Trik Memilih Warna Ruang Tamu yang Bagus, Bisa Dikombinasikan

Setiap kali kita ingin mendekorasi ulang ruang tamu, pertanyaan yang biasanya muncul adalah apa warna cat yang akan digunakan? Memang benar, ruang tamu merupakan ruangan paling penting dari sebuah interior rumah. Mengapa? Sebab ruangan inilah yang paling sering ditempati oleh keluarga kita sehari-harinya dan orang lain yang berkunjung. Oleh sebab itu, dekorasi yang paling penting untuk diperhatikan adalah di ruang tamu. Terutama adalah mengenai warna cat dindingnya. Dinding ruang tamu harus dihiasi dengan cat dinding yang warnanya menarik dan tepat.

Lalu, bagaimana cara memilih warna ruang tamu yang tepat?

Tentukan Warna Cat Dasar

Pertama-tama, Anda perlu menentukan terlebih dahulu konsep ruangan bagaimana yang ingin Anda ciptakan di sini. Apakah gaya klasik, modern, minimalis, sederhana, elegan, romantis, mewah, atau yang lainnya? Pemilihan konsep ini akan sangat mempengaruhi warna apa yang tepat untuk dipakai. Hal ini dikenarenakan setiap warna pada dasarnya mempunyai kesan tersendiri. Warna untuk desain minimalis berbeda dengan desain elegan ataupun romantis. Jadi warna yang Anda pilih harus benar-benar sesuai dengan desain ruang tamu yang ingin diciptakan ya.

Mainkan Kecerahan Warna

Seperti yang kita ketahui putih adalah warna yang paling sering digunakan untuk membangun suasana interior. Putih bersifat netral sehingga terlihat bagus bila disandingkan dengan warna apapun. Biasanya, untuk mempertegas keberadaan suatu objek di ruang putih, kami memilih jenis warna yang gelap. Jadi, ketika seseorang masuk ke ruang tamu dan duduk di dalamnya, dia akan merasa lapang (pengaruh warna putih) dan penglihatannya akan lebih santai karena adanya objek yang menjadi titik fokus (pengaruh warna gelap).

Pertimbangkan Warna Favorit

Ada cara lain yang lebih mudah dalam memilih warna cat dinding, apakah itu? Pilihlah warna favorit yang sesuai dengan kepribadian Anda! Dengan begini karakter khas Anda bisa dimunculkan secara sempurna ke dalam suatu tampilan desain. Sebagai contoh, seseorang yang hobi membaca tentu akan memilih warna yang bisa membuatnya merasa nyaman selama dia membaca buku. Sama halnya dengan seorang atlet, pastilah mereka ingin memajang beberapa medali yang pernah diraihnya dan tentunya warna background dinding yang dipilih harus mampu mengangkat nilai medali tersebut.

Perhatikan Keharmonisannya

Buatlah ruang tamu Anda senyaman mungkin dan tidak jauh berbeda dengan ruangan-ruangan di rumah lainnya. Hindari pemilihan warna yang terlalu tebal, sebab warna berpengaruh langsung terhadap kesan dan kenyamanan ruangan. Anda harus memilih warna yang tepat yang mampu mendukung keberadaan ruang tamu tersebut. Gunakan warna yang memang sesuai dengan konsep utama rumah Anda serta warna-warna dari ruangan di sekitarnya. Kesalahan dalam memilih warna ruang tamu biasanya akan menyebabkan ruangan ini terlihat berdiri sendiri.

Berkesperimen dengan Warna

Saran terakhir dari kami adalah bereksperimenlah dengan warna favorit Anda. Jangan terpaku pada gambar desain yang Anda jadikan contoh. Hal ini karena setiap orang pasti nantinya akan mengalami suatu kebosanan terhadap dekorasi dan ingin menambah barang satu dua macam aksesoris. Anda akan merasa kesulitan sendiri jika ternyata warna desain yang Anda tisu sangat sulit disandingkan dengan suatu aksesoris. Inilah kenapa desain karya sendiri, asalkan dibuat secara realistis, akan terlihat lebih bagus untuk ruang tamu yang Anda miliki.