6 Langkah : Cara Melakukan Kristalisasi Pada Lantai Marmer yang Benar

Marmer pada dasarnya merupakan batu gamping yang sudah mengalami proses metamorfosis. Marmer ini biasanya dimanfaatkan sebagai material untuk penutup lantai serta dinding. Marmer dikenal sebagai material bangunan yang mahal. Pemakaian lantai marmer di suatu ruangan sanggup menciptakan kesan yang begitu anggun, mewah, dan elegan. Bagi Anda yang ingin menciptakan desain rumah yang glamor wajib hukumnya memakai lantai marmer. Dengan digunakannya marmer tersebut, nilai rumah Anda pun secara otomatis akan mengalami peningkatan secara drastis.

Karena merupakan batu alam, awalnya marmer memiliki tampilan yang kusam. Diperlukan upaya-upaya tertentu yang dapat memicu terjadinya proses kristalisasi agar permukaan marmer nampak mengkilap. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mencapai tujuan tersebut. Namun untuk membuat proses kristalisasi lantai marmer ini berjalan dengan cepat dan hasilnya pun maksimal, maka Anda dapat menggunakan bahan-bahan kimia. Anda bisa membeli bahan-bahan untuk mengristalkan lantai marmer tersebut di www.alatperabotan.com dengan harga yang terjangkau.

Setelah Anda berhasil mendapatkan bahan pengkristal lantai marmer ini, kini waktunya bagi Anda untuk mengerjakan proses kristalisasi tersebut dengan sebaik-baiknya. Berikut ini panduan selengkapnya dari Arafuru.com!

ALAT DAN BAHAN :

  • Marble powder
  • Mesin floor polisher
  • Wet and dry vacuum cleaner
  • Pad holder
  • Pad merah
  • Lap majun
  • Tapas
  • Floor squeegee
  • Rantai plastik
  • Kabel sambung
  • Warning sign

LANGKAH KERJA :

Letakkan beberapa warning sign di area pekerjaan untuk memberitahukan kepada orang-orang supaya berhati-hati saat berada di tempat tersebut. Hal ini juga berguna untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan kejadian-kejadian buruk lainnya.

Buat bahan adukan pengkristal marmer yang terdiri atas marble powder dan air. Anda bisa mencampur kedua bahan tersebut dengan komposisi sesuai petunjuk pada kemasan. Aduk campuran ini agar bahan-bahan di dalamnya dapat tercampur secara merata.

Tuangkan adukan pengkristal di atas tepat di permukaan lantai marmer yang akan dikristalkan. Tahapan penuangan adukan sebaiknya dilakukan sedikit demi sedikit. Jangan langsung banyak agar hasilnya pun bisa rapi dan rata. Anda harus melakukannya dengan hati-hati.

Dengan menggunakan mesin floor polisher dan pad merah, Anda bisa memoles lantai marmer mulai dari bagian kiri ke kanan secara rata dan tumpang-tindih. Lakukan penuangan adukan pengkristal dan proses pemolesan marmer tersebut berulang-ulang sampai dihasilkan lantai dengan kilau sesuai keinginan.

Setelah itu, bersihkanlah lantai marmer dengan membilasnya menggunakan air bersih memakai bantuan floor polisher serta pad merah. Kerjakan langkah-langkah pembersihan ini hingga tidak ada lagi sisa-sisa marble powder yang tertinggal di permukaan lantai marmer tersebut.

Untuk mengeringkan permukaan lantai marmer dengan cepat, silakan Anda bisa memanfaatkan vacuum cleaner untuk menghisap air. Lantas Anda bisa memperhatikan hasilnya. Kini lantai marmer pun nampak lebih mengkilap daripada sebelumnya. Lantai Anda terlihat jauh lebih berkilau.

Bagusnya langkah-langkah proses kristalisasi di atas dilaksanakan setelah lantai marmer di rumah Anda sudah di-striping untuk memastikan kondisinya benar-benar bersih. Untuk memperoleh hasil kristalisasi yang maksimal, Anda perlu mengerjakan metode di atas secara berkala minimal setiap setiap 6-8 bulan sekali. Apabila diperlukan, Anda bisa mengaplikasikan dry-buffing setelah proses pekerjaan ini rampung dilaksanakan dengan baik. Dry-buffing ini akan memastikan bahan pengkristal marmer tersebut sanggup terserap secara optimal ke dalam pori-pori lantai marmer.

Perlu diketahui, untuk mendukung keselamatan kerja, Anda wajib memastikan mesin polisher ini dapat berfungsi normal sebagaimana mestinya. Laporkan segera kepada petugas yang berwenang jikalau ada kabel listrik yang terkelupas pada mesin tersebut. Usahakanlah posisi elektrik panel pada mesin ini selalu berada di belakang tubuh Anda agar tetap aman. Sedangkan posisi kabel harus selalu terletak di bagian bahu. Anda juga harus memberi peringatan kepada orang lain untuk menghindari aktivitas berlalu-lalang di atas lantai marmer yang sedang dikristalkan ketika pengerjaan berlangsung.

Setelah dipastikan pekerjaan Anda sudah rampung, tidak ada salahnya memeriksa sekali lagi permukaan lantai marmer tersebut apakah sudah benar-benar bersih dan telah bebas dari marble powder ataukah belum. Kemudian gulunglah kabel mesin floor polisher dan vacuum cleaner tersebut dengan baik. Lantas Anda juga bisa mengembalikan posisi peletakan furniture di ruang tersebut ke tempatnya semula. Dan ingat, bawalah semua peralatan kerja ke tempat pencucian. Anda harus mencucinya sampai bersih, lalu mengeringkannya. Kemudian simpanlah alat-alat ini di gudang dengan baik ya.