Hati-hati, Berikut Panduan Cara Membersihkan Kompor Gas yang Baik!

Bagi Anda yang sering memasak sudah barang tentu akrab dengan kompor gas, ya? Kompor gas menjadi perabotan dapur yang penting karena fungsinya sebagai pemasak dan pemanas makanan. Karena itulah, kondisi kompor harus dijaga setiap saat agar makanan yang diolah tetap bersih. Ngomong-ngomong soal kebersihan, pernahkah Anda merasakan memasak di atas kompor gas yang kotor? Pastinya sangat tidak nyaman memasak di tempat seperti ini. Oleh karena itu, Anda mesti rutin membersihkannya agar fungsi kompor gas tersebut terjaga dengan baik.

Kondisi kompor gas yang bersih dapat memastikan makanan yang Anda masak juga bersih. Keadaan ini juga memungkinkan Anda dapat menikmati saat-saat menggunakan kompor. Sehingga waktu mengolah makanan di dapur pun menjadi terasa lebih menyenangkan. Lain halnya jika kompor gas dalam keadaan yang kotor. Selain terkesan jorok, kompor pun akan menjadi lebih cepat rusak. Bukan cuma itu saja loh. Hasil masakannya pun kadang-kadang membuat nafsu makan orang yang melihatnya hilang. Tentu Anda tidak ingin kejadian ini menimpa Anda, kan?

Oleh sebab itulah, merawat kompor gas perlu dilakukan secara rutin. Dengan begini, kompor milik Anda pun akan lebih awet dan makanan yang diolah juga lebih bersih serta terlihat lebih menarik. Berbanding terbalik dengan kondisi kompor gas yang kotor ya. Berikut ini tahap-tahap dalam membersihkan kompor gas yang perlu Anda ketahui!

Permukaan Kompor

Bagian pertama dari kompor gas yang perlu Anda bersihkan adalah bagian terluar kompor gas tersebut alias permukaannya. Pembersihan bagian ini dilakukan dengan bantuan spons dan air sabun. Gosokkan secara perlahan-lahan spons yang telah bercampur dengan air sabun ke seluruh permukaan kompor gas. Pastikan Anda mengelapnya sampai kering setelahnya agar tidak tumbuh jamur di sini. Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah air hangat yang dicampur air sari jeruk nipis. Yap, campuran air jeruk nipis dan air hangat ini sangat efektif menghilangkan noda membandel dan noda minyak di permukaan kompor gas.

Burner Api

Bagian kedua yang perlu dibersihkan adalah burner. Apa itu burner? Burner yaitu tempat keluarnya api di kompor gas. Bagian ini biasanya terbuat dari material tembaga atau kuningan sehingga mudah sekali berkarat. Selain itu, nyala api yang terus-menerus mengenainya membuat warnanya menghitam. Untuk mengembalikan burner ke warna yang aslinya, cobalah melepas burner ini dari kompor. Lalu rendamlah ke dalam larutan asam sitrat (sitrun) yang telah dicampur dengan air. Tunggu beberapa saat agar warna hitamnya meluntur. Kemudian Anda bisa menyikatinya perlahan sampai warna aslinya nampak kembali.

Tungku Kompor

Bagian selanjutnya yang perlu dicuci yaitu tungku kompor. Tungku kompor ini merupakan tempat untuk meletakkan wajan saat proses memasak berlangsung. Bagian ini harus sering Anda bersihkan agar tidak berkarat. Adapun teknik membersihkan tungku kompor yang benar adalah mengelap semua bagiannya satu per satu. Sedangkan untuk membersihkan bagian yang bergerigi, Anda bisa memakai bantuan sikat untuk menghilangkan nodanya sampai bersih. Apabila bagian ini sudah terlanjur berkarat, rendamlah di cairan asam sitrat untuk merontokkan lapisan karatnya secara perlahan-lahan. Lalu sikat sampai bersih ya.

Tombol Pemutar Nyala Api

Tombol pemutar merupakan bagian terakhir dari kompor gas yang juga harus Anda bersihkan. Biasanya sih bagian ini sering kali terlupa saat Anda melakukan pembersihan rutin kompor sehingga membuatnya berminyak. Bahkan tidak sedikit pula tombol yang tidak bisa diputar akibat banyaknya kotoran yang ada di tombol tersebut dan mengotorinya. Pembersihan pada bagian tombol ini terbilang mudah kok. Anda cukup menggunakan kain bersih yang dicampur dengan busa deterjen. Usapkan perlahan sampai lapisan minyak di permukaannya menghilang. Kalau masih sulit, Anda juga bisa memakai kuas dan sikat gigi.