Ide Memilih Cat Luar Rumah yang Tepat dan Kiat-kiatnya

Fungsi cat selain untuk menghiasi serta melindungi dinding rumah juga sebagai representasi dari selera desain yang Anda miliki. Salah satu jenis cat yang sangat membutuhkan pemilihan yang tepat adalah cat luar rumah. Yap, cat luar rumah atau biasa disebut dengan cat eksterior ini merupakan pelindung utama dinding yang menjaganya dari perubahan cuaca ekstrie seperti terik matahari, curah hujan, serta noda-noda. Oleh karena itu, kualitas cat menjadi penentu utama seberapa baik cat tersebut mampu bekerja. Anda harus memilih cat luar rumah ini dengan sebaik-baiknya.

Anda mesti memilih produk cat yang berkualitas tinggi khusus untuk eksterior. Kalau tidak mau bingung, pilih saja produk yang dibuat oleh merek ternama. Kualitasnya dijamin pasti bagus sekali. Selain dari segi kualitasnya, sebenarnya teknik pengecatan juga berpengaruh langsung pada hasilnya. Maka tidak heran jika Anda melihat perbedaan daya tahan antara 2-3 rumah yang memakai cat yang sama. Selain itu, jenis cat yang dipilih apakah khusus untuk eksterior atau tidak secara langsung juga mempengaruhi kualitas hasilnya. Kenyataannya diperlukan cat yang tepat sesuai peruntukkannya.

Terobosan terbaru dalam dunia cat dinding telah menghasilkan jenis cat generasi baru yang lebih ramah lingkungan, minim VOC, dan anti-noda. Generasi cat ini sanggup memberikan hasil akhir yang jauh lebih baik sebab juga bersifat anti noda dan tahan cuaca. Adapun faktor-faktor yang perlu diperhatikan ketika Anda memilih cat luar rumah di antaranya :

  • Produk cat eksterior yang memiliki daya tahan yang tinggi
  • Cat eksterior yang bersifat anti-jamur dan anti-lumut
  • Cat eksterior tersebut juga anti terhadap radiasi ultraviolet
  • Kemudahan pemakaian cat eksterior ke permukaan dinding
  • Warna cat eksterior yang mampu bertahan sangat lama
  • Cat eksterior yang ramah terhadap lingkungan hayati

Selain sebagai penghias rumah, cat juga mempunyai kemampuan untuk melindungi dinding. Menariknya lagi proses pemilihan warna inilah yang paling menantang sebab menguji seberapa bagus sih daya kreasi dan imajinasi Anda. Itu sebabnya, Anda mesti memilih warna cat dinding ini dengan baik.

Atap rumah merupakan bagian rumah yang biasanya tidak dicat, tapi bagian ini juga menjadi salah satu unsur rumah sehingga harus memainkan peran terutama warnanya. Penggunaan warna cat yang senada akan menciptakan keharmonisan visual. Sedangkan apabila warna atap lebih pekat maka keseimbangan akan tercipta dengan sempurna. Mewarnai bagian atap rumah Anda bisa menghasilkan desain eksterior yang sungguh menakjubkan dan unik. Jika biasanya atap cuma berwarna merah kecokelatan atau perak saja, kini Anda dapat menghadirkan atap dengan warna yang lebih eye-catching.

Menyesuaikan antara warna cat dinding pada bagian luar rumah Anda dengan lanskap di sekitarnya juga sangat penting. Hal ini akan menciptakan desain eksterior yang begitu harmonis dan serasi dengan alam. Misalnya saja rumah Anda dipenuhi dengan bunga-bunga yang berwarna-warni atau bentangan rumput yang hijau, maka pilihlah cat yang serasi dengan warna-warna ini. Warna putih tentu akan terlihat bagus untuk paduan warna apapun. Tetapi kami sarankan untuk mencoba warna lain terlebih dulu selain putih. Misalnya warna hijau pupus, oranye, aquamarine, biru langit, dan lain-lain.

Pengaruh budaya setempat juga bisa menjadi penentu warna cat dinding yang paling tepat. Contohnya, Anda tinggal di daerah yang masih asri atau mungkin tempat tinggal Anda sangat kental dengan budaya setempat. Maka memasukkan budaya tersebut ke dalam warna cat dinding sangat kami anjurkan. Misal Anda tinggal di lingkungan yang masih kental dengan kebudayaan khas Suku Jawa, maka Anda bisa pakai warna cat dinding seperti cokelat dan emas sebagai aksennya. Manfaatkan juga motif/corak khas batik untuk menghiasi permukaan dinding eksterior supaya terlihat lebih atraktif.