Begini Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Air Sumur, Bunda!

Sumur akrab dijadikan sumber air bersih bagi masyarakat. Berdasarkan cara pembuatannya, ada dua jenis sumur yaitu sumur bor dan sumur gali. Beberapa orang kemudian menyambungkan pompa air ke dalam sumur tersebut untuk memudahkannya dalam memperoleh air. Cuma sayangnya sumur ini kadang-kadang mengeluarkan bau yang tak sedap, bau kurang enak, bau tanah, ataupun bahkan bau amis. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu kita yang akan menggunakan air.

Sebelumnya Anda harus memahami terlebih dahulu bahwa air yang tertampung di dalam sumur itu sebenarnya muncul dari resapan air tanah yang ada di sekelilingnya. Hal ini lantas membuat air yang ada di dalam sumur menjadi rentan tercemar, khususnya sumur yang berada di wilayah perkotaan. Nah, salah satu dampak dari sumur yang tercemar yaitu air yang berbau tidak sedap seperti berbau belerang, tanah, atau amis. Tentunya air seperti ini tidak layak untuk dikonsumsi.

Air sumur yang tercemar memang sebaiknya tak digunakan untuk keperluan konsumsi atau bahkan keperluan yang lainnya. Kenapa? Sebab air tersebut akan menimbulkan penyakit seperti tipes, kulit iritasi, atau gatal-gatal. Biasanya sih faktor penyebab tercemarnya air sumur adalah kondisi areal di sekitarnya yang tak bersih maupun posisi sumur yang terlalu dekat dengan septic tank atau selokan. Untungnya kami mempunyai siasat jitu untuk mengatasi masalah air sumur tersebut.

Berikut ini merupakan solusi-solusi yang kami tawarkan yang bisa Anda coba sendiri untuk mengatasi masalah air sumur yang berbau tidak sedap dengan tuntas!

Menaburkan Garam

Garam bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menghilangkan bau tidak sedap pada air. Hal ini tidak terlepas dari kandungan H2S yang terdapat di dalam garam sehingga mampu menetralkan bau. Di samping itu, garam ini juga sanggup mengikat lembung sehingga air pun dapat menjadi lebih jernih. Adapun caranya sangat mudah. Anda hanya perlu melarutkan 1 bungkus garam kasar dengan air secukupnya. Lalu tuangkan air garam tersebut ke dalam sumur. Setelah menunggu selama 6-8 jam, air sumur pun menjadi tidak berbau lagi dan tampak lebih jernih.

Memasukkan Tawas

Tawas juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi air sumur yang berbau tidak sedap. Kemampuan ini merupakan buah dari kehebatan tawas yang dapat mengikat zat-zat kotoran yang terkandung dalam air. Bahkan tak hanya menghilangkan bau tidak enak saja, pemakaian tawas juga bisa menjernihkan air loh. Jadi, Anda hanya perlu memasukkan 1 kg tawas ke dalam sumur begitu saja. Kemudian Anda perlu menunggunya selama 3-5 hari terlebih dahulu. Barulah kemudian air di dalam sumur tersebut pun menjadi lebih bersih, jernih, dan baunya normal layaknya air bersih biasa.

Menggunakan Kaporit

Bahan lain yang ampuh digunakan untuk mengatasi air yang baunya tidak sedap adalah kaporit. Ini merupakan bahan yang biasa dipakai untuk membersihkan air dan membuatnya lebih jernih. Jadi, memang keampuhan dari kaporit ini sudah benar-benar terbukti. Silakan Anda bisa mendapatkan bahan ini di toko kimia terdekat ya. Kemudian untuk tata cara penggunaannya dapat Anda ikuti yang ada di kemasannya. Namun yang kami ingatkan yaitu Anda tidak boleh memakainya secara berlebih karena dapat membahayakan kesehatan, terutama jika dimanfaatkan untuk keperluan konsumsi.

Memanfaatkan Arang Batok

Kalau Anda lebih suka memanfaatkan bahan yang alami, maka kami rekomendasikan Anda memakai arang dari batok/tempurung kelapa untuk menghilangkan bau tidak sedap pada air sumur. Faktanya memang arang batok kelapa ini terbilang cukup efektif untuk mengatasi air yang berbau busuk sebab mengandung karbon aktif yang dapat mengikat partikel-partikel kotoran. Dengan demikian air sumur pun menjadi lebih jernih dan tidak berbau. Silakan Anda hanya perlu membungkus arang tersebut ke dalam kain katun, lalu memasukkannya ke dalam sumur. Tunggu selama 3-5 hari dahulu ya.

Memakai Mesin Filter Air

Adapun cara modern yang dapat Anda aplikasikan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada air sumur yaitu memanfaatkan mesin filter air yang berteknologi tinggi. Sesuai namanya, mesin yang satu ini bekerja dengan menyaring air sumur beberapa kali sehingga menghasilkan air yang bersih, jernih, dan tidak berbau. Tentunya ini merupakan metode yang paling aman diaplikasikan untuk memproduksi air yang lebih layak untuk dikonsumsi. Silakan Anda dapat mengikuti petunjuk dalam memasang mesin filter air ini pada artikel kami yang sebelumnya.