5 Cara Perawatan Wallpaper Dinding Agar Pesonanya Selalu Terjaga

Anda bisa mengaplikasikan wallpaper untuk membuat desain rumah semakin terlihat indah. Untungnya sekarang sudah banyak pilihan wallpaper yang tersedia di pasaran. Jadi Anda dapat memilihnya dengan nyaman. Kami sarankan pilihlah wallpaper yang mempunyai corak atau motif sesuai dengan desain awal pembuatan rumah Anda. Anda harus memperhatikan faktor konsep ini sehingga keindahan rumah tetap terjaga dengan baik. Jangan sampai Anda membuat orang lain merasa bingung dan aneh sendiri karena wallpaper yang digunakan tidak menyambung dengan konsep desan rumah tersebut.

Setidaknya terdapat 4 jenis wallpaper yang tersedia di toko bangunan jikalau ditinjau berdasarkan bahan baku pembuatnya, antara lain :

  • Wallpaper Vinyl – Ini merupakan jenis wallpaper yang paling banyak tersedia di toko. Bahan vinyl membuat wallpaper ini lebih awet, mudah dirawat, dan tidak cepat rusak.
  • Wallpaper Kertas – Walaupun perawatannya lumayan susah, tapi kenyataannya ialah wallpaper kertas ini justru banyak diminati. Wallpaper ini juga yang paling mudah dipasang.
  • Wallpaper Kain – Di satu sisi wallpaper kain ini cukup gampang dirawat, namun di sisi lain proses pemasangannya sangat rumit. Hasilnya terlihat sangat anggun dan menawan.
  • Wallpaper Foil – Bahan foil membuat wallpaper ini lebih tipis serta cenderung mudah rusak kalau dibandingkan dengan jenis-jenis wallpaper yang lain. Harganya cukup murah loh.

Pastikan Dinding Tidak Lembab

Dalam merawat wallpaper ini, hendaknya Anda menyesuaikannya antara jenis wallpaper apa yang Anda gunakan dan perawatan yang sebaiknya diberkan. Tetapi secara umum, perawatan wallpaper ini hampir sama antara satu dengan jenis yang lainnya. Hindari memasang wallpaper di tempat yang lembab sebab berisiko akan cepat rusak, terlepas dari dinding, dan lebih mudah ditumbuhi jamur. Pastikan bagian atap di atas dinding yang dipasangi wallpaper tersebut tidak bocor. Jika permukaan dinding ini rembes, Anda dapat mengatasinya dengan mengaplikasikan waterproof secukupnya.

Jangan Mengotori Wallpaper

Noda di permukaan wallpaper sangat sulit untuk dibersihkan. Jadi sebelum wallpaper tersebut bernoda, ada baiknya Anda memberitahu kepada seluruh penghuni rumah untuk lebih berhati-hati saat berada di dekat wallpaper. Khususnya anak-anak, jelaskan kepada mereka untuk tidak mencoret-coret wallpaper. Noda bekas coretan pensil, pulpen, krayon, dan spidol hampir mustahil bisa dihilangkan dari wallpaper. Ada baiknya Anda menyediakan bidang tersendiri bagi si kecil untuk berkreativitas. Berikan pengertian yang baik kepada mereka untuk tidak merusak pesona wallpaper tersebut.

Segera Perbaiki Kerusakannya

Tidak menutup kemungkinan suatu waktu wallpaper di rumah Anda akan mengalami kerusakan. Robek misalnya. Jika masalah ini sampai terjadi, usahakan Anda memperbaikinya sesegera mungkin. Anda bisa mengatasi wallpaper yang robek secara mendadak hanya memakai lem khusus. Oleskan lem secukupnya di balik wallpaper, lalu ratakan tempelannya menggunakan roller supaya rapi. Kalau ingin hasilnya lebih bagus, silakan ikuti panduan perbaikan wallpaper yang telah kami tulis di artikel sebelumnya. Anda tidak boleh membiarkan wallpaper yang telah robek tadi sebab kerusakannya bisa semakin parah.

Bersihkan Wallpaper Secara Rutin

Anda tentu harus senantiasa membersihkan wallpaper secara berkala supaya permukaannya bersih dan bebas dari partikel-partikel debu. Wallpaper yang tertutupi oleh debu pasti akan kehilangan pesonanya. Lakukan perawatan harian terhadap wallpaper tersebut dengan membersihkan permukaannya memakai kemoceng. Usapkan kemoceng tersebut secara merata ke seluruh sudut wallpaper agar partikel-partikel kotorannya hilang. Lakukan gerakan pembersihan dari atas ke bawah sehingga hasilnya lebih maksimal. Jangan biarkan tampilan wallpaper Anda memudar akibat kotoran ini.

Hapuslah Noda yang Membandel

Kadang-kadang ada noda membandel yang terlihat di salah satu bagian wallpaper. Anda dapat mencoba membersihkan noda tadi menggunakan air hangat yang diusapkan secara perlahan-lahan memakai kain lap yang lembut. Apabila belum berhasil, gunakan saja cairan pembersih khusus untuk wallpaper. Untuk alternatif bahan pembersih lainnya, Anda dapat mengandalkan air sari dari buah lemon atau jeruk nipis. Sebisa mungkin hindari penggunaan deterjen atau cairan pemutih pakaian untuk menghapus noda yang membandel di permukaan wallpaper karena justru akan memudarkan gambarnya.