8 Robot Rumah Tangga Canggih, Bikin Rumah Biasa Jadi Smart Home

Pernah membayangkan robot rumah tangga tinggal bersama Anda sekeluarga? Pastinya bakal lebih seru ya kalau di rumah ada robot, kan? Nah, berkat kemajuan teknologi yang terus berkembang, kini terdapat bermacam-macam robot yang memiliki fungsi spesifik. Bahkan robot yang memang sengaja diciptakan untuk tinggal di rumah pun sudah ada loh. Ada robot yang berfungsi mengepel lantai rumah, menyirami tanaman, bahkan bertingkah layaknya seekor binatang loh. Kabar baiknya yaitu robot-robot ini tersedia untuk umum dengan bandrol harga yang bervariasi. Buruan beli yuk!

Yap, memang sekarang sudah banyak robot yang dijual secara bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di toko online seperti www.alatperabotan.com supaya lebih mudah. Harganya tentu sangat bervariasi. Kalau mau, Anda dapat membelinya untuk membantu pekerjaan Anda di rumah ataupun sekadar untuk menemani Anda sekeluarga dan sekaligus sebagai sarana hiburan. Keberadaan robot di rumah ini tentu akan menjadi sangat menarik. Bayangkan rumah Anda yang sebelumnya seperti rumah yang lainnya, kini dengan adanya robot tersebut, rumah pun menjadi smart home yang canggih.

Anda pasti merasa penasaran sekali kan, kira-kira robot rumah tangga apa saja yang sudah dijual secara bebas sehingga Anda pun dapat membelinya? Kenyataannya sudah ada cukup banyak jenis-jenis robot yang tersedia di pasaran loh. Tapi kali ini kami cuma akan memberikan ulasan 8 robot saja yang menurut kami paling menarik. Yuk, cari tahu robot apa saja yang bisa menemani dan membantu Anda di rumah!

SCOOBA 450

Scooba 450 adalah sebuah robot yang bertugas membersihkan lantai ruangan. Saat mengepel, robot ini secara otomatis akan bertingkah layaknya manusia seperti membasahi permukaan lantai, menyebarkan sabun pembersih lantai, kemudian menggosok lantai sampai bersih. Tidak lupa, robot ini juga sanggup menyerap air pel menggunakan kain lap berbahan karet sehingga lantai kembali kering. Scooba 450 juga dibekali dengan kemampuan Virtual Wall sehingga pemilik rumah dapat mencegah robot Scooba 450 ini untuk tidak membersihkan area lantai tertentu memakai bantuan sinar infrared. Saat ini, robot Scooba 450 ditawarkan dengan harga sekitar Rp 7,4 juta.

GRILLBOT

Sesuai namanya, Grillbot ialah sebuah robot yang dibekali kemampuan membersihkan alat pemanggang. Pada tubuhnya, Grillbot dilengkapi dengan sikat berbulu logam yang digunakan sebagai pembersih. Cara kerja Grillbot cukup sederhana. Anda tinggal mengaktifkan robot ini, kemudian meletakkannya di atas pemanggang. Tunggu sekitar 20 sampai 30 menit. Maka panggangan pun menjadi bersih dan siap untuk digunakan. Yang menarik, Anda bisa mengoperasikan robot ini baik di atas grill bersuhu panas sekalipun sehingga lebih efisien tentunya. Untuk ukuran robot berteknologi canggih, Grillbot ini dibandrol dengan harga yang sangat murah yaitu berkisar Rp 1,6 juta.

LITTER ROBOT

Bagi Anda yang memelihara kucing di rumah, Litter Robot akan sangat berguna bagi Anda. Karena robot ini mempunyai peranan sebagai toilet pribadi kucing kesayangan Anda. Yap, Litter Robot dibekali sensor khusus yang mampu mengetahui kapan kucing peliharaan Anda tersebut akan mengeluarkan kotoran. Selanjutnya kotoran yang telah tertampung di dalam robot akan dihimpun sedemikian rupa lalu dibuang ke tempat sampah yang telah ditentukan sebelumnya. Bagi Anda yang penasaran dengan robot ini, Anda bisa memiliki Litter Robot dengan harga sekitar Rp 4,8 juta.

ROBOMOW RS

Apakah Anda sering merasa malas untuk memangkas rumput di halaman? Kalau iya, itu tandanya Anda membutuhkan bantuan Robomow RS. Robomow RS ini merupakan robot yang bakal membantu Anda merapikan rumput-rumput hias di taman. Tetapi tenang karena menggunakan energi listrik, suara mesin robot ini sangat halus serta berbeda jauh dengan pemotong rumput konvensional bertenaga solar yang terdengar berisik sekali. Uniknya ialah setiap kali energi baterainya hampir habis, robot ini akan bergerak sendiri menuju tempat pengisian baterai sehingga Anda lebih gampang dalam menjalankannya. Harga Robomow RS cukup menguras kocek yakni berkisar antara Rp 13,6 juta hingga Rp 24,8 juta.

DROPLET

Sama seperti Robomow RS, Droplet merupakan robot taman. Tugas utama Droplet ini adalah menyirami tanaman dengan takaran dan waktu yang sangat tepat. Kemampuan ini tidak terlepas dari Droplet yang terkoneksi dengan program sistem komputer dan jaringan Wi-Fi sehingga Droplet mampu mengetahui kondisi cuaca di sekitarnya. Alhasil, robot ini pun akan menyiramkan air sesuai jumlah yang dibutuhkan. Bahkan Droplet ini bisa digunakan pada lahan taman seluas 30 meter persegi sekaligus. Droplet tersedia dengan harga sekitar Rp 3,7 juta. Silakan Anda bisa berinvestasi pada robot ini.

JIBO

Untuk robot yang mempunyai fungsi lebih kompleks, Anda dapat mengandalkan Jibo. Robot Jibo mampu mengatur dan merapikan seisi rumah, serta juga bisa berfungsi sebagai perangkat edukasi. Menariknya adalah robot ini juga mampu membantu para manula dalam menjalankan aktivitasnya loh. Adapun Jibo ditawarkan dengan harga sekitar Rp 6,2 juta. Dengan adanya Jibo di rumah, Anda tidak perlu kerepotan lagi dalam menjaga kebersihan rumah. Sebab sudah ada Jibo yang akan memastikan rumah Anda selalu dalam kondisi yang bersih. Robot ini benar-benar akan sangat membantu Anda.

ROVIO

Rovio dapat diibaratkan sebagai CCTV berjalan. Mengapa? Dikarenakan robot ini sanggup mengelilingi setiap sudut rumah Anda, serta merekam keadaan di dalamnya. Selanjutnya adalah robot yang sudah dihubungkan ke perangkat mobile milik Anda secara nirkabel ini akan memberitahukan keadaan setiap ruangan sehingga Anda bisa mengawasi seisi rumah dengan lebih mudah. Anda pun mampu memantau kondisi rumah kapan saja dan di mana saja. Rovio merupakan robot yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki anak-anak dan hewan peliharaan. Anda dapat membawa Rovio ke rumah dengan mengeluarkan kocek sekitar Rp 7,5 juta.

PLEO

Untuk Anda yang ingin memelihara hewan namun enggan dengan perawatannya yang rumit, coba saja mengadopsi dinosaurus imut ini. Namanya Pleo, sebuah robot peliharaan yang sangat menggemaskan. Berbentuk menyerupai dinosaurus, robot ini mampu mengeluarkan ekspresi gembira, sedih, lapar, dan perasaan-perasaan lain layaknya seekor hewan. Nah, bagi Anda yang tertarik mempunyai Pleo, siapkan anggaran sekitar Rp 5,8 juta ya. Pleo tentu bakal menjadi binatang peliharaan yang modern dan canggih. Anda dapat memelihara Pleo layaknya hewan peliharaan biasa, tetapi jauh lebih mudah.