Ide Memilih Warna Cat Dinding untuk Setiap Ruangan Minimalis

Rumah minimalis seperti menjadi sebuah tren pada masyarakat perkotaan di Indonesia. Kesederhanaan dan kerapian yang dimilikinya mampu menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari desain ini. Ditambah rumah bergaya minimalis juga terlihat begitu unik dengan kreasi dan permainan warna yang dimilikinya. Walaupun sepintas nampak sederhana, tapi desain rumah minimalis ini menarik sekali dan mengandung nilai seni yang tinggi. Maka tak heran, desain ini pun menjadi populer dengan cepat.

Salah satu aspek yang mesti Anda perhatikan dengan baik dalam menciptakan rumah minimalis yaitu pemilihan warna cat dindingnya. Rumah minimalis mempunyai warna yang begitu khas dan berbeda dari desain-desain rumah yang lainnya. Dalam memilih warna untuk rumah minimalis sebaiknya diperhatikan kesesuaian antara warna dengan pemilihan jenis warna yang tepat. Anda harus memainkan pewarnaan di setiap sudut rumah menggunakan warna-warna yang harmonis serta berkelas.

DINDING

Menerapkan konsep minimalis untuk warna dinding rumah membutuhkan kejelian yang cukup tinggi. Dinding rumah ini merupakan area yang wajib mendapatkan sentuhan ala minimalisme supaya suasana di dalam ruangan menjadi hidup. Usahakan Anda memilih warna-warna yang tampak cerah, kemudian memadukannya secara harmonis dengan warna lainnya. Anda juga bisa menggunakan 2-3 warna yang saling kontras untuk menimbulkan kesan saling bertabrakan namun tetap menarik.

TERAS

Untuk bagian teras rumah minimalis, warna yang dipakai haruslah mampu menimbulkan kesan bersinar. Selain nampak begitu menarik, warna-warni ini juga mampu memberikan kesan eksterior rumah yang nampak lebih luas. Jangan lupa menambahkan beberapa bebatuan alam di bagian dinding atau sekitar lantai agar penampilan rumah Anda tak terlalu kaku. Pilihlah bebatuan alam yang berbentuk pipih untuk menimbulkan efek kuat dan kokoh. Berikan finishing glossy pada permukaan batu alam ini ya.

KUSEN

Tidak lupa kusen pintu dan jendela perlu juga Anda perhatikan pola pewarnanya. Sebab bagaimana pun kedua elemen rumah ini pun mampu memberikan efek yang menarik pada desain rumah apabila ditata dengan benar. Kalau Anda tertarik menggunakan kusen yang terbuat dari kayu, sebaiknya pilihlah kusen yang memiliki desain yang sederhana serta tidak terlalu banyak hiasa ukiran yang menempel di sana. Gunakan kusen dari alumunium untuk desain kusen minimalis yang sempurna.

HIASAN DINDING

Meskipun bertema minimalis, jangan biarkan bagian dinding rumah Anda terlihat kosong. Untuk hiasan yang tepat, Anda bisa memajang sebuah lukisan yang menarik di dinding. Perhatikan aliran lukisan yang akan digunakan sebagai. Kemudian bingkailah bingkailah memakai pigura yang sederhana dan modern pada lukisan tersebut. Perlu Anda ketahui, desain rumah minimalis ini sangat cocok dengan lukisan yang beraliran abstrak. Lukisan tersebut mampu membuat ruangan nampak lebih unik.

DAPUR

Tugas Anda yang pertama kali adalah mengetahui warna favorit istri Anda. Nantinya warna inilah yang akan kita gunakan sebagai dominasi warna pada dapur minimalis. Dengan begini, dia akan merasa lebih nyaman saat bekerja di dalam dapur. Pertimbangkan untuk memilih warna fresh ataupun warna yang mampu membangkitkan selera makan. Misalnya seperti oranye, kuning, hijau, merah, serta turunan dari masing-masing warna ini. Jangan lupa untuk memperhatikan keserasian warna dapur dengan ruangan di sekitarnya.

RUANG KELUARGA

Warna favorit keluarga Anda merupakan warna yang paling tepat untuk digunakan d dalami ruangan ini. Anda bisa melakukan polling untuk mengetahui warna apa yang paling disukai oleh keluarga Anda. Anda mesti mempertimbangkan jenis warna yang paling banyak dipilih. Lalu kombinasikan dengan warna yang mampu memberikan kenyamanan di dalam ruangan serta tidak terlalu menyengat di mata. Selain warna di dinding, perhatikan juga penggunaan warna pada furnitur yang melengkapi ruang keluarga ini.

LANTAI

Adapun jenis lantai yang paling sesuai dengan desain minimalis antara lain keramik, marmer, granit, dan lantai kayu. Anda sebaiknya memakai lantai yang termasuk dalam jenis ini sehingga lebih mudah dalam menciptakan interior rumah minimalis. Pilihlah jenis lantai yang berwarna gelap agar tercipta keserasian desain antara seluruh sudut rumah, terutama bagian dinding dengan lantai tersebut. Sedangkan untuk pemanis ruangannya, Anda bisa menggunakan karpet lembut yang bergaya sederhana.