Cara Memasang Lantai Granit yang Baik dan Benar Supaya Awet

Granit merupakan salah satu bahan bangunan yang biasa digunakan untuk menutupi struktur lantai. Jika dibandingkan dengan bahan penutup lantai yang lainnya, granit ini mempunyai keunggulan-keunggulan tersendiri. Di antaranya yaitu granit bersifat kuat, keras, dan kokoh, memiliki daya tahan yang bagus dan ketangguhan yang tinggi, serta kilau permukaannya mengkilap sekali. Tidak heran, rata-rata harga granit di pasaran tergolong cukup mahal. Selain dipasang di area lantai, granit juga bisa diaplikasikan di dinding dan perabotan rumah tangga seperti meja, kitchen sink, dan counter top pada kitchen set.

Tetapi pada panduan kali ini, kami hanya akan membahas tentang proses pemasangan granit di struktur lantai bangunan. Pada dasarnya, langkah-langkah kerja yang harus dilakukan tidak berbeda jauh dengan pemasangan lantai keramik kok. Anda perlu membuat landasan berupa lantai semen yang mempunyai permukaan rata terlebih dulu. Kemudian pasanglah lantai granit di atasnya. Kalau mau lebih praktis lagi, Anda dapat memanfaatkan lem perekat khusus untuk granit. Ini merupakan material perekat granit yang sangat mudah digunakan. Hasilnya, lantai granit pun bisa menempel sangat kuat dengan landasannya.

Bagi Anda yang tertantang untuk memasang lantai granit sendiri, silakan Anda dapat mengikuti panduan langka-langkah selengkapnya di bawah ini ya!

PEMBUATAN DASARAN

Pembuatan lantai dasaran ini bersifat opsional artinya Anda tidak perlu membuatnya lagi jika sudah ahli. Adanya dasaran ini berfungsi untuk mempermudah kita dalam memasang lantai granit, terutama untuk memastikan lantai tersebut sudah dipasang dengan rata atau belum. Dasaran ini terbuat dari campuran pasir dan semen dengan perbandingan 3:1. Jadi tidak ubahnya dasaran ini berupa lantai semen. Buatlah lantai semen yang mempunyai permukaan yang benar-benar rata. Kemudian tunggulah sampai lantai ini mengering. Dengan adanya lantas dasaran tersebut, pemasangan granit akan menjadi lebih mudah.

PEMBUATAN PEREKAT

Adukan perekat untuk memasang lantai granit ini biasanya terbuat dari pasir dan semen yang dicampur dengan komposisi 3:1. Adukan tersebut dibuat dengan tekstur yang agak kering dan tidak terlalu lembek sehingga tidak berisiko mengalami penyusutan secara berlebihan kalau sudah kering. Sebagai alternatif, Anda pun dapat menggunakan semen instan yang sesuai standar pabrik. Penggunaan semen instan jauh lebih praktis daripada semen biasa. Jikalau mau lebih praktis lagi, Anda bisa memanfaatkan lem perekat khusus untuk lantai granit. Anda bisa mendapatkannya di www.alatperabotan.com secara online.

TEKNIK PEMASANGAN

Standar ukuran (kepalan) dalam memasang lantai granit ini dimulai dari satu keping  memanjang, bukan melebar. Sedangkan untuk pemasangan lantai granit yang nyaris tidak menggunakan nat dimulai dengan memasang 3 baris secara memanjang terlebih dulu. Adapun arah pemasangan yang benar yaitu dimulai dari sisi bagian dalam menuju ke sisi bagian luar. Artinya adalah Anda harus memasang lantai granit dari area tengah ruangan terlebih dahulu. Lantas dilanjutkan ke tepi hingga menuju ke area pinggir ruangan. Jangan pernah memasang lantai granit ini dimulai dari sisi bagian luar menuju ke sisi bagian dalam sebab akan mengakibatkan hasil pekerjaan Anda menjadi tidak rapi.

PEMASANGAN LANTAI

Adukan perekat lantas diletakkan di permukaan lantai semen yang akan ditutupi granit. Atur sedemikian rupa supaya tumpukan adukan tadi memiliki permukaan yang rata. Jika sudah, sekeliling bagian tepi dari adukan perekat ini dibuang sepanjang 1-1,5 cm untuk mengakomodasi tekanan ke arah samping dari kelebihan adukan tersebut pada saat lantai dipasang dan ditekan permukaannya. Sebelum dipasang, sisi bawah lantai granit ini boleh diberikan adukan perekat yang kental dengan ketebalan yang tipis. Setelah itu, lantai granit tersebut dipasang tepat di atas adukan perekat. Lalu berikan tekanan secara perlahan-lahan untuk memperkuat ikatannya. Kemudian cek kerataan permukaannya menggunakan waterpass.

FINISHING LANTAI

Lantai granit yang baru saja dipasang tidak boleh diinjak terlebih dahulu sampai kondisinya mengering dengan sempurna. Jikalau Anda menggunakan adukan dari campuran semen dan pasir untuk memasang lantai granit ini, maka waktu pengeringan yang dibutuhkan sekitar 4-5 hari. Sedangkan jika pemasangan memakai semen instan, lantai granit akan mengering dalam kurun waktu selama 2-3 hari. Setelah kering, lantai granit ini bisa dibersihkan menggunakan cairan pembersih alami terlebih dahulu. Lantas Anda pun melakukan upaya pemolesan terhadap lantai tersebut. Untuk mempertahankan kilauannya, Anda perlu memelihara lantai tersebut dengan baik.