Langkah-langkah Cara Membersihkan Freezer dengan Tuntas

Freezer adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk membekukan bahan makanan. Alat ini bekerja dengan menurunkan suhu hingga ke level di bawah 0 derajat celsius. Akibatnya semua makanan dan minuman yang dimasukkan ke dalam freezer akan membeku dalam waktu yang cepat. Dengan demikian tidak ada kuman dan bakteri lagi yang mampu hidup di sana sehingga bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama.

Bahan makanan yang mudah membusuk seperti daging, seafood, dan makanan olahan dapat disimpan di dalam freezer agar kesegarannya tetap terjaga. Jika dibandingkan dengan lemari es, freezer lebih dapat diandalkan untuk menyimpan bahan makanan. Karena kondisinya selalu beku, freezer tidak mudah kotor atau berbau. Hal ini membuatnya sedikit terabaikan. Saat Anda berniat membersihkan freezer kondisinya pun sudah terlanjur sangat kotor.

Tidak usah bingung dalam membersihkan freezer! Kami akan memandu Anda dengan langkah-langkah berikut ini.

Langkah I : Mengeluarkan Isi Freezer

Anda tentu tidak bisa membersihkan freezer yang masih berisi penuh bahan makanan. Jadi Anda harus mengeluarkan semua isinya terlebih dahulu. Simpan isi freezer tersebut ke dalam kulkas untuk sementara waktu. Pastikan suhu lemari es diatur pada titik yang paling dingin. Sortir antara makanan yang layak dan tidak. Buang makanan-makanan yang kondisinya sudah rusak, terlalu lama disimpan, atau tidak ingin dimakan lagi.

Langkah II : Membuang Bunga Es di Freezer

Bukalah pintu freezer untuk membuat udara dari luar dapat memasukinya. Menghilangkan bunga es biasanya membutuhkan waktu antara 30-60 menit tergantung jumlah bunga es yang menumpuk di bagian dalam freezer. Lalu saat bunga es sudah mulai mencair, Anda harus segera mengambil tindakan untuk mencegah penumpukan air di bagian bawah freezer. Segera lepaskan bunga es yang mulai longgar dari dinding freezer menggunakan spatula.

Gunakan sendok untuk mengeluarkan genangan air yang tertampung, kemudian pindahkan ke ember. Anda juga bisa memakai handuk untuk menyerap sisa air. Untuk mempercepat proses pencairan bunga es, Anda bisa memanfaatkan hair dryer. Jika tidak ada, pakai saja mangkuk yang berisi air panas. Tutuplah pintu freezer untuk mempercepat pencarian. Anda harus berhati-hati supaya tidak melukai diri sendiri.

Langkah III : Membersihkan Permukaan Freezer

Anda bisa lebih mudah membersihkan dinding bagian dalam freezer setelah semua bunga es di dalamnya hilang. Mulailah dengan membersihkan sisa sayuran dan makanan yang menempel di permukaan dinding. Anda bisa mengambilnya langsung memakai tangan, lalu membuang ke tempat sampah. Setelah kondisinya bersih, silakan lap permukaan dinding freezer memakai campuran air hangat dan cuka sampai bersih.

Setelah itu, bilas permukaan freezer menggunakan air hangat untuk menghilangkan aroma cuka. Jangan lupa untuk membersihkan semua bagian dalam dan luar pintu freezer serta bagian atas dan luar freezer. Khusus untuk sela-sela freezer yang susah dijangkau, Anda bisa membersihkannya memakai sikat gigi. Gosokkan sikat gigi ini berulang-ulang kali sampai kondisi bagian freezer menjadi bersih kembali.

Langkah IV : Menghilangkan Bau

Proses pembersihan memakai cuka memang terbukti efektif dapat menghilangkan noda-noda membandel dan juga aman bagi kesehatan. Tetapi cuka sering meninggalkan bau menyengat yang cukup tajam. Anda tentu tidak ingin bau tersebut mencemari bahan makanan. Solusinya adalah gunakan campuran air dan baking soda untuk menghilangkan aroma tidak sedap ini. Usapkan campuran ini ke seluruh permukaan freezer.

Langkah V : Mengeringkan Freezer

Freezer yang sudah selesai dibersihkan hendaknya segera dikeringkan. Anda bisa memakai kain lap atau tisu dapur untuk mengeringkan permukaan freezer. Usap seluruh bagian freezer dengan kain la/tisu ini sampai kondisinya kering. Lalu masukkan kembali rak ke dalam freezer. Kemudian Anda bisa menyemprotkan cooking spray ke permukaan bagian dalam freezer untuk mencegah terbentuknya bunga es yang banyak.