Step by Step Cara Membuat Kolam Renang Infinity Pool

Rumah yang dilengkapi kolam merupakan impian semua orang. Sayangnya karena budget yang terbatas atau justru ukuran tanah yang terlalu kecil membuat kita tidak bisa membuat kolam pribadi di samping rumah. Untungnya tempat penginapan seperti resort, villa, dan hotel selalu dilengkapi dengan kolam renang khusus. Keberadaan fasilitas berupa kolam renang ini setidaknya dapat mewujudkan impian kecil Anda untuk tinggal di rumah yang mempunyai kolam renang sendiri.

Kini tengah booming desain kolam renang yang dibuat dengan konsep tanpa batas. Beberapa orang juga kerap menyebutnya dengan istilah infinity pool, infinity edge, negative edge, atau zero edge swimming pool. Pada dasarnya, ini merupakan kolam renang yang sengaja dibuat seolah-olah tidak memiliki tepi. Caranya dilakukan dengan mengisikan air ke kolam renang hingga benar-benar penuh, bahkan sampai meluap. Jadi secara visual kolam renang ini akan terlihat tidak punya batas.

Konsep kolam renang infinity pool saat ini sudah banyak diaplikasikan di berbagai tempat penginapan di Indonesia. Tidak hanya di Bali saja, Anda juga dapat menemukannya di berbagai daerah hingga pelosok negeri ini. Ramainya pembuatan kolam renang infinity pool ini didasari karena memang peminatnya ada banyak sekali. Sepertinya tidak sedikit orang yang terpesona, takjub, dan terpukau dengan keindahan kolam renang yang satu ini serta kesan dramatis yang mampu dihadirkannya.

IDE AWAL

Tahukah Anda, kolam renang dengan konsep infinity pool pertama kali diciptakan di Perancis. Perasaan bosan terhadap kolam renang tipe konvensional mendasari awal mula pembuatan sebuah kolam renang yang unik ini. Karena memang kolam renang infinity pool ini begitu indah dan memesona, maka banyak sekali hotel atau resort yang kemudian turut membuatnya. Hingga pada akhirnya gaung kolam renang ini pun sampai ke Indonesia, lantas banyak diadopsi oleh tempat penginapan di sini.

Ide awal pembuatan kolam renang infinity pool yaitu menghadirkan kolam renang yang dapat menyatu dengan alam. Membuat kolam renang yang tersambung langsung dengan sungai, danau, atau laut jelas sulit dilakukan sebab kondisi air di lingkungan alami tersebut tidak selamanya bagus. Kalau perairannya  bersih dan jernih, ide ini tentu dapat diwujudkan dan bakal menjadi mahakarya yang luar biasa menarik. Sayangnya kondisi air di lingkungan alami sekarang ini sudah buruk. Di beberapa tempat, airnya bahkan sudah sangat tercemar.

Maka lahirlah ide pembuatan kolam renang infinity pool yakni kolam renang yang seolah-olah menyatu dengan alam. Kolam renang ini memang tidak menyatu dengan lingkungan alam secara nyata dan fisik. Namun secara visual, kolam renang ini benar-benar nampak menyatu. Kesan ini akan semakin terlihat jelas manakala kolam renang tersebut dibuat di tempat yang cukup tinggi seperti tebing, perbukitan, tepi jurang, pegunungan, dan lain-lain. Tetapi Anda juga bisa kok membuatnya di daerah pantai persis di lokasi dekat laut karena mempunyai pandangan yang luas.

PEMBUATAN

Tata cara pembuatan kolam renang infinity pool tidak ubahnya seperti kolam renang biasa. Jadi kami tak akan membahas secara mendetail mengenai proses pembuatannya. Anda bisa melihat artikel kami yang sebelumnya tentang panduan membuat kolam renang pribadi di rumah. Akan tetapi, ada satu bagian dari kolam renang infinity pool yang tak dimiliki oleh kolam renang biasa. Apakah itu? Bagian ini berupa bak yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung air yang mengalir keluar kolam akibat meluap.

Kolam renang infinity pool wajib dilengkapi dengan bak khusus ini untuk menampung air yang meluap. Sebab kalau air yang keluar kolam ini dibuang percuma, maka bakal terjadi pemborosan air yang sangat banyak. Air akan terus keluar dari kolam renang tersebut sehingga Anda pun harus terus mengisinya. Itu sebabnya, luapan air tersebut mesti ditampung di bak. Bak ini sengaja dibuat lebih rendah sekitar 15-20 cm dari tinggi bibir kolam. Secara otomatis, air yang keluar dari kolam renang akan tertampung di bak.

Tentu saja air yang sudah berhasil tertampung oleh bak akan dipompa untuk dialirkan lagi menuju ke kolam renang. Terdapat dua metode yang digunakan dalam sistem pemompaan air di bak ini. Pertama yakni air akan disaring terlebih dahulu sampai bersih, lalu dialirkan ke kolam renang. Sedangkan kedua yaitu air dari bak akan langsung dipompa menuju ke kolam renang tanpa melalui proses penyaringan. Sehingga sistem kedua ini pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan kolam renang konvensional.

Tentu saja kami lebih merekomendasikan sistem pemompaan air tipe pertama untuk diaplikasikan ke dalam kolam renang infinity pool yang ingin Anda buat. Dengan disaringnya air dari bak terlebih dahulu, maka kebersihan air di kolam renang bakal lebih terjamin. Secara tidak langsung, biaya perawatan air pun dapat dihemat dengan baik. Tapi pembuatan sistem pemompaan air yang dilengkapi dengan filter membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda harus menghitung anggarannya terlebih dahulu.