3 Cara Mudah Merawat Batu Alam Pada Dinding agar Senantiasa Menarik

Pesona batu alam semakin disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dengan begitu banyaknya rumah yang menggunakan batu ini untuk mempercantik tampilan eksteriornya. Paling sering batu alam ini digunakan untuk menghiasi dinding, pagar, taman minimalis, dan kolam. Penampilannya yang sangat alami mampu menciptakan suasana sejuk khas pedesaan di lingkungan tempat tinggal Anda. Walaupun demikian, batu alam juga mempunyai penampilan yang sangat elegan dan menawan. Pemasangan batu ini sanggup mengangkat nilai rumah Anda secara signifikan.

Batu alam memang cocok sekali diterapkan di berbagai desain rumah dengan gaya yang berbeda-beda. Dari mulai rumah yang bergaya tradisional hingga rumah-rumah modern pun dapat memakai material yang satu ini. Rumah Anda mungkin juga sudah dihiasi dengan batu alam? Biar tampilannya terjaga baik, Anda mesti merawat batu alam tersebut sebaik-baiknya. Jangan sampai deh pesona batu alam di rumah Anda memudar gara-gara permukaannya yang penuh dengan kotoran, ditumbuhi lumut, berjamur, atau bahkan mengalami kerusakan yang cukup parah.

Agar pesona batu alam ini tidak memudar, Anda perlu merawatnya dengan baik dan benar. Bagaimana sih caranya merawat batu alam itu? Silakan Anda dapat mengikuti kiat-kiat di bawah ini ya!

Langkah 1 : Semprotlah Memakai Air Setiap Hari

Batu alam memang lebih banyak diaplikasikan untuk bahan konstruksi eksterior rumah. Oleh karena itu, permukaan batu ini gampang sekali berdebu. Namun Anda tidak boleh membiarkannya sebab partikel-partikel debu tersebut bisa menyebabkan timbulnya masalah baru. Untuk membersihkan debu ini, Anda cukup menyemprotkan air bertekanan tinggi langsung dari selang ke arah dinding batu tadi. Semprotkan air secara merata dari bagian atas, kemudian berlanjut pada bagian bawahnya. Lakukan penyemprotan setiap hari sambil Anda menyiram tanaman agar permukaan batu alam senantiasa bersih.

Langkah 2 : Sikatlah dengan Deterjen sampai Bersih

Kadang-kadang pada permukaan batu alam terdapat kotoran membandel yang sulit dihilangkan hanya memakai semprotan air saja. Nah untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan bantuan sikat dan deterjen pakaian. Lakukanlah pembersihan sebagaimana Anda mencuci pakaian yakni dengan menyikat keseluruhan permukaan batu alam sampai bersih. Pastikan seluruh bagian dinding tidak luput dari perhatian Anda. Untuk kotoran yang terletak di celah-celah sempit, gosoklah dengan sikat gigi bekas agar mudah menjangkaunya. Jangan lupa untuk membilasnya kembali dengan air bersih.

Langkah 3 : Berikan Coating Pada Permukaannya

Pada dasarnya, coating yang diaplikasikan di permukaan batu alam tak hanya berfungsi sebagai penghias saja, melainkan juga berguna untuk melapisi maupun melindungi batu alam tersebut. Dengan demikian,  pesona batu alam akan senantiasa terjaga dengan baik. Akan tetapi, lapisan coating ini akan luntur juga seiring dengan berjalannya waktu. Itu sebabnya, Anda mesti mengaplikasikan kembali lapisan coating yang baru. Setiap jenis batu alam membutuhkan coating yang berbeda-beda. Proses pelapisan memakai coating ini dilakukan sebanyak 2-3 kali dengan jeda sekitar 30 menit agar hasilnya optimal.