Cara Memasang Selang dan Regulator Baru Pada Kompor Gas

Kompor gas benar-benar sangat membantu kehidupan masyarakat modern ya. Kita tidak perlu repot lagi dalam mengolah bahan makanan menjadi hidangan yang lezat, khususnya untuk membuat api sebagai media untuk mematangkan masakannya. Cukup memutar knopnya saja, maka kompor gas pun langsung dapat menyalakan api seketika. Tapi Anda harus berhati-hati dalam menggunakan kompor gas. Kenapa? Karena di balik kepraktisannya tersebut, kompor gas mempunyai potensi bahaya yang cukup besar. Yap, kompor gas memiliki risiko dapat mengalami kebocoran yang menjadi pemicu terjadinya ledakan.

Sebelum bisa menggunakan kompor gas, Anda tentu harus merangkainya terlebih dahulu dengan selang serta regulator yang melengkapinya. Selang ini berfungsi sebagai media untuk menghantarkan gas dari tabung menuju ke burner pada kompor gas. Sedangkan regulator memiliki peranan untuk menyedot gas yang berasal dari tabung gas. Perhatikan dengan baik. Anda mesti memasang selang dan regulator baru ini dengan baik dan benar pada kompor gas supaya benar-benar aman digunakan sehari-hari. Tapi cara memasangnya yang tepat bagaimana sih?

Bagi Anda yang baru pertama kali memasang selang dan regulator ini, panduan di bawah ini dapat Anda gunakan untuk mempermudah langkah-langkah pekerjaan Anda! Silakan untuk mengikutinya dengan baik ya.

Alat dan Bahan :

  • Obeng
  • Tang
  • Selang baru
  • Regulator baru
  • Klem

Langkah Kerja :

  1. Kita mulai dengan menyambungkan selang dan regulatornya terlebih dahulu. Barulah kemudian selang tersebut dapat disambungkan lagi dengan kompor gas.
  2. Sebelumnya masukkan klem masing-masing di ujung selang. Anda tidak perlu mengencangkan atau menguncinya terlebih dahulu karena posisi klem tersebut masih harus diatur lagi.
  3. Pasanglah selang ke regulator. Caranya, masukkan salah satu ujung selang tepat pada saluran lubang keluar pada regulator. Pastikan selang terpasang kuat dengan regulator, tidak bergoyang, tidak mudah terlepas.
  4. Aturlah posisi klem yang terletak di ujung selang yang terhubung dengan regulator. Atur posisi klem ini agar tepat berada di atas saluran lubang keluar pada regulator. Barulah kemudian Anda bisa mengencangkan klem memakai obeng. Dengan demikian, hubungan antara selang dengan regulator pun kini sudah terkunci.
  5. Sekarang waktunya menghubungkan antara selang dengan kompor gas. Anda dapat memasang selang melalui saluran masuk gas pada kompor. Masukkan selang ke saluran ini sampai cukup dalam dan posisinya stabil. Anda mungkin harus sedikit mendorong selang supaya saluran gas pada kompor bisa masuk ke dalamnya. Maklum saja karena diameter dalam selang ini memang lebih kecil daripada ukuran diameter saluran gas pada kompor.
  6. Sama seperti ujung selang yang tersambung dengan regulator, ujung selang yang tersambung dengan saluran gas pada kompor ini pun wajib diikat menggunakan klem. Anda perlu mengatur posisi klemnya terlebih dahulu dengan benar. Kemudian kencangkan klem ini sampai dapat mengunci ujung selang tersebut dengan kencang.
  7. Cek terlebih dahulu kedua ujung selang untuk memastikannya masing-masing sudah terhubung erat dengan regulator dan kompor gas. Cobalah Anda sedikit menarik serta menggoyang-goyang kedua ujung selang untuk memastikan posisinya sudah stabil. Barulah kemudian Anda dapat memasangkan regulator ini ke tabung gas. Jangan lupa cek nyala api pada kompor gas ya.