3 Cara Mudah Menghilangkan Jamur Pada Furniture Kayu

Apa penyebab perabotan kayu menjadi berjamur? Bagaimana pula cara mengatasi jamur-jamur tersebut agar menghilang sampai ke akarnya? Salah satu masalah yang kerap menimpa perabotan berbahan kayu adalah permukaan furniture tersebut yang ditumbuhi jamur. Akibatnya furniture pun menjadi berwarna keputih-putihan, terlihat jorok, dan gampang sekali rusak. Anda tak boleh membiarkan masalah ini terus berlanjut. Bagaimanapun jamur-jamur yang tumbuh di perabotan kayu ini harus diatasi secepat mungkin dengan tuntas. Tetapi bagaimana cara mengatasi serangan jamur ini yang efektif?

Perabotan-perabotan yang terbuat dari kayu memang memiliki keindahan yang berlebih dibandingkan dengan bahan baku lainnya. Kesan alami, elegan, serta berkelas menjadi daya tarik utama dari furniture-furniture ini. Perabotan kayu bahkan juga boleh dimasukkan ke dalam rumah berdesain etnik tradisional maupun modern minimalis sekalipun. Hal ini dikarenakan sifat kayu yang begitu fleksibel sehingga cocok sekali diaplikasikan pada desain rumah apapun. Dengan kelebihannya tersebut, maka ada banyak orang yang lebih memilih perabotan kayu daripada perabotan yang terbuat dari bahan lainnya.

Akan tetapi, perabotan kayu ini tidak luput dari masalah. Jamur yang tumbuh di permukaan kayu dapat menggerogoti strukturnya sehingga perabotan ini pun akan menjadi lapuk dan mudah rusak. Jamur akan tersebut tumbuh apabila barang-barang yang terbuat dari kayu tadi diletakkan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang buruk dan lembab. Kelembaban udara yang terlalu tinggi dapat memicu tumbuhnya jamur di furniture kayu. Masalah ini akan semakin bertambah parah jikalau Anda malas membersihkan perabotan kayu tadi secara berkala. Jamur pun akan tumbuh subur di perabotan Anda.

Lalu bagaimana sih caranya mengatasi jamur di perabotan kayu? Pada dasarnya, solusi untuk membasmi jamur yang tumbuh di furniture kayu Anda tak berbeda jauh dengan memberantas serangan jamur pada tumbuh-tumbuhan. Jamur tersebut tetap meruapkan kelompok fungi. Anda dapat menciptakan kondisi yang tidak ideal bagi jamur-jamur ini hingga akhirnya mati.

Letakkan Perabotan Kayu di Ruangan yang Normal

Suatu ruangan bisa dibilang normal bila mempunyai sistem ventilasi udara yang baik. Ruangan tersebut juga harus bisa mendapatkan sinar matahari secara langsung minimal selama 3 jam per hari. Ruang yang normal ini akan mendukung kesehatan para penghuni rumah dan menjaga keawetan benda-benda yang di dalamnya. Termasuk perabotan kayu Anda pun akan tetap aman serta terhindar dari serangan jamur ketika Anda meletakkannya di sini. Jadi pastikan setiap ruangan di dalam rumah Anda memiliki ventilasi udara dan cahaya yang lancar agar suasana interiornya tidak lembab.

Cegah dengan Cairan Water Repellant Anti-Jamur

Supaya perabotan-perabotan kayu yang Anda miliki bebas dari jamur, maka Anda harus melapisi bagian permukaannya menggunakan cairan yang bersifat anti jamur. Salah satunya yaitu cairan water repellant. Dikenal dengan nama water repellant, prinsip kerja cairan kimia ini adalah menghalangi air supaya tidak meresap ke dalam pori-pori kayu furniture. Anda bisa mengaplikasikan cairan ini ke seluruh permukaan furniture kayu secara merata. Dengan perlindungan cairan water repellant ini, maka jamur pun tak bisa tumbuh di sini. Cairan water repellant ini dapat Anda peroleh di toko-toko bangunan terdekat.

Basmi Menggunakan Obat Anti Nyamuk Semprot

Obat anti nyamuk semprot terbuat dari komposisi bahan-bahan kimia yang mempunyai sifat racun yang sangat kuat. Kandungan di dalam obat anti nyamuk ini teranyata terbukti ampuh juga loh dipakai untuk memberantas jamur yang tumbuh di perabotan kayu sampai ke akarnya. Anda cukup menyemprotkan saja racun ini tepat ke arah tumpukan jamur. Lalu biarkanlah supaya cairannya meresap ke dalam kayu. Niscaya cepat atau lambat semua jamur pun akan menghilang seketika dari permukaan furniture Anda. Silakan semprotkan obat anti-nyamuk tersebut paling tidak seminggu sekali ya.