Langkah-langkah Cara Memasang Besi Gorden dengan Gambar

Anda bisa menghiasi rumah menggunakan gorden untuk membuatnya tampil semakin menarik. Gorden atau sering disebut pula sebagai tirai merupakan kain panjang yang sengaja digantungkan di pintu atau jendela. Fungsi utamanya ialah mengurangi intensitas sinar matahari yang memasuki ruangan. Namun di sisi lain, gorden juga mempunyai pesona yang begitu menarik lewat desainnya. Gorden memiliki warna-warni yang indah serta corak/motif yang membentuk gambar tertentu.

Untuk dapat memasang gorden di atas pintu/jendela, Anda perlu menanamkan besi holder-nya terlebih dahulu. Besi ini bisa Anda pasang dengan menanamkan sekrupnya di permukaan dinding. Tapi memang komponen-komponen pembentuk besi gorden ini lumayan banyak sehingga Anda perlu merangkainya dulu sebelum benar-benar memasangnya. Proses ini membutuhkan trik khusus saat pemasangannya, terutama ketika merangkai besi tersebut dan memasangnya ke dinding.

cara-memasang-besi-gorden.jpg

Di bawah ini panduan langkah-langkah dalam memasang besi gorden yang dapat Anda coba kerjakan sendiri! Prosesnya sederhana banget kok. Yakin deh Anda pun bisa menyelesaikannya!

Anda perlu menyiapkan peralatan yang digunakan terlebih dahulu. Untungnya kita cuma membutuhkan obeng saja untuk memasang besi gorden tersebut. Silakan Anda siapkan obeng plus.

langkah-pertama.jpg

Kemudian Anda juga perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dalam pemasangan gorden ini. Di sini kami memberikan contoh pemasangan besi gorden yang berbentuk klasik. Sehingga bahan yang perlu kita siapkan di antaranya rel besi, roda, dan tutup rel.

langkah-kedua.jpg

Jangan lupa untuk menyiapkan pula kaki rel, mur dan baut, beserta sekrupnya. Nantinya Anda akan memerlukan trik khusus untuk bisa memasang kaki rel ini dengan tepat.

langkah-ketiga.jpg

Mulailah memasukkan semua roda ke dalam rel. Anda mesti memasukkannya satu per satu. Sesuaikan antara jumlah roda yang digunakan dengan jumlah lipatan pada gorden. Setiap satu lipatan gorden perlu satu roda sebagai tumpuan dan penggeraknya.

langkah-keempat.jpg

Setelah semua roda yang dibutuhkan sudah berhasil dimasukkan ke dalam rel, selanjutnya Anda pasang penutup rel tersebut. Tutuplah pada kedua ujung rel tadi, baik di sebelah kanan maupun kiri. Setelah itu, Anda bisa mengencangkan posisi rel ini dengan memasang mur dan baut.

langkah-kelima.jpg

Gambar di bawah ini merupakan kaki dari rel gorden. Kaki ini nantinya bertugas sebagai penyangga rel supaya dapat menggantungkan dengan baik. Kaki rel ini dapat Anda pasang di permukaan kusen pintu dan jendela, atau langsung di tembok. Perhatikan dengan baik cara memasangnya.

langkah-keenam.jpg

Pertama Anda perlu memasang kaki ini pada bagian atas rel. Aturlah supaya mulut kaki tersebut mampu mencengkeram rel pada kedua sisinya. Anda bisa mengencangkan ataupun mengendurkan kaki rel ini. Aturlah posisi kaki rel tersebut.

langkah-ketujuh.jpg

Setelah kaki rel ini sudah berada pada posisi yang tepat, berikutnya Anda perlu memasang baut untuk menahan posisinya. Pastikan posisi kaki ini sudah benar terlebih dulu, lantas Anda bisa mengencangkan kaki rel gorden ini.

langkah-kedelapan.jpg

Barulah kemudian rel gorden tadi dapat Anda pasang di permukaan tembok atau kusen pintu/jendela. Silakan pasangkan sekrupnya agar tertanam pada dinding atau kusen tersebut dengan kencang.

langkah-kesembilan.jpg

Langkah selanjutnya yaitu memasang kawat pengait kain gorden ke setiap roda-roda yang terpasang di rel. Kawat pengait ini dapat Anda pasang di setiap lipatan gorden. Pasanglah pengait ini dengan posisi yang benar seperti berikut.

langkah-kesepuluh.jpg

Kini gorden pun sudah selesai Anda pasang dengan baik. Benar kan kalau memasang besi gorden itu mudah sekali? Kami yakin deh Anda pun bakal langsung bisa mengerjakannya sendiri.

langkah-kesebelas.jpg