Inspirasi Terbaru : Bagaimana Memilih Warna Cat Dinding Luar Rumah?

Memilih warna cat dinding rumah memang gampang-gampang susah. Kelihatannya sih mudah sekali ya. Tapi kenyataannya ada begitu banyak faktor-faktor yang mesti dipertimbangkan dengan matang dalam memilih warna cat dinding, terutama untuk bagian luar rumah (eskterior). Anda harus bisa menentukan warna apa yang paling cocok digunakan pada dinding tersebut. Mengapa harus demikian? Karena warna cat dinding yang Anda pilih akan mempengaruhi terhadap desain yang tercipta nanti.

Hal ini sejalan dengan tujuan utama dari penerapan cat pada bagian dinding rumah yang tidak lain untuk menciptakan rumah yang sesuai dengan keinginan kita. Berkat cat tersebut, penampilan rumah menjadi lebih hidup. Seolah-olah cat merupakan nyawa yang dapat menghidupkan suasana rumah. Oleh karena itu, Anda mesti memilih warna cat yang sesuai dengan desain rumah. Hati-hati dalam memilihnya sebab warna cat juga mampu menggambarkan bagaimana kepribadian para penghuni rumah.

Berani Bermain Warna untuk Dinding Rumah

Tidak usah takut dalam memilih warna cat dinding. Anda harus berani dalam memilih warnanya. Apalagi sekarang Anda berurusan dengan rumah milik pribadi, siapa yang sanggup menghalangi Anda? Beranilah dalam memainkan warga cat tembok tersebut antara bagian yang terang, gelap, putih, dan hitam di area rumah. Agar lebih mudah, cobalah terlebih dulu di software komputer atau kertas secara manual untuk memadukannya hingga tercipta paduan warna yang menarik, selaras, dan identik dengan kepribadian Anda. Disarankan untuk membentuk motif tertentu untuk menghidupkan desain rumah.

Jangan Lupakan Bagian Langit-Langit Rumah Ya

Faktanya memang langit-langit rumah merupakan bagian yang paling sering dilupakan saat seseorang mengecat rumahnya. Tidak sedikit orang yang mengambil jalan pintas dengan memberikan warna putih supaya lebih simple pada tampilan plafon tersebut. Padahal ada berbagai warna menarik loh yang dapat digunakan untuk membuat penampilan langit-langit menjadi lebih hidup. Yang perlu Anda ketahui di sini adalah pemakaian warna cat yang gelap akan membuat rumah terkesan pendek. Sedangkan pemilihan warna cat yang cerah akan membuat suasana rumah mungil menjadi lebih luas dan tanpa batas.

Ingatlah, Warna Bisa Mempengaruhi Perasaan

Perlu Anda tahu bahwa warna sanggup mempengaruhi perasaan (mood) orang yang melihatnya. Setiap warna mempunyai kesan tersendiri yang dapat ditampilkannya. Jenis warna tertentu bisa menciptakan timbulnya perasaan tertentu ketika kita melihatnya. Sebagai contoh, warna palet hijau dan biru mampu menghasilkan perasaan yang begitu rileks dan santai. Sedangkan warna jingga dapat memberikan kesan yang begitu ceria. Oleh sebab itu, Anda mesti ekstra hati-hati dalam memilih warna cat dinding ini. Anda harus menentukan kesan yang ingin ditampilkan, barulah kemudian memilih warna yang tepat.

Coba Warna Lain Terlebih Dahulu Sebelum Putih

Memang sih warna putih ini selalu bekerja dengan baik. Warna ini cocok digunakan untuk membangun bermacam-macam desain rumah. Dari mulai desain minimalis, modern,  klasik, sampai mewah pun bisa diciptakan menggunakan warna putih. Hal ini tak terlepas dari sifat warna putih yang merupakan warna netral sehingga serasi dipadukan dengan warna apa saja. Namun cobalah untuk terlepas dari zona aman warna putih ini kalau Anda ingin membuat desain rumah yang lebih mengesankan mata. Terlalu banyak menggunakan warna putih juga bisa mengakibatkan suasana rumah Anda nampak membosankan.

Sangat Disarankan, Jangan Mengikuti Tren Warna

Memilih warna cat yang sedang ngetren memang cenderung lebih bagus di hasilnya. Penampilan rumah Anda akan terlihat begitu trendy alias kekinian. Tapi kadang-kadang kita merasa kurang nyaman dengan pilihan warna yang sedang tren ini. Warna tersebut mungkin terlalu mencorok, norak menurut Anda, tak sesuai dengan konsep rumah, membuat Anda tak nyaman, atau alasan-alasan yang lainnya. Oleh sebab itu, jangan terlalu kaku. Lebih baik pilihlah warna yang sesuai dengan karakter Anda sendiri. Kalau Anda tetap ingin memakai warna yang sedang tren, gunakan saja sedikit sebagai aksennya.