5 Solusi Ampuh : Cara Membasmi Cacing di Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan ruangan yang berguna sebagai tempat untuk membersihkan diri. Kamar mandi cenderung memiliki kondisi yang lembab dan basah. Jika Anda tidak menjaga kebersihannya dengan baik maka ruangan ini bisa menjadi sarangnya kuman dan penyakit. Bahkan hewan menjijikkan seperti cacing  pun acap kali datang ke ruangan ini. Selain untuk mencari makanan, cacing-cacing tersebut juga sengaja datang untuk menaruh telur-telurnya. Kamar mandi yang ada cacing di dalamnya tentu akan membuat suasana di dalam ruangan ini terkesan jorok dan menjijikkan, serta tidak sehat lagi.

Pada umumnya, cacing masuk ke kamar mandi melalui saluran pembuangan air kotor. Namun bisa juga kemungkinannya cacing-cacing tersebut bermukim di bak penampung/tandon air dan ikut mengalir ke kamar mandi saat keran dinyalakan. Lubang WC yang terhubung ke septic tank juga riskan dihuni oleh cacing ini karena kondisi di dalamnya yang ideal bagi habitat cacing. Yang paling parah ialah jika sampai cacing-cacing tersebut membuat sarangnya di bawah lantai ruangan yang telah rusak. Anda bakal susah mengatasinya karena jumlah cacing ini beserta telur-telurnya sudah banyak sekali.

Apabila di dalam kamar mandi Anda terlihat adanya cacing meskipun itu hanya seekor saja, Anda harus segera melakukan tindakan nyata untuk mengatasinya dengan serius. Jangan pernah menunggu sampai jumlahnya banyak terlebih dahulu. Karena pada dasarnya cacing merupakan binatang yang cepat sekali berkembang biak. Anda harus segera menghilangkannya mumpung jumlah cacing tersebut masih sedikit sehingga bakal lebih mudah. Anda dapat memulainya dengan menjaga kebersihan kamar mandi, segera membersihkan area-area yang mencurigakan, dan memperbaiki kerusakan yang ada.

Solusi-solusi di bawah ini akan membantu Anda untuk mengatasi serangan cacing di kamar mandi.

Jagalah Kebersihan Kamar Mandi dan Air

Tugas pokok yang mesti Anda kerjakan dengan baik untuk pertama kali ialah menjaga kebersihan kamar mandi. Anda harus selalu menjaga kebersihan ruangan ini kapanpun. Kami sarankan pula mengajak serta seluruh anggota keluarga Anda untuk menjaga kebersihan kamar mandi setiap saat. Caranya yaitu Anda sekeluarga harus segera membersihkan kamar mandi setiap kali selesai menggunakannya. Mudah sekali kok sebenarnya. Tugas Anda hanya perlu menuangkan cairan pembersih lantai, lalu menyikati ruangan setiap hari. Jangankan cacing, kuman dan bakteri pun pasti tak akan betah tinggal di dalamnya. Kendati awalnya akan terasa berat, tapi kalau Anda membiasakan diri pasti akan terasa lebih mudah.

Bersihkan Saluran Pembuangan Air Kotor

Penyebab utama yang sering kali membuat kamar mandi di rumah dipenuhi cacing yaitu kondisi saluran pembuangan airnya yang kotor sekali. Hal ini akan memicu cacing dan serangga-serangga lainnya untuk bersarang di tempat pembuangan ini. Lambat laun, cacing yang awalnya hanya tinggal di dalam saluran air lalu memberanikan diri untuk pergi ke kamar mandi. Solusinya ialah Anda mesti rajin membersihkan pipa pembuangan air ini secara berkala, memastikan aliran air di dalamnya lancar, dan tak ada kotoran di dalam saluran pipa tersebut. Disarankan pula memasang bak filtrasi untuk memudahkan Anda dalam membersihkan saluran pembuangan air kotor ini.

Kuras Bak Penampung Air Setiap 3 Bulan

Selain rentan ditumbuhi oleh lumut, bak penampungan air bersih juga rawan dihuni oleh cacing. Hal ini disebabkan oleh ukurannya yang kecil sehingga mempermudah cacing-cacing tadi menyusup masuk ke dalam tandon air dan menyimpan telur-telurnya di dalam wadah ini. Sudah pasti, air yang sudah dihuni cacing akan mengalami penurunan dalam kualitas, tidak higienis lagi, dan berbahaya bila dikonsumsi. Itu sebabnya, Anda harus membiasakan diri menguras bak penampungan air minimal setiap 3 bulan sekali. Pastikan Anda menyikat seluruh permukaan bak tersebut sampai benar-benar bersih, lalu membilasnya sebanyak 3-5 kali. Barulah kemudian tandon air siap digunakan lagi.

Bersihkan WC dan Saluran Pembuangannya

Saluran lainnya yang berpotensi menjadi habitat cacing adalah saluran tinja. Fungsinya sebagai saluran pembuangan kotoran menyebabkan kondisi di saluran ini selalu kotor. Alhasil, cacing-cacing pun senang berkembang biak di dalamnya karena makanannya melimpah sekali. Agar terhindar dari kemungkinan terburuk ini, biasakan Anda membersihkan kloset secara rutin. Minimal sebulan sekali, siramlah lubang kloset tersebut menggunakan cairan HCl untuk membunuh serangga-serangga yang mungkin hidup di dalamnya. Hindari menggunakan cairan pembersih kloset yang bersifat keras terlalu sering karena akan mengurangi jumlah bakteri pengurai. Akibatnya septic tank pun menjadi cepat penuh.

Segera Perbaiki Lantai Ruangan yang Rusak

Lantai keramik yang rusak juga sering dihuni oleh cacing dan hewan-hewan renik lainnya. Cacing-cacing ini akan senang sekali hidup di bawah ubin keramik yang terlepas atau sepanjang area nat yang sudah terkelupas. Untuk mengatasinya, perbaiki kerusakan-kerusakan lantai tersebut sesegera mungkin. Anda juga bisa meletakkan garam-garam balok di setiap sudut ruangan sehingga larutan garam tersebut dapat mencair sedikit demi sedikit dan membunuh cacing yang mencoba melewatinya. Perlu diketahui, kulit cacing sangat sensitif terhadap garam sehingga binatang ini cenderung akan menghindari ruangan yang dipenuhi oleh cairan garam. Selain garam, Anda juga bisa memanfaatkan sabun colek.