Agar Ruangan Terlihat Luas dan Terang, Kami Punya 3 Triknya!

Seperti yang sering kali kami ungkapkan sebelumnya bahwasanya unsur warna memegang peranan yang sangat besar bagi desain rumah. Secara teknis, warna di dinding mampu memberikan kesan yang paling menonjol terhadap suasana yang tercipta. Salah satu manfaat penerapan warna yang tepat adalah Anda dapat menciptakan interior yang terlihat lebih luas dari ukuran sebenarnya. Perbedaan kekuatan setiap warna cat dinding bisa Anda gunakan untuk menghadirkan nuansa yang lebih dinamis dan menghasilkan sebuah ilusi ruangan yang nampak lebih luas dari ukuran aslinya.

Selain warna di dinding, Anda juga harus memperhatikan warna pada lantai dan plafon. Bagaimanapun juga warna lantai serta warna plafon ini turut mempengaruhi suasana yang dimiliki oleh suatu ruangan secara keseluruhan. Kalau mau, Anda bisa memadukan ketiga elemen pembentuk desain interior rumah ini untuk menciptakan sebuah interior yang terlihat lebih luas dan lapang. Anda bisa menentukan sendiri kombinasi warna antara lantai, dinding, dan plafon yang dapat bekerja baik untuk menciptakan sebuah kesan interior rumah yang sesuai dengan keinginan Anda tersebut.

Kami mempunyai 3 trik sederhana dalam memanfaatkan kombinasi warna lantai, dinding, serta plafon supaya menciptakan desain interior dengan kesan yang lebih luas. Di sini kami sengaja menitikberatkan pada bagian dinding karena memang bagian ini yang paling gampang untuk diubah-ubah warna catnya sesuka hati kita.

Trik 1. Perbanyak Jumlah Cahaya di Interior

Salah satu prinsip dasar dalam mendesain rumah ialah semakin banyak jumlah cahaya di suatu ruangan maka suasananya akan semakin luas. Bila interior terlihat gelap dan sempit, Anda harus mengaplikasikan cat dengan warna yang cerah. Anda dapat memulainya dari bagian dinding, lalu bingkai jendela dengan warna yang sama. Menerapkan warna yang senada atau lebih cerah akan membuat penampilan jendela nampak lebih besar dari ukuran sebenarnya. Hindarilah penggunaan warna-warna yang gelap. Meskipun warna ini terlihat lebih elegan, tetapi akan mempersempit interior jika dipakai di ruangan yang kecil.

Trik 2. Buatlah Plafon Nampak Lebih Tinggi

Penampilan interior rumah Anda juga bakal seolah-olah nampak lebih luas apabila dimensinya kelihatan lebih tinggi. Guna mencapai tujuan tersebut, Anda bisa mengkreasikan warna pada plafon. Anda dapat menciptakan sebuah ilusi berupa langit-langit yang terlihat lebih tinggi dari ukuran yang sebenarnya. Trik yang dipakai mudah sekali kok. Cobalah Anda mengecat plafon memakai warna turunan dari warna cat dinding. Contohnya ialah pilihlah lantai dengan warna paling gelap, dipadukan dengan dinding berwarna netral, dan plafonnya diwarnai dengan cat paling cerah. Seketika interior pun terlihat lebih tinggi.

Trik 3. Munculkan Area yang Tidak Terlihat

Munculkan bagian-bagian ruangan yang tidak terlalu terlihat dengan menempatkan fokus ruangan pada bidang tersebut. Anda juga bisa memanfaatkan cat dinding guna mencapai tujuan ini. Contohnya yaitu Anda dapat memakai warna cat dinding yang berbeda pada bidang tersembunyi ini untuk menciptakan kesan yang lebih menarik. Bahkan bidang ruangan yang selama ini luput dari sentuhan desain Anda bisa menjadi focal point yang indah dengan mengecatnya. Anda cukup mengecat bidang tersebut memakai warna yang lebih ngejreng, kemudian percantik tampilannya dengan hiasan dinding yang unik.

Dengan mengaplikasikan ketiga trik di atas pada saat Anda melakukan pengecatan dan pemilihan warna, maka penampilan interior rumah pun akan terlihat lebih luas serta lapang dari ukuran yang sebenarnya. Kini waktunya bagi Anda untuk mencobanya sendiri di rumah!