Apa itu Kanopi? Inilah Pengertian Kanopi dan Kegunaannya

Berdasarkan pengertian di dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kanopi adalah tirai atau langit-langit dari terpal, kain, logam, dan sebagainya yang terdapat pada teras. Kata kanopi erat kaitannya dengan dunia arsitektur, di mana kanopi merupakan atap tambahan yang umumnya dipasang di luar rumah untuk menghalangi sinar matahari dan air hujan. Pada perkembangannya, kanopi juga dipakai untuk melindungi dari terpaan angin kencang, benda-benda yang jatuh dari atas, serta meningkatkan privasi penghuni rumah.

Biasanya kanopi diaplikasikan pada lingkungan halaman, tempat parkir, garasi, balkon, jendela, dan lain-lain. Disadari atau tidak, kehadiran kanopi ini dapat meningkatkan nilai estetika dari desain rumah yang menggunakannya. Rumah akan terlihat lebih menarik, bergaya, dan elegan dengan keberadaan kanopi yang melengkapinya. Mengenai desain yang mampu ditampilkan tergantung pada model kanopi yang dibuat. Sebab kenyataannya memang sekarang sudah banyak sekali tersedia produk kanopi instan yang bisa Anda pasang dengan mudah.

Ingat, kanopi tidak termasuk bagian dari struktur di dalam konstruksi suatu bangunan. Fitur ini hanya bersifat aksesori semata, di mana pembuatannya tidak mutlak dilakukan. Anda bisa menghadirkan dan membuat kanopi apabila Anda memang merasa membutuhkannya. Perlu Anda ketahui, kanopi ini mempunyai 5 fungsi pokok antara lain :

  1. Melindungi dari Sinar Matahari dan Air Hujan

Fungsi kanopi yang paling utama adalah melindungi suatu area pada bangunan dari pancaran sinar matahari serta air hujan. Wilayah-wilayah yang Anda inginkan supaya tidak terkena sinar mentari ataupun air hujan dapat dipasangi dengan kanopi ini. Contohnya seperti lingkungan carport, tempat parkir, tempat menjemur pakaian, dan sebagainya. Anda bisa menyesuaikan antara ukuran kanopi yang dipasang dengan luas area yang ingin dilindunginya agar pas, tidak menghamburkan biaya, dan tidak merusak desain bangunan.

  1. Menciptakan Suasana Luar yang Lebih Teduh

Adanya kanopi benar-benar mampu menciptakan lingkungan eksterior yang lebih teduh. Hal ini tidak terlepas dari peranannya dalam menghalau datangnya panas dari sinar matahari. Kanopi sangat efektif dalam mengurangi pancaran cahaya mentari secara langsung atau bahkan sampai meniadakanya. Manfaatnya seketika akan terasa langsung, di mana suasana lingkungan menjadi lebih teduh, tidak panas, dan suhu udaranya pun lebih rendah. Sehingga lingkungan tersebut kini terasa lebih nyaman.

  1. Menyempurnakan Desain Eksterior Bangunan

Keberadaan kanopi juga sanggup menyempurnakan desain bangunan yang tengah Anda buat, khususnya dari segi eksteriornya. Desain eksterior bangunan dengan kanopi membuatnya tampil semakin sempurna. Penampilan luar bangunan tersebut tidak kelihatan kosong, datar, ataupun membosankan. Adanya kanopi membuat desain eksterior bangunan ini bersifat lebih dinamis. Apalagi pada bagian teras dan jendela yang memang paling banyak menggunaka kanopi. Kanopi mampu menghadirkan kesan elegan, berkelas, dan mewah.

  1. Membuat Area Baru dengan Budget Hemat

Tanpa Anda sadari, kanopi mampu bertindak sebagai partisi visual atau partisi bayangan. Kanopi ini dapat memisahkan suatu ruangan dari segi tampilannya. Misalnya kalau sebagian area di halaman depan rumah Anda ditutupi memakai kanopi, maka halaman tersebut akan langsung berkembang menjadi dua ruangan yang berbeda. Keuntungan ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat ruangan yang baru dengan anggaran biaya yang lebih hemat. Anda cukup membuat kanopi untuk menciptakan ruangan yang baru.

  1. Mencegah Tumbuhnya Rumput di Halaman

Rumah dengan taman yang indah di depannya merupakan idaman semua orang. Apalagi kalau di dalam taman tersebut tumbuh hamparan rumput berwarna hijau segar yang subur. Tetapi merawat rumput memang tidak semudah merawat tanaman hias karena rumput mempunyai tingkat pertumbuhan yang cepat sekali. Nah, bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengendalikan pertumbuhan rumput di taman, sebaiknya cegah kemunculan rumput-rumput tersebut. Salah satu caranya dengan memasang kanopi di bagian atasnya.