8 Jurus Ampuh Nih : Cara Mengusir Semua Tikus di Rumah

Memiliki rumah yang nyaman merupakan impian semua orang. Tapi sayangnya selalu ada saja faktor-faktor yang dapat mengganggu kenyamanan tinggal di dalam rumah. Walaupun Anda sudah membangun rumah dengan rapat, namun tikus selalu mempunyai cara tersendiri untuk bisa memasuki rumah Anda. Tikus-tikus ini memang sudah tak bisa melewati pintu dan jendela karena Anda sudah menguncinya. Tapi mereka masih bisa melalui plafon, ventilasi, atau lubang yang telah dibuatnya sendiri.

Tikus merupakan binatang yang cerdik sekaligus mengesalkan. Bagaimana tidak, sebab hewan pengerat yang satu ini hobi sekali mencuri makanan. Mereka sepertinya sudah paham betul kalau dapur merupakan gudang makanan. Sehingga daripada repot berburu makanan di alam, tikus lebih suka mengambil makanan di dapur. Siang dan malam tikus terus berusaha untuk mencuri makanan. Tidak sebatas itu, tikus pun tak segan-segan merusak dan menggerogoti benda-benda yang dirasa menghalanginya.

Karena ulah tikus yang luar biasa mengganggu tersebut, maka tak heran kalau banyak orang membenci binatang yang satu ini. Berbagai cara pun coba dilakukan supaya rumah bebas dari tikus.

Kiat 1. Memelihara Kucing Kampung

Predator utama bagi tikus ialah kucing. Kucing memang sangat suka memakan tikus. Bahkan tak segan-segan kucing rela mengejar tikus dalam waktu yang lama untuk memburunya. Tapi itu terjadi dulu kala. Kenyataannya sekarang kucing enggan memburu tikus. Mungkin binatang ini sudah tidak doyan tikus lagi karena sudah terbiasa memakan ikan, daging, dan pelet yang rasanya lebih lezat. Itu sebabnya, Anda sebaiknya memilih kucing kampung supaya tetap mau memburu tikus. Jangan terlalu memanjakan kucing tersebut ya!

Kiat 2. Memasang Jebakan yang Efektif

Karena memang banyak sekali orang yang tidak senang dengan keberadaan tikus, diciptakan berbagai jebakan yang berguna untuk menangkapnya. Dari mulai jebakan dengan model perangkap jepret atau kurungan besi dapat Anda manfaatkan untuk mengurangi populasi tikus di rumah, serta membuat teman-temannya kapok tinggal di rumah Anda. Sebisa mungkin gunakan jebakan tikus yang modern karena terbukti jauh lebih efektif dan efisien dalam mengelabui tikus dan menangkapnya.

Kiat 3. Memberikan Racun Tikus

Kalau Anda mau menggunakan jurus ampuh dalam menangkap tikus, Anda bisa memanfaatkan racun tikus. Meskipun sebenarnya produk ini ditujukan untuk meracuni tikus, tetapi binatang lain yang mengonsumsinya pun bisa ikut mati. Jadi Anda hanya boleh menggunakan racun tikus ini apabila kondisi di rumah memang aman. Maksudnya Anda sama sekali tidak memelihara hewan serta tidak ada anak kecil di rumah. Taruhlah racun tikus ini ke umpan secukupnya saja. Kemudian letakkan di tempat strategis yang biasa dilewati tikus.

Kiat 4. Membersihkan Rumah

Tikus paling senang tinggal di tempat yang kotor dan jorok. Apalagi jika keadaannya gelap, sudah pasti tempat tersebut akan menjadi sarang tikus. Oleh sebab itu, Anda harus menjaga kebersihan rumah apabila tidak ingin rumah Anda menjadi tempat bersarangnya tikus. Anda harus membersihkan rumah setiap saat. Bersihkan seluruh bagian rumah tersebut, termasuk sudut-sudutnya. Anda juga perlu membersihkan setiap bagian di bawah perabotan. Jangan biarkan ada kotoran sedikit pun.

Kiat 5. Membongkar Sarang Tikus

Banyaknya tikus di rumah Anda menandakan kalau tikus-tikus ini betah tinggal di dalamnya. Bahkan saking betahnya tikus-tikus tersebut, bukan tidak mungkin ada sarang di dalam rumah Anda. Anda harus bersikap waspada terhadap kemungkinan buruk ini. Sarang tersebut harus segera ditemukan, lalu dibongkar sampai habis. Lakukan pencarian sarang tikus tersebut. Perhatikan setiap jengkal rumah Anda. Biasanya sarang ini berada di ruangan yang paling sepi dan kotor. Bersihkan ruangan tersebut.

Kiat 6. Melakukan Fogging

Fogging ternyata tidak hanya berfungsi untuk memberantas nyamuk saja loh, namun binatang-binatang lain yang ada di rumah pun akan kabur setelah Anda melakukan fogging. Fogging merupakan upaya penyemprotan racun berupa asap. Binatang yang menghirup asap fogging dalam jumlah yang banyak akan mengalami keracunan hingga mati. Tak ada salahnya Anda mengajak warga sekitar tempat tinggal untuk melakukan fogging secara berkala di permukiman. Manfaatnya lingkungan tempat tinggal Anda bakal lebih bersih.

Kiat 7. Memasang Lampu yang Terang

Membuat tikus tidak betah tinggal di rumah juga bisa dilakukan dengan solusi yang sederhana. Misalnya yaitu Anda dapat memasang lampu yang terang di rumah. Tikus memang paling suka berada di tempat yang gelap dan redup. Mereka cenderung akan menghindari tempat-tempat yang kondisinya terang. Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat tikus tidak betah tinggal di rumah Anda. Pasanglah lampu yang terang di rumah Anda.

Kiat 8. Memakai Pengusir Elektrik

Anda bisa memanfaatkan alat-alat canggih untuk mengusir tikus di rumah. Kenyataannya kini memang banyak sekali produk berteknologi tinggi yang ampuh memberantas berbagai hewan dan serangga yang mengganggu dari rumah. Produk ini biasanya memanfaatkan gelombang elektromagnetik, frekuensi tinggi, atau sinar ultraviolet. Anda bisa menggunakan produk tersebut untuk mengusir tikus-tikus dari rumah.