Cara Menata Apartemen Studio yang Kecil Agar Terasa Nyaman

Sudah menjadi rahasia umum jika harga tanah sekarang memang mahal sekali. Apalagi untuk tanah yang terletak di pusat keramaian, maka harganya benar-benar sudah tidak wajar lagi karena saking mahalnya. Mahalnya harga tanah tersebut lalu membuat pangsa pasarnya pun kian menyempit. Hanya orang yang benar-benar kaya saja yang bisa membelinya. Kondisi ini jelas sangat tidak menguntungkan bagi semua pihak. Penjual tanah kesulian mencari pembeli. Begitu pula dengan pembeli yang tidak mampu membeli tanah yang harganya selangit tersebut.

Untungnya para developer tidak kehilangan akal untuk mengatasi harga tanah yang mahal sekali. Salah satu triknya dilakukan dengan menghadirkan hunian vertikal seperti apartemen. Apartemen merupakan salah satu contoh hunian vertikal. Biasanya para developer akan menawarkan berbagai jenis unit kamar dengan spesifikasi yang berbeda-beda di setiap apartemen. Tentu harga unit kamar tersebut pun tidak sama. Unit apartemen yang paling murah yaitu tipe studio yang mempunyai ukuran paling kecil. Ciri-ciri apartemen studio ini hanya mempunyai sebuah ruangan saja.

Maka tidak heran jika para penghuni apartemen studio sering mengeluhkan ruangannya begitu sempit. Sebab unit tersebut memang hanya memiliki sebuah ruangan saja. Padahal jika ditata dengan tepat nih, ruangan apartemen studio ini pun bisa terasa luas dan lebih nyaman dihuni. Silakan ikuti kiat-kiat dalam penataannya di bawah ini yuk!

Ruangan Harus Bersih dan Rapi

Cara yang paling mudah untuk membuat penampilan suatu ruangan menjadi terlihat lebih lapang yaitu membersihkannya. Anda harus membersihkan semua kotoran atau sampah yang ada di dalam ruangan tersebut. Jangan lupa bersihkan sudut-sudut ruangan. Kemudian aturlah setiap benda yang ada di dalam ruangan tersebut pada tempatnya. Pastikan benda-benda ini ditata pada posisi yang rapi. Ruangan yang bersih dan rapi pasti akan nampak lebih luas. Anda harus senantiasa membersihkan interior apartemen setiap saat, serta menjaga kebersihan dan kerapiannya.

Pilih Warna-warna yang Cerah

Anda pasti tidak bisa membiarkan ruangan apartemen yang dimiliki tampil polos begitu saja, kan? Sebab ruangan yang polos ini memang nampak monoton dan juga tidak menyenangkan. Setidaknya Anda perlu menghiasi permukaan dinding ruangan tersebut menggunakan cat tembok. Memilih warna cat tembok memang mudah. Tetapi dibutuhkan trik tertentu agar Anda bisa mendapatkan warna yang paling tepat, khusus untuk interior apartemen studio. Warna yang bekerja bagus di ruangan yang sempit yaitu warna-warna yang cerah. Warna jenis ini mampu menimbulkan kesan lapang pada ruangan.

Maksimal Hanya Dua Warna Cat

Sebenarnya sah-sah saja apabila Anda ingin memadukan beberapa warna cat dinding supaya suasana di dalam ruangan ini terlihat lebih dinamis. Di sini Anda bisa mengombinasikan beberapa warna cat dinding yang satu dengan lainnya. Ruang yang luas bisa memakai 3 warna cat dinding sekaligus untuk menghiasi permukaan dindingnya. Tetapi untuk ruangan yang sempit seperti unit apartemen studio ini, Anda cuma diperbolehkan untuk menggunakan dua warna saja yaitu warna dasar dan warna aksen. Usahakan kedua warna tersebut masih dalam jenis yang senada dan tidak terlalu kontras ya.

Gunakan Furniture yang Multifungsi

Semua orang menginginkan tempat tinggal yang nyaman. Guna mewujudkan impian tersebut, maka kita pun memerlukan furniture, baik sebagai tempat duduk, tempat penyimpanan, atau tempat meletakkan suatu benda. Ketika tinggal di apartemen tipe studio, Anda harus menyadari kalau ruangan di dalamnya sangat sempit. Padahal Anda sendiri tidak dapat memasukkan furniture yang banyak karena jelas bakal memakan ruangan. Solusinya adalah cobalah manfaatkan furniture-furniture yang dibuat dengan fungsi ganda. Misalnya yaitu tempat tidur yang memiliki laci di bawahnya.

Manfaatkan Kaca dan Cermin

Anda juga bisa memanfaatkan kaca dan cermin sebagai solusi untuk mengatasi ruang yang sempit pada apartemen studio. Di sini kita akan menggunakan sifat dan karakteristik yang dimiliki oleh kedua benda tersebut untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas dari ukuran yang sebenarnya. Kaca memiliki kemampuan untuk meneruskan cahaya dengan baik. Sedangkan cermin bisa memantulkan cahaya yang diterimanya. Kaca misalnya dapat digunakan sebagai partisi ruangan, rak, atau pintu lemari. Sedangkan untuk cermin besar bisa dipasang di salah satu dinding ruangan agar apartemen terasa luas.

Buatlah Ruangan Menjadi Terang

Salah satu penyebab munculnya kesan sempit di suatu ruangan adalah kondisinya yang gelap. Ruangan tersebut kekurangan cahaya. Beruntung kalau unit apartemen Anda dilengkapi jendela yang cukup lebar sehingga Anda pun dapat memaksimalkan penggunaannya. Anda bisa membuka jendela tersebut setiap kali berada di apartemen sehingga ruangan menjadi lebih luas. Namun kalau unit apartemen Anda tidak dilengkapi jendela, Anda perlu memasang lampu yang sanggup memancarkan cahaya yang cukup terang di sini. Anda bisa memasang beberapa lampu untuk menghasilkan cahaya yang bersifat alami.

Hindari Pembagian Ruangan

Tinggal di dalam apartemen studio ini memang berbeda dengan pengalaman hidup di dalam rumah yang biasa. Kami paham apabila Anda meginginkan apartemen yang mempunyai ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur. Tetapi khusus untuk unit apartemen dengan tipe studio ini memang sebaiknya tidak dibagi-bagi lagi menjadi beberapa ruangan. Anda harus membiarkan ruangan tersebut tetap utuh alias satu kesatuan. Mengapa? Sebab upaya pembagian ruang justru akan membuat suasana interiornya menjadi terasa semakin sempit, penuh, dan begitu sesak. Anda harus menghindarinya.