5 Ide Membuat Desain Ruang Tamu yang Bergaya Modern

Ruang tamu harus Anda desain dengan sebaik mungkin. Ini merupakan ruangan pertama di rumah Anda yang menjadi tempat untuk menerima kedatangan para tamu. Orang-orang yang berkunjung ke rumah bakal Anda tempatkan di ruangan ini. Sehingga Anda mesti mendesain ruang tamu ini dengan sebaik-baiknya untuk menciptakan kesan pertama yang baik. Buatlah orang yang pertama kali datang ke rumah merasa langsung terkesan dengan penataan desain ruang tamu yang menarik.

Salah satu desain yang menarik yang bisa Anda implementasikan pada ruang tamu ialah desain modern. Ya, desain ruang tamu modern saat ini begitu populer di Indonesia, terutama di daerah perkotaan. Gaya  modern pada ruang tamu mampu menciptakan kesan yang sangat menarik, menakjubkan, mewah, dan dapat mendukung aktivitas di dalamnya. Ruang tamu Anda benar-benar dapat berfungsi dengan baik. Alhasil, ruang tamu tersebut pun terasa nyaman sekali ketika Anda menghuninya.

Di bawah ini merupakan tips lengkap yang bisa Anda coba terapkan sendiri di rumah tentang bagaimana caranya menata ruang tamu yang memiliki suasana modern. Anda pasti bisa mengerjakannya sendiri!

Ciptakan Titik Fokus di Ruangan

Anda tidak perlu membeli banyak furnitur baru untuk menciptakan kesan modern di interior rumah. Cukup dengan furnitur dengan tampilan sederhana namun bersifat unik, Anda bisa dengan mudah menciptakan kesan modern yang kuat. Sebagai contoh, dalam penataan pencahayaan di ruang tamu, Anda bisa menambahkan lampu hias atau lampu dinding. Lampu dinding memiliki fungsi sebagai hiasan ruangan sekaligus memperkuat keberadaan furnitur sebelahnya. Ide desain di sini adalah mengalirkan pantulan cahaya dari sinar lampu dinding yang terkena furnitur menyebar ke seluruh sehingga elemen di furnitur terlihat seolah-olah modern.

ruang-tamu-modern.jpg

ruang-tamu.jpg

Membuat Aksesoris Terlihat Modern

Seperti yang sudah disebutkan di atas, menciptakan dekorasi modern tidak harus selalu menggunakan aksesoris dan furnitur yang baru. Anda masih bisa memunculkan kesan modern, meskipun aksesoris yang digunakan jauh dari kesan modern dan berharga lebih terjangkau. Biasanya cara yang dilakukan adalah dengan memberikan sentuhan khas nuansa modern agar tercipta modernitas di dalamnya. Adapun untuk sentuha aksesoris yang dimaksud yaitu aksesoris yang mengkilap, elegan, dan berwarna khas modern seperti hitam, putih keperakan, dan abu-abu.

Dekorasi yang Bersifat Abstrak

Tren dekorasi ruangan modern yang sedang marak saat ini adalah gaya abstrak. Jika Anda memasukkan unsur abstrak ini ke dalam ruang tamu Anda, maka dengan mudah suasana di dalamnya akan terlihat lebih modern. Sebagai langkah permulaan, Anda dapat memilih lukisan dan jam dinding dengan desain yang abstrak untuk dijadikan sebagai fokus utama ruang tamu. Anda bisa memanfaatkan benda-benda ini sebagai aksesori ruangan. Cobalah menempatkannya pada sudut ruang tamu yang paling tepat. Ingat, jangan terlalu banyak karena akan membuat suasana ruangan justru nampak ramai dan tidak nyaman.

Pemakaian Warna Khas Modern

desain-ruang-tamu-modern.jpg

Pemilihan warna juga penting diperhatikan ketika Anda ingin menciptakan konsep modern di ruang tamu. Umumnya, rumah bergaya modern dicat menggunakan warna hitam, putih, dan abu-abu. Oleh karena itu, disarankan Anda tetap berpegang pada ketiga warna ini dalam membuat pewarnaan untuk ruang tamu modern. Selain itu, pola dan tekstur dinding juga berfokus pada penggunaan tampilan warna yang polos dan menghindari penggunaan cat yang mengkilap. Dinding dibiarkan tampil apa adanya dan sebagai pemanisnya digantungkan sebuah lukisan.

desain-ruang-tamu.jpg

Penataan Area Lantai

Tips yang terakhir adalah pemilihan lantai untuk ruang tamu. Lantai yang digunakan untuk ruang tamu modern biasanya terbuat dari keramik dan batu marmer. Anda juga bisa memanfaatkan granit serta parket yang berwarna gelap untuk menciptakan kesan futuristik yang lebih alami. Penampilan lantai di ruang tamu perlu ditonjolkan sisi eleganitasnya karena ruangan ini bersifat publik yang dipakai khusus untuk menerima  kedatangan para tamu. Penambahan karpet bisa Anda coba untuk memasukkan unsur hangat ke dalam ruangan sehingga terlihat lebih mengundang dan terasa nyaman.