3 Solusi Ampuh Mengatasi Kompor Gas yang Susah Dinyalakan

Setiap hari Anda memasak makanan menggunakan kompor gas. Namun apa jadinya kalau tiba-tiba saja kompor tersebut tidak mau menyala? Padahal Anda yakin tabung gas yang terpasang masih mempunyai cukup banyak gas di dalamnya. Tetapi entah mengapa saat Anda mencoba menyalakan kompor tersebut dengan memutar tombol pemantiknya, kompor sama sekali tetap tidak mau menyala. Percikan api tidak kunjung keluar dari kompor tersebut. Anda pun tak habis pikir dengan masalah ini.

Memang diakui bila masalah yang menimpa kompor gas ini sangat mengganggu kehidupan kita. Apalagi jikalau masalah tersebut baru disadari tatkala kita akan menggunakan kompor untuk membuat makanan atau minuman ketika keadaan yang cukup genting. Maka bakal bertambah lagi kekesalan kita terhadap masalah tersebut. Kalau mau, sebenarnya sih Anda bisa kok memperbaiki kompor gas yang tidak dapat menyala ini dengan tenaga sendiri. Sebab prosesnya tidak terlalu rumit sih.

Kebanyakan masalah tidak menyalanya kompor gas memang disebabkan oleh aliran gas yang tersumbat. Seharusnya gas dapat mengalir dari dalam tabung menuju ke tungku api dengan lancar. Namun apabila aliran gasnya tersumbat, maka secara otomatis tidak ada bahan bakar yang diterima oleh bagian tungku sehingga apinya pun tidak mungkin bisa menyala lagi. Biasanya titik penyumbatan terjadi pada regulator gasnya. Sistem di dalam regulator tersebut menyumbat aliran gas.

Pada dasarnya regulator berfungsi untuk mengeluarkan gas dari dalam tabung lantas meneruskannya ke selang. Regulator selalu dilengkapi dengan pengaman yang disebut ventilator. Ventilator bekerja dengan memastikan tekanan gas dan tekanan udara sudah berada dalam kondisi yang seimbang sehingga aman. Kalau perbandingan antara tekanan gas dan tekanan udara ini tidak seimbang, maka ventilator pun akan menilai kondisinya sebagai tidak aman sehingga akan menutup aliran gasnya.

Namun kadang-kadang ventilator ini salah menilai kondisi tekanan gas dan tekanan udara. Ventilator ini malah menutup aliran gas pada kondisi yang salah. Sehingga secara otomatis, kompor gas pun tidak mau menyala karena sumber bahan bakarnya berupa gas tidak ada. Jadi jangan langsung mengganti regulator yang error tersebut. Mungkin saja masalah ini hanya terjadi sementara waktu saja. Anda dapat mencoba memperbaiki regulator yang bermasalah tersebut dengan solusi di bawah ini!

Mengetuk Ventilator Beberapa Kali

Cobalah Anda ketuk-ketuk bagian ventilator sebanyak 3-5 kali ketukan dalam kondisi regulator masih terpasang pada tabung gas. Setelah itu, cobalah Anda nyalakan kembali kompor gas. Biasanya cara ini langsung berhasil mengatasi masalah tersebut. Api kompor gas seketika akan langsung menyala karena aliran gasnya sudah lancar kembali.

Menggoyang Naik Turun Regulator

Kalau cara pertama di atas tidak berhasil dan kompor gas tidak kunjung menyala juga, cobalah Anda lepaskan regulator dari tabung gas. Peganglah regulator tersebut dengan kuat, lalu kocok atau goyangkan naik turun regulator ini beberapa kali dengan maksud untuk membuka aliran gasnya. Kemudian pasanglah regolator kembali ke tabung gas dan coba nyalakan kompor gas.

Mengecek Komponen Pemantik Api

Apabila cara pertama dan cara kedua di atas belum bisa mengatasi masalah pada kompor gas Anda yang tidak bisa menyala, maka Anda bisa mencoba memeriksa bagian pemantik apinya apakah masih dapat berfungsi dengan normal atau tidak. Lalu bersihkan pula bagian tungku api. Tak ada salahnya Anda mencoba mengganti regulator.