Membersihkan Karat Pada Furniture Besi dengan Bahan Alami

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak dapat terlepas dari pemakaian alat-alat yang terbuat dari besi. Material besi memang mempunyai kelebihan utama yaitu strukturnya sangat kokoh. Kita pun dapat memanfaatkannya untuk membuat peralatan yang membutuhkan kekuatan tinggi. Besi memang sangat kuat. Tapi sayangnya adalah kekuatan besi ini akan lenyap apabila mengalami korosi. Peristiwa ini mengakibatkan timbulnya karat pada besi sehingga strukturnya menjadi keropos.

Korosi pada besi sebenarnya dapat dicegah supaya tidak terjadi. Anda bisa menggunakan cat anti-karat sebagai pelapis permukaannya sehingga besi tak akan bersentuhan langsung dengan air dan udara. Tapi lama-kelamaan lapisan cat anti-karat ini semakin menipis dan menghilang. Jika Anda tidak menyadarinya, pasti cepat atau lambat akan terbentuk lapisan karat di bagian tersebut. Membersihkannya akan mencegah karat ini semakin meluas.

Tidak perlu bingung, karat pada besi ternyata dapat dibersihkan menggunakan bahan-bahan alami. Yuk, ikuti panduan dari kami sebagai berikut!

CUKA

Kalau Anda memiliki cuka di dapur, Anda bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan karat di permukaan besi. Ternyata cuka mampu bereaksi terhadap karat sehingga bisa meluruhkannya dari besi yang ditempelinya. Untuk besi berukuran kecil, Anda bisa merendamnya langsung di cairan cuka. Namun jika benda tersebut berukuran cukup besar, Anda bisa memakai sikat gigi atau sikat kawat untuk mengaplikasikan cuka ke permukaannya. Di sini Anda mungkin perlu mengoleskan hingga sebanyak 3-5 kali sampai besi benar-benar bersih dari lapisan karat. Anda akan dibuat takjub dengan hasilnya yang sangat memuaskan.

BAKING SODA

Bagi Anda yang hobi membuat kue atau roti, Anda pasti mempunyai stock baking soda yang cukup banyak di dapur, kan? Tidak hanya berguna untuk mengembangkan adonan kue/roti, ternyata baking soda ampuh sekali menghilangkan lapisan karat yang menempel di permukaan besi. Bahkan hasilnya pun benar-benar memuaskan. Untuk membersihkan lapisan karat pada besi menggunakan baking soda, caranya yaitu campurkan baking soda dengan air secukupnya sampai terbentuk adonan yang kental. Kemudian gunakan kuas untuk mengoleskan adonan ini di permukaan besi yang berkarat. Lakukan hingga sebanyak 3-5 kali untuk memperoleh hasil yang maksimal.

GARAM DAN LEMON

Campuran antara garam dan lemon juga dapat digunakan untuk menghilangkan lapisan karat yang membandel pada permukaan besi. Dibandingkan dengan kedua cara di atas, cara ketiga ini lebih aman karena tidak akan mengikis lapisan besi itu sendiri. Campuran ini hanya akan menghilangkan lapisan-lapisan karat saja. Anda bisa memulainya dengan mencampur garam dan air sari lemon, lalu aduk sampai tercampur rata. Campuran ini lantas dioleskan beberapa kali di permukaan besi yang berkarat. Barulah kemudian gosoklah besi tersebut menggunakan kulit buah lemon sampai lapisan karatnya hilang.

KENTANG DAN SABUN CUCI PIRING

Percayakah Anda kalau kombinasi antara kentang dan sabun cuci piring dapat menghilangkan lapisan karat membandel yang menempel di besi? Faktanya memang demikian. Campuran ini sanggup mengikis habis karat pada permukaan besi sehingga hasilnya benar-benar bersih. Tapi sayangnya dibutuhkan waktu yang cukup lama karena kita murni mengandalkan kemampuan kentang dalam menyerap partikel-partikel kotoran. Siapkan buah kentang, lalu potong menjadi dua bagian. Oleskan sabun cuci piring di bekas potongan kentang. Letakkan potongan kentang ini menghadap ke bagian karat pada besi, lalu ikat dengan kuat.