungsi sebagai jalan penghubung antara lantai bawah serta lantai atasnya. Anda dapat memaksimalkan fungsi tangga dengan memilih material yang kokoh, kuat, dan berkualitas tinggi. Hal lain yang tidak kalah penting diperhatikan yaitu menentukan bentuk tangga. Pilihlah model tangga yang dapat mendukung gaya rumah yang ingin Anda buat untuk meminimalisir renovasi ulang. Karena biaya pembuatan tangga ini memang tergolong mahal, serta proses pembangunannya pun terbilang rumit dan lama.

Anda bisa membuat tangga yang menarik untuk mendukung desain rumah Anda. Apalagi jika bangunan rumah Anda merupakan hunian yang bertingkat, maka Anda mesti melengkapinya dengan tangga yang paling tepat. Tangga ini akan menjadi sarana penghubung bagi Anda sekeluarga untuk menaiki dan juga menuruni lantai rumah di setiap harinya. Oleh itu sebabnya, Anda harus membangun tangga rumah ini dengan sebaik-baiknya. Anda harus memastikan bahwa tangga rumah tersebut terasa nyaman, menarik, dan sesuai dengan keinginan seluruh anggota keluarga di rumah.

Adapun untuk membangun tangga yang sesuai dengan kondisi pada rumah Anda, silakan Anda bisa ikuti tips-tipsnya di bawah. Ini merupakan tips dasar dalam membuat tangga yang tidak cuma menarik, tetapi juga nyaman digunakan dan mampu mendukung desain rumah Anda.

Hitung Anggaran yang Anda Miliki

Faktor pertama yang perlu Anda perhatikan adalah menyesuaikan desain tangga dengan besar anggaran yang dimiliki. Salah satu triknya yaitu Anda harus merencanakan penggunaan material apa yang dipakai dalam membuat tangga tersebut. Selain itu Anda juga dapat memadukan beberapa material agar tangga rumah yang dibuat nantinya memiliki struktur yang unik tanpa memakan biaya yang berlebih. Kalau mau tangga yang harganya murah, Anda bisa menggunakan tangga kayu. Tangga ini dapat langsung dipasang tanpa melalui proses pengecoran. Tapi jika Anda mau yang awet, gunakan tangga beton.

Ukurlah Luas Bidang yang Tersedia

Ukurlah luas bidang yang akan menjadi tempat pembangunan tangga dengan baik. Sehingga tata letak, ukuran, dan bentuk tangga yang pas untuk dibangunans bisa diketahui. Pada ruangan yang luas, proses pengukuran  ini juga berfungsi untuk memaksimalkan penggunaan ruangan melalui tangga rumah serta dekorasi di sekitarnya. Oleh sebab itu, aspek ketersediaan bidang merupakan faktor penting yang paling mempengaruhi desain tangga yang ideal untuk dibangun. Ukuran tangga yang dibangun bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan sehingga dapat digunakan dengan baik tanpa menyesaki ruangan.

Pastikan Tangga Benar-benar Aman

Saat mendirikan tangga rumah, penting sekali bagi Anda untuk memperhatikan aspek keamanan tangga tersebut. Kini memang ada banyak sekali model tangga yang bisa dibangun. Adapun untuk model tangga yang paling aman yaitu tangga lurus yang memiliki ruangan di tengahnya, lantas disambung lagi dengan tangga berikutnya. Oleh karena itu, model tangga semacam ini biasanya dipergunakan di tempat-tempat umum seperti sekolah, rumah sakit, hotel, pasar, mall, dan sebagainya. Tapi jika Anda mau tangga yang lebih artistik, bangunlah tangga yang bentuknya melingkar.

Perhatikan Orang-orang di Rumah

Pembangunan tangga di rumah yang tepat juga harus memperhatikan orang-orang yang menghuni rumah tersebut. Berapa usia seluruh penghuni rumah? Biasanya faktor usia ini akan berpengaruh terhadap sifat dan karakteristik orang tersebut, serta bagaimana desain tangga yang sebaiknya dibuat. Terutama kalau terdapat orang tua dan anak-anak di rumah Anda, maka dianjurkan untuk memberikan pegangan tangan pada sisi kanan dan kiri tangga tersebut. Anda juga tidak boleh membuat bentuk tangga tersebut terlalu curam supaya tidak membuat para penghuni rumah kecapaian saat menaikinya.

Kenyamanan Tetap Nomor Satu Ya

Memperhitungkan tingkat kenyamanan dari tangga rumah itu penting sekali. Karena tangga ini nantinya akan selalu digunakan setiap hari oleh Anda sekeluarga. Kenyamanan tangga rumah bisa diperoleh dari bentuk tangga yang semakin melebar, anak tangga yang luas, dan ketinggian tangganya yang tak terlalu curam. Faktor kenyamanan ini benar-benar harus Anda perhatikan dengan seksama. Pastikan tangga di rumah Anda terasa nyaman bagi semua orang sehingga Anda sekeluarga dapat beraktivitas dengan baik. Anda bisa mendiskusikannya bersama anggota keluarga yang lainnya.

Pilihlah Material yang Paling Tepat

Ada banyak jenis bahan yang bisa dipakai untuk membuat tangga rumah. Mulai dari kayu, marmer, baja sampai beton. Adapun bahan pembuat tangga yang sedang populer saat ini adalah kaca. Kaca ini begitu disukai sebab tangga kaca akan terlihat sangat elegan. Tangga ini nampak mewah sekali di dalam rumah. Tangga kaca seperti ini umumnya diaplikasikan di desain rumah modern minimalis maupun interior yang berdesain mewah. Jangan lupa untuk memperhatikan mutu bahan yang dipakai dalam membuat tangga tersebut mesti tahan lama dan sesuai dengan konsep interior rumah.

Pertimbangkan Tentang Bentuknya

Selain bisa dibedakan menurut bahan pembuatnya, desain tangga rumah ini juga dapat dikelompokkan menurut pola susunan anak tangganya. Misalnya seperti tangga yang berbentuk lurus, tangga L, tangga U sampai tangga spiral. Jangan lupa untuk menyesuaikan bentuk desain tangga menurut ukuran ruangan yang tersedia. Tangga yang paling menghemat ruangan adalah tangga yang berbentuk spiral. Walaupun demikian, tangga ini membutuhkan lebih banyak tenaga bagi kita untuk menaikinya. Kebanyakan orang-orang membuat tangga rumah yang berbentuk huruf L.

Membuat Pegangan dan Anak Tangga

Satu lagi faktor yang perlu dipertimbangkan ketika merancang tangga rumah adalah desain anak tangga dan pegangan yang cocok untuk melengkapinya. Anak tangga yang berkualitas adalah yang awet serta mampu menahan beban dengan baik. Sedangkan untuk bentuk susunannya dapat disesuaikan dengan konsep interiornya. Sementara itu, untuk menciptakan pegangan yang berfungsi dengan baik, Anda bisa menyesuaikan ukuran, bentuk, dan permukaan pegangan tersebut. Pastikan antara pegangan dan anak tangganya terihat harmonis serta mampu mendukung satu sama lain.