Tips Memilih Warna Cat Tembok yang Paling Tepat untuk Interior Rumah

Banyak orang yang mengaku kesulitan saat memilih warna cat interior rumah. Meskipun banyak tips-tips yang sudah ditebar, namun kenyataannya untuk menentukan warna interior ini memang jauh lebih sulit dibandingkan lingkungan eksterioroya. Apakah Anda juga mengalami kendala yang persis seperti ini? Hal ini wajar sekali terjadi ya. Jadi Anda tidak perlu ragu-ragu untuk mencobanya. Kami akan selalu berusaha untuk memberikan kiat-kiat yang mudah dimengerti dan gampang pula mengaplikasikannya.

Dalam pemilihan warna interior, setidaknya ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan. Selain warna yang dipilih harus sesuai dengan tema ruangannya, Anda juga dituntut untuk menciptakan warna interior yang harmonis antara ruangan yang satu dengan ruangan lainnya. Bagaimana pun area interior ini sejatinya merupakan sebuah kesatuan, meskipun masing-masing ruangan dipisahkan menggunakan partisi. Anda tetap harus membuatnya menyatu melalui penerapa sistem pewarnaan yang tepat.

Di bawah ini merupakan tips-tips yang dapat Anda pegang baik-baik dalam menentukan warna-warna yang akan digunakan di dalam interior rumah. Anda mesti memilihnya dengan bijaksana.

Tentukan Tema Ruangan yang Ingin Dibuat

Ingat, setiap warna mempunyai pesonanya masing-masing. Artinya setiap warna juga bisa menciptakan kesan tertentu yang sangat khas. Misalnya warna orange yang menunjukkan keceriaan, hijau alami dan natural, biru untuk tempat yang tidak terbatas, dan sebagainya. Oleh sebab itulah, dalam memilih warna interior, Anda bisa menyesuaikan warna yang akan dipakai dengan tema atau suasana apa yang ingin Anda ciptakan. Contohnya kamar tidur anak bisa menggunakan kombinasi warna hijau dan biru.

Mainkan 2-3 Jenis Warna Secara Harmonis

Apabila Anda menginginkan suasana interior yang berbeda dari biasanya, cobalah untuk menggunakan lebih dari satu warna pada suatu ruangan. Perpaduan warna yang cantik akan memberikan kesan unik. Gunakan kombinasi warna-warna yang harmonis untuk membuat ruangan lebih dinamis dan tidak kaku. Semisal paduan warna ungu dan pink ataupun kuning dan jingga. Hindari pemakaian warna-warna yang tidak mungkin bisa menyatu karena akan membuat ruangan terlihat aneh sekali.

Kunjungi Tempat Unik untuk Inspirasi

Anda mungkin membutuhkan teknik pewarnaan cat tembok yang sangat menarik, unik, berbeda, dan mampu memukau mata setiap orang yang melihatnya? Memang tidak mudah untuk bisa mewujudkan keinginan Anda tersebut. Tetapi Anda bisa mecobanya dengan mencari referensi terlebih dahulu. Anda bisa mengunjungi langsung tempat-tempat menarik di kota Anda. Biasanya tempat-tempat seperti ini memakai jasa desainer interior, termasuk dalam pemilihan warna cat temboknya. Kami jamin Anda bisa mendapatkan inspirasi yang banyak dari tempat-tempat ini.

Pertimbangkan Memilih Warna Netral

Menggunakan warna putih memang memiliki resiko yang sedikit. Tetapi sebaiknya Anda menempatkan warna ini sesuai fungsi dan kesan yang ditimbulkannya. Sebab jika Anda terlalu banyak memakai warna putih, penampilan ruangan akan terlihat membosankan. Warna netral seperti krem, putih, hitam, dan abu-abu memang sangat cocok diterapkan di ruangan-ruangan yang mempunyai banyak fungsi. Misal untuk ruang tamu, Anda dapat menggunakan warna netral ini begitu saja atau dipadukan dengan warna lainnya supaya terlihat semakin menarik dan hidup.

Kombinasi Warna Secara Monokromik

Warna monokromik adalah penggunaan kombinasi warna yang meniru warna pelangi. Misalnya merah dengan jingga, jingga dengan kuning, kuning dengan hijau, dan seterusnya. Selain Anda mendapatkan perpaduan warna yang serasi, pemakaian warna monokromik juga sangat aman diterapkan untuk rumah Anda. Kombinasi warna monokromik ini tak pernah salah serta mampu menciptakan pemadangan yang begitu unik dan menakjubkan. Anda bisa memakainya untuk membuat ruangan yang lebih fresh.

Tidak Ada Salahnya Membuat Sketsa

Cobalah untuk melukis bagian-bagian interior rumah Anda di atas kertas atau melalui komputer. Setelah berhasil, Anda bisa berikan warna-warna yang menarik pada setiap bagiannya. Pastikan Anda memakai variasi warna yang bagus ya. Dengan menggunakan sketsa ini, Anda bisa berkreasi lebih bebas. Tidak ada yang namanya salah karena Anda dapat memperbaikinya dengan mudah. Cobalah berkreasi sekreatif mungkin. Setelah berhasil mendapatkan warna yang paling tepat, selanjutnya Anda bisa menerapkannya ke dalam wujud yang nyata.

Pilihlah Warna Favorit Anda Sekeluarga

Apabila Anda belum bisa juga menemukan warna yang paling cocok untuk cat tembok setelah mencoba semua tips yang kami berikan di atas, maka solusi terakhir yang dapat digunakan yaitu memilih warna favorit Anda sekeluarga. Pemilihan warna favorit ini akan memberikan kenyamanan secara maksimal kepada seluruh penghuni rumah. Selain itu, warna favorit juga bisa menceritakan lebih dalam mengenai kepribadian Anda dan keluarga, serta pengalaman selama tinggal di dalam rumah tersebut.