Cara Mudah Hilangkan Bau Tak Sedap Pada Rice Cooker

Nafsu makan Anda sekeluarga seketika pasti akan langsung menurun drastis apabila rice cooker yang dipakai untuk memasak nasi mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Padahal Anda yakin sebelumnya sudah merawat rice cooker ini dan menjaga kebersihannya. Tetapi mengapa tiba-tiba alat penanak nasi ini berbau tidak enak ya? Pasti ada biang kerok yang menjadi penyebabnya. Anda harus mencari tahu dengan seksama, kemudian perbaiki berdasarkan sumber masalahnya.

Faktanya masalah bau tak sedap bisa menimpa rice cooker apapun. Bahkan produk dengan kualitas terbaik pun dapat mengalaminya. Penyebab utama bau tidak sedap ini berasal dari kotoran yang menempel. Karena tidak segera dibersihkan, kotoran tadi lama-kelamaan akan semakin banyak dan membandel. Dari sinilah awal mula petaka itu muncul. Rice cooker Anda akan mengeluarkan bau yang tidak sedap serta sulit dibersihkan. Anda tidak boleh membiarkannya.

Kami akan membantu Anda membersihkan rice cooker yang mengeluarkan aroma tidak sedap. Silakan Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini!

Keluarkan Panci dan Cuci sampai Bersih

Untuk menghilangkan bau pada rice cooker, Anda bisa mengeluarkan pancinya terlebih dahulu guna dicuci sampai bersih. Tetapi ada baiknya Anda mengangin-anginkan panci ini selama 10-15 menit. Barulah kemudian Anda bisa merendamnya. Gunakan air hangat yang dicampur garam secukupnya untuk merendam panci rice cooker ini. Setelah itu, cuci panci tersebut menggunakan spons yang lembut dan sabun cuci piring beraroma lemon.

Lepaskan Tabung Pembuangan Air dan Bersihkan

Semua produk rice cooker mempunyai tabung pembuangan khusus yang berfungsi sebagai wadah penampungan uap air. Sehingga uap air yang dihasilkan dari proses menanak nasi akan otomatis ditampung ke dalam tabung ini. Anda wajib menjaga kebersihan tabung pembuangan air ini supaya rice cooker tidak berbau. Lepaskan tabung tersebut, buang air di dalamnya, lalu cucilah sampai bersih. Gunakan air hangat dan sabun cuci piring untuk membersihkannya.

Bersihkan Semua Kerak yang Terdapat di Rice Cooker

Anda perlu memeriksa kondisi kebersihan bagian dalam rice cooker. Pastikan bagian ini selalu dalam keadaan yang bersih. Apabila ada kerak di sini, Anda bisa membersihkannya memakai cuka, pasta gigi, atau baking soda. Gosoklah  bagian dalam rice cooker ini dengan hati-hati sambil kotorannya diangkat. Setelah semua kerak telah selesai dibersihkan, jangan lupa untuk mengelap dengan air bersih agar rice cooker tidak berbau menyengat.

Jangan Lupa Bersihkan Bagian Lempengnya Juga

Percaya atau tidak, lempeng rice cooker yang kotor juga bisa menimbulkan bau tidak sedap. Jadi Anda harus senantiasa menjaga kebersihan bagian lempeng ini. Lepaskan bagian lempeng tersebut dengan hati-hati, lalu bersihkan menggunakan air hangat. Kemudian lanjutkan proses ini dengan membersihkan bagian luar rice cooker. Dengan menjaga kebersihan rice cooker, kami jamin rice cooker Anda tidak akan berbau tak sedap lagi.