Cara Mencegah agar Teras Rumah Tidak Tampias Sewaktu Hujan

Sebagai negara yang beriklim tropis, Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi. Bahkan di sejumlah wilayah, hujan ini bisa turun sepanjang hari loh. Jadi masyarakat sudah akrab betul dengan air hujan dan segala permasalahan yang ditimbulkannya. Salah satu masalah yang lumrah terjadi ialah tampias di teras. Pada dasarnya, masalah tampias ini terjadi ketika air hujan mengenai bagian teras sehingga membasahi ruangan tersebut. Bahkan pada kasus yang parah sampai menimbulkan genangan air.

Tentunya teras yang mengalami tampias pada saat hujan ini merupakan suatu masalah yang serius. Apalagi jikalau teras tersebut berbatasan langsung dengan area taman yang masih terbuka, dampak yang dirasakan pun akan berkali-kali lipat karena teras juga mudah menjadi kotor ketika hujan turun. Oleh sebab itu, masalah teras yang tampias ini sebaiknya diatasi sesegera mungkin supaya akibatnya tidak semakin parah. Anda harus mengatasinya dengan tepat sesegera mungkin.

Kami akan membantu Anda menangani masalah teras yang terkena tampias hujan. Silakan Anda bisa mengaplikasikan solusi-solusi di bawah ini!

Memasang Kanopi

Solusi yang paling masuk akal untuk mengatasi tampias ialah memasang kanopi di teras. Harapannya yaitu kanopi akan memberikan perlindungan yang lebih optimal pada area teras sehingga bebas dari air hujan. Anda bisa menggunakan kanopi yang terbuat dari material PVC, polycarbonate, galvalum, atau lainnya. Buatlah kanopi dengan bentuk yang agak melengkung sehingga perlindungannya pada teras dari air hujan yang turun sewaktu-waktu menjadi semakin maksimal.

Membuat Talang Air

Tampias juga bisa terjadi lantaran air hujan jatuh dari atap dengan cukup keras sehingga cipratannya pun mengenai bagian tepi teras. Anda tak boleh membiarkan masalah ini terus berlarut-larut. Anda dapat mengatasinya dengan mudah hanya dengan menggunakan talang air. Silakan Anda memasang talang air ini di setiap bagian pinggiran atap. Rencanakanlah dengan baik supaya talang air ini saling terhubung sehingga mampu mengalirkan air hujan sampai ke bawah dengan lancar.

Memakai Panel Kedua

Panel bisa Anda jadikan sebagai solusi untuk mengatasi area teras yang terkena tampias oleh hujan. Caranya yaitu Anda bisa memasang panel ini di bagian-bagian yang memang bermasalah dan sering terkena tampias. Pilihlah panel dengan model yang sesuai desain rumah Anda dan warna seperti cat dinding di sekitarnya. Selain mampu berfungsi sebagai pelindung teras dan penghalang dari tampias, keberadaan panel ini juga bisa melindungi dari terik matahari dan meningkatkan privasi.

Menaruh Tumbuhan

Pencegahan tampias pada area teras rumah juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan tumbuhan. Jadi di sini kita memanfaatkan tumbuh-tumbuhan tersebut tak ubahnya seperti material-material di atas. Kelebihannya adalah suasana rumah pun menjadi lebih asri, alami, dan menarik. Cobalah Anda menanam tumbuhan yang rindang di posisi yang bersebelahan langsung dengan teras. Niscaya, area teras pun bakalan terbebas dari masalah tampias air hujan ini lagi.

Menggunakan Kerai

Anda juga dapat mengatasi masalah tampias air di teras ini dengan memanfaatkan kerai. Ada banyak tersedia produk kerai di pasar yang bisa Anda pilih saat ini. Beberapa ada yang terbuat dari bambu, plastik, kain, dan logam. Namun apa saja pilihan Anda, usahakan belilah kerai yang awet dan tahan lama. Mengingat kerai ini berfungsi untuk menghalau air hujan dan menahan panas matahari, maka kondisinya akan cepat rusak apabila Anda sampai salah dalam memilihnya.