6 Tips Memilih Wallpaper Dinding untuk Kamar Tidur yang Sempurna

Wallpaper dinding merupakan aksen dekorasi yang bisa diterapkan di semua ruangan. Sebagai alternatif dari cat dinding, wallpaper bisa nampak lebih cantik asalkan dipilih dengan teliti dan hati-hati. Anda bisa memasang wallpaper dinding di dalam kamar tidur. Pemakaian wallpaper di kamar tidur akan membuat ruangan ini terlihat sangat menarik dan atraktif. Namun bila sampai salah dalam memilihnya, tak hanya desain kamar tidur saja yang akan terlihat aneh, tapi kualitas tidur Anda pun bisa terganggu akibat terus-menerus melihat gambar yang sangat menggangu mata dan tidak cocok dengan konsep ruangan.

Ya, memilih wallpaper untuk kamar tidur membutuhkan tips dan trik tersendiri. Ruangan ini mempunyai konsep dan suasana yang berbeda dari ruangan-ruangan lainnya di rumah Anda. Wallpaper untuk kamar tidur tidak boleh disamakan dengan wallpaper untuk ruang tamu maupun dapur. Di sini Anda sebaiknya memilih produk wallpaper yang memang diperuntukkan secara khusus untuk kamar tidur agar dekorasi yang ingin Anda buat bisa tercipta dengan sempurna. Biasanya kamar tidur membutuhkan suasana yang tenang dan damai sehingga penghuninya dapat tertidur dengan nyenyak di waktu malam hari.

Dalam memilih wallpaper untuk kamar tidur, Anda bisa memperhatikan kiat-kiat di bawah ini! Ini adalah tips dan trik khusus yang ditujukan dalam pemilihan wallpaper kamar tidur yang tepat.

Pilih Bahan Baku yang Berkualitas

Tips dasar dalam memilih semua jenis wallpaper dinding ialah pilihlah kertas wallpaper yang terbuat dari bahan baku yang berkualitas tinggi. Wallpaper yang bermutu tinggi ini tak akan pernah mengecewakan Anda. Walaupun harganya lebih mahal, bahan berkualitas memungkinkan pesona wallpaper yang Anda pasang mampu bertahan lebih lama. Jatuhnya adalah Anda dapat menghemat banyak biaya. Perlu Anda ketahui, ada berbagai macam material baku untuk membuat wallpaper. Paling banyak produk wallpaper ini terbuat dari bahan vinyl. Anda bisa mendapatkannya di www.alatperabotan.com ya.

Sesuaikan dengan Ukuran Ruangan

Jangan sampai deh ketika sedang asyik-asyiknya memasang wallpaper dinding, Anda menyadari bahwa wallpaper yang Anda beli tersebut kurang panjang. Supaya kasus ini tak menimpa Anda, ukurlah dengan tepat seberapa luas bidang dinding yang akan dipasangi wallpaper tadi. Kemudian tambahkan beberapa jarak lagi untuk berjaga-jaga supaya kalau ada suatu kesalahan dalam proses pemasangannya, Anda bisa langsung menggantinya dengan wallpaper baru. Anda harus melakukan pengukuran kamar tidur dengan tepat menggunakan meteran. Kerjakan dengan benar agar hasilnya pun lebih akurat.

Motif yang Pas untuk Kamar Tidur

Motif wallpaper yang Anda pilih sebaiknya disesuaikan dengan desain kamar tidur yang ingin diciptakan. Sebagai contoh, saat Anda mengusung tema kamar tidur yang romantis, maka pilihlah motif-motif yang terlihat romantis. Namun ingat, motif wallpaper yang terlihat besar bisa menyebabkan ruangan terkesan lebih sempit, sesak, dan penuh dari ukuran sebenarnya. Begitu pula sebaliknya. Jadi Anda harus memilih wallpaper dengan motif yang sesuai ukuran ruangan, selain memperhatikan konsep yang hendak dibuat. Selain itu, pastikan juga pola motif tersebut tidak akan mengganggu penglihatan Anda.

Wallpaper untuk Pemanis Ruangan

Pemasangan wallpaper tidak harus menutupi semua dinding kamar tidur kok. Anda tak wajib memasang  wallpaper tersebut di keempat bagian dinding ruangan, serta menutupi permukaannya. Wallpaper yang ditempatkan secara strategis di titik-titik tertentu justru akan terlihat lebih indah dan menarik. Bahkan kalau Anda tertarik dengan wallpaper dengan motif yang rumit sekalipun, Anda dapat mempertahankan daya tariknya dengan memasang wallpaper tersebut di salah satu sudut dinding saja. Padukan wallpaper ini dengan cat dinding yang tepat supaya pesonanya terpancar semakin unik dan eye-catching.

Pertahankan Kenyamanan Kamar Ya

Fungsi utama kamar tidur adalah sebagai tempat beristirahat. Warna dan motif wallpaper berpengaruh besar terhadap pesona yang bakal terpancar dari wallpaper tersebut. Biru, hijau, cokelat, warna netral, warna pastel, dan warna-warna alami lainnya mampu menghadirkan ketenangan di ruangan. Sebaliknya, hindari menggunakan warna neon, warna dasar, atau kombinasi warna yang terlihat kontras sebab jenis warna-warna ini tidak dapat merelaksasi otak para penghuni kamar tidur. Akibatnya ialah Anda mungkin akan mengalami kesulitan untuk tidur dan tidak bisa tidur nyenyak kalau tetap memakai warna ini.

Amati, Tiru, dan Modifikasi Contoh

Jika Anda kurang percaya diri dalam memilih wallpaper, Anda bisa meniru saja salah satu contoh desain yang pernah ditampilkan oleh kami. Tirulah ide pola wallpaper yang dipilih dan berikan modifikasi sedikit supaya terasa lebih nyaman bagi Anda. Sedangkan bila Anda membeli wallpaper di toko khusus, jangan sungkan juga untuk meminta rekomendasid pemiliknya. Lebih baik lagi kalau toko tersebut menyediakan brosur-brosur yang dilengkapi gambar menarik yang dapat dijadikan sebagai inspirasi. Dengan mengikuti dekorasi kamar tidur ber-wallpaper di gambar tersebut, maka Anda bisa membuat desain yang menarik dengan lebih mudah.