5 Langkah Mudah : Cara Pasang Frame Pintu Aluminium Sendiri dengan Benar

Frame aluminium adalah frame yang terbuat dari bahan aluminium. Frame ini tengah menjadi tren terutama di beberapa perkotaan di Indonesia lantaran kesan yang dimilikinya mampu menghadirkan suasana modern dan minimalis yang elegan. Frame aluminium juga terkenal awet, anti rayap, dan tidak mudah keropos. Selain itu, frame yang biasanya berwarna abu-abu ini juga tidak memerlukan finishing yang rumit serta perawatannya pun mudah sekali.

Frame aluminium dipasang setelah proses pembuatan dinding selesai. Pada dasarnya, langkah kerja pelaksanaan pemasangan frame aluminium cukup sederhana. Seluruh prosesnya bisa dikerjakan oleh Anda sendiri, bahkan walaupun Anda masih termasuk seorang pemula. Faktor yang paling penting untuk diperhatikan ialah ketelitian dan kecermatan yang tinggi mengingat material aluminium cukup rentan terhadap goresan benda-benda yang keras dan tajam.

Apakah Anda tertarik ingin memasang frame aluminium sendiri? Silakan ikuti panduannya dari Arafuru.com sebagai berikut!

Langkah 1 : Persiapan Awal dan Pengecekan

Sebelum frame aluminium dipasang pada tembok, pastikan terlebih dahulu dinding tersebut sudah benar-benar rampung dan dipasangi plester. Periksa juga apakah bagian sudut dinding telah rapi, terutama pada bagian yang bakal ditempeli frame. Jika memungkinkan, ukur kembali frame untuk menyesuaikannya dengan lubang dinding yang diperlukan. Sebaiknya berikan tanda pada sisi frame dan dinding yang sama untuk memudahkan Anda dalam mencocokannya nanti.

Langkah 2 : Penghalusan Bagian dalam Dinding

Kenapa bagian dalam dinding perlu dihaluskan? Tujuannya adalah supaya bagian tersebut memiliki permukaan yang rapi dan lurus sehingga frame pun bisa melekat dengan sempurna. Penghalusan dilakukan dengan memberikan plester pada bagian ini, kemudian diaci hingga teksturnya presisi dan simetris. Usahakan ukuran lubang dinding ini tidak sama persis dengan ukuran frame, tetapi diberikan kelonggaran sekitar 5-10 mm untuk mempermudah Anda dalam memasukkan frame ke dalam lubang dinding.

Langkah 3 : Pembuatan Lubang Pengikat

Buat lubang pemasangan sekrup fischer pada sisi dinding bagian dalam menggunakan mesin bor. Letakkan frame pada lubang dinding sesuai dengan tanda yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian berilah tanda pada frame tersebut tepat pada titik di mana sekrup fischer akan dipasang. Tentunya tanda pada frame ini harus berada dalam posisi yang benar-benar lurus dengan lubang pada dinding tadi sehingga sekrup fischer pun bisa dipasang dengan benar.

Langkah 4 : Pemasangan Frame Aluminium

Saatnya untuk memasang frame aluminium. Caranya mudah sekali, Anda tinggal menaruh frame tersebut pada lubang dinding yang sesuai. Kemudian pasang sekrup fischer yang akan menahan kedudukannya dengan memakai mesin bor. Biar kelihatan rapi, berikan penutup karet pada sekrup tersebut lalu potong bagian karet yang menonjol keluar permukaan frame.

Langkah 5 : Pemasangan Pintu dan Jendela

Tidak terlalu sulit untuk memasang pintu dan jendela sebab umumnya kedua elemen bangunan tersebut sudah dibuat sepaket dengan frame aluminium. Jadi ukuran seluruhnya pun dapat dipastikan benar-benar pas. Ingat untuk memasang pintu dan jendela ini, Anda membutuhkan engsel yang selanjutnya ditanamkan pada salah satu sisi frame. Jangan lupa juga untuk melengkapinya dengan pengait dan kunci agar keamanan rumah Anda senantiasa terjamin.