5 Solusi Lengkap : Cara Memperbaiki Raket Nyamuk yang Rusak

Ada berbagai cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi nyamuk di rumah. Dari mulai memanfaatkan bahan-bahan alami, memakai obat anti-nyamuk berbahan kimia, hingga menggunakan produk-produk yang berteknologi canggih. Semuanya ini bisa kita gunakan semata-mata untuk membasmi nyamuk yang ada di rumah. Bagaimana pun keberadaan nyamuk-namuk ini sangat tidak Anda harapkan, kan? Bahkan mungkin saja Anda termasuk salah seorang yang mengharapkan suatu saat nanti nyamuk akan punah dari muka bumi ini? Betapa indahnya masa tersebut.

Oleh sebab itu, berbaga cara pun Anda lakukan untuk mematikan nyamuk di rumah. Salah satunya yaitu menggunakan raket nyamuk. Produk ini disebut sebagai raket nyamuk karena bentuknya menyerupai raket serta berguna untuk membunuh nyamuk. Prinsip kerja raket nyamuk ialah mengalirkan arus listrik ke bagian kawatnya. Ketika kawat raket ini mengenai nyamuk, maka secara otomatis nyamuk pun bakal tersengat setrum listrik dan mati. Dengan kemampuannya tersebut, raket nyamuk mampu membunuh nyamuk secara efektif tanpa menimbulkan efek samping.

Anda bisa memperoleh produk raket nyamuk yang berkualitas tinggi di www.alatperabotan.com dengan harga yang terjangkau. Produk yang tersedia di sini benar-benar bervariasi sehingga Anda dapat memilih raket nyamuk sesuai dengan kebutuhan. Anda harus merawat raket nyamuk tersebut sebaik-baiknya ya. Karena kalau tidak, bukan tak mungkin raket tersebut malah mengalami kerusakan. Faktanya memang ada begitu banyak kerusakan-kerusakan yang dapat menimpa raket nyamuk ini. Kami akan membahas secara lengkap di bawah ini beserta solusi untuk memperbaikinya.

Masalah 1 : Raket Nyamuk Tidak Mau Menyala

Cara menggunakan raket nyamuk sebenarnya mudah sekali. Anda tinggal menekan tombol power pada raket tersebut, maka secara otomatis raket nyamuk langsung menyala. Kadang-kadang ada pula produk raket nyamuk yang dilengkapi dengan power berupa sakelar (switch), di mana Anda harus menggeser sakelar ini ke posisi on untuk dapat menyalakannya. Namun apa yang terjadi kalau Anda sudah mencoba menyalakan raket nyamuk tersebut tetapi produk tetap tidak mau menyala? Kemungkinan besar raket Anda sedang mengalami error atau memang sudah rusak.

Anda bisa mencoba kiat-kiat di bawah ini untuk memperbaikinya :

  1. Cobalah Anda melakukan proses pengecasan ulang terhadap raket tersebut. Sebab bukan tidak mungkin raket nyamuk ini tak mau menyala karena baterainya sudah habis. Bagaimana mungkin raket nyamuk mampu menyala kalau sumber energinya tidak ada, kan? Silakan Anda melakukan pengecasan raket selama 6-8 jam agar baterainya terisi penuh kembali.
  2. Kalau Anda sudah mengecas raket nyamun, tetapi hasilnya tetap nihil dan raket tersebut tidak mau menyala sama sekali, Anda dapat mencoba membogkarnya. Lalu periksa kondisi komponen elektrik yang menyusun raket tersebut. Cek juga semua kabel yang menghubungkan setiap blok komponen elektrik. Lakukan perbaikan atau penggantian komponen yang rusak.
  3. Kasus raket nyamuk yang tidak mau menyala sama sekali juga bisa disebabkan oleh baterai yang melengkapi produk raket tersebut yang telah mengalami kerusakan. Baterai raket benar-benar sudah mati total. Anda tidak dapat memperbaiki baterai tersebut sehingga wajib menggantinya dengan baterai yang baru. Pastikan spesifikasi baterai yang dipilih sama persis ya.

Masalah 2 : Raket Nyamuk Tidak Bisa Dicas

Raket nyamuk dilengkapi dengan baterai yang bisa diisi ulang. Layaknya sebuah smartphone, Anda bisa mengisi kembali daya listrik ke dalam baterai tersebut apabila sudah habis. Hal ini tentu mempermudah Anda dalam menggunakannya. Anda tidak perlu membeli baterai baru kalau daya listrik baterai di raket nyamuk tersebut sudah habis. Anda tinggal mengisi ulang baterai tersebut melalui proses charging. Tapi suatu hari Anda dikejutkan saat mengecas raket nyamuk karena baterainya benar-benar tidak bisa diisi listrik lagi. Anda sama sekali tidak bisa mengecas raket nyamuk tersebut.

Ada dua kemungkinan yang menjadi penyebab utama timbulnya kerusakan tersebut. Kalau tidak bagian charger-nya yang rusak, berarti baterainya yang sudah mati total.

  • Sebaiknya Anda mencoba mengeceknya dengan mengganti baterai raket terlebih dahulu karena prosesnya lebih mudah. Anda tinggal mengeluarkan baterai yang lama, lalu memasang baterai baru dengan tepat. Setelah itu, coba lakukan proses pengecasan selama 6-8 jam. Kalau baterai raket nyamuk tetap tidak mau terisi daya listrik, artinya bagian charger yang sudah rusak.
  • Lantas, bagaimana cara memperbaiki charger raket nyamuk yang rusak? Berhubung prosesnya lumayan rumit karena Anda harus mencari tahu titik kerusakan terlebih dahulu sebelum dapat melakukan perbaikan, kami sarankan Anda mengambil jalan alternatif. Caranya dengan membeli blok elektrik khusus charger yang siap pakai, lalu memasangnya pada raket nyamuk Anda.

Masalah 3 : Kawat di Raket Nyamuk yang Bengkok

Kasus berikutnya yang sering menimpa raket nyamuk ialah kawatnya yang menjadi bengkok. Seharusnya kawat-kawat di raket nyamuk ini tersusun dengan rapi dan jalinannya datar. Akan tetapi, kawat tersebut bisa menjadi bengkok manakala terinjak, terbentur, tertindih, atau terkena hantaman yang cukup keras. Ciri-ciri kawat raket nyamuk yang bengkok yaitu terdengar bunyi percikan api, kadang-kadang disertai  munculnya bunga api, sebagai tanda sudah terjadi korsleting listrik. Masalah ini harus diperbaiki karena dapat memboroskan pemakaian listrik pada baterai dan menimbulkan kerusakan secara permanen.

Di bawah ini panduan langkah-langkah untuk memperbaiki kawat di raket nyamuk yang bengkok supaya posisinya kembali benar seperti semula.

  1. Nyalakan raket nyamuk Anda dengan menekan tombol power on.
  2. Perhatikan titik-titik timbulnya percikan api, di titik tersebut lah lokasi kawat yang bengkok.
  3. Sekarang raket nyamuk ini perlu Anda matikan terlebih dahulu.
  4. Siapkan obeng minus yang ukurannya cukup panjang.
  5. Kini waktunya Anda membetulkan untaian kawat pada raket yang telah bengkok.
  6. Gunakan obeng untuk memperbaiki kembali kawat raket nyamuk tersebut.
  7. Anda bisa menekan kawat ini ke bawah, atas, kanan, ataupun kiri sampai bentuknya lurus.
  8. Hati-hati saat membetulkan posisi kawat tersebut agar jangan sampai kawatnya terputus.
  9. Kawat raket nyamuk yang sudah terputus biasanya tidak dapat diperbaiki lagi.
  10. Jangan lupa untuk mengecek hasil kerja Anda ya.

Masalah 4 : Baterai di Raket Nyamuk Sudah Rusak

Raket nyamuk menggunakan tenaga listrik yang bersumber dari baterai. Baterai inilah yang menyuplai listrik yang menjadi energi utama. Jadi secara otomatis apabila baterai tersebut sudah rusak, maka raket nyamuk ini pun secara otomatis tak dapat berfungsi sama sekali. Cara mengetahui jika baterai ini sudah rusak yaitu raket nyamuk benar-benar tidak bisa dicas. Meskipun Anda mencoba mengecasnya, tetapi raket nyamuk ini sama sekali tidak mau menyala lagi. Sayangnya baterai yang sudah rusak ini tidak bisa diperbaiki. Satu-satunya solusi yang bisa Anda lakukan adalah mengganti baterainya dengan yang baru.

Masalah 5 : Senter di Raket Nyamuk Mati

Sebagian besar produk raket nyamuk dilengkapi dengan sebuah senter khusus. Senter ini mempunyai fungsi sebagai sumber cahaya di malam hari. Anda bisa memanfaatkannya saat berburu nyamuk pada malam hari agar lebih mudah untuk menemukan keberadaan nyamuk. Apabila lampu senter pada raket nyamuk Anda sama sekali tidak mau menyala alias sudah mati, maka Anda bisa mencoba memperbaiki senter tersebut dengan mengganti bohlam lampunya. Jika tetap tak mau menyala, Anda bisa mengecek kabel-kabel penghubungnya, lalu melakukan perbaikan terhadap kabel yang mungkin terputus.