3 Cara Membuat Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang Penyangga

Kanopi dapat dibuat menggunakan berbagai macam bahan bangunan. Salah satunya yaitu baja ringan. Kalau dibandingkan material yang lainnya, baja ringan mempunyai keunggulan yaitu strukturnya kokoh, lebih awet, dan bobotnya pun ringan. Oleh karena itu, material ini cocok sekali dipakai untuk membuat kanopi. Kanopi baja ringan ini biasanya dibuat pada rumah-rumah yang mengusung konsep modern dan minimalis. Anda juga mungkin tertarik untuk membuatnya sendiri?

Biasanya kanopi dibuat di halaman, tempat parkir, dan jendela. Kanopi berguna untuk menghalau sinar matahari dan air hujan. Sehingga area yang dilengkapi dengan kanopi di bagian atasnya ini akan terasa lebih nyaman. Apabila Anda ingin membuat kanopi dari baja ringan, rencanakanlah desainnya seefektif mungkin. Pastikan keberadaan kanopi tersebut tak mengganggu kegiatan di bawahnya. Sering kali tiang yang menyangga kanopi ini justru menghalangi lalu lalang manusia.

Tiang penyangga kanopi yang diletakkan di tempat yang tidak tepat justru akan mengganggu aktivitas di bawahnya. Contohnya yaitu tiang yang berada di tengah jalan, bagian tengah kanopi, jumlah tiang yang terlalu banyak, tiang yang menghalangi jalur masuk, dan lain sebagainya. Di sinilah pentingnya pekerjaan perencanaan. Anda mesti membuat rencana terlebih dahulu terkait desain teralis sebelum benar-benar mewujudkannya ke dalam bentuk yang nyata. Ini merupakan langkah yang penting.

Kalau mau, Anda dapat membuat kanopi tanpa tiang penyangga loh. Walaupun kelihatannya mustahil dilakukan, tetapi kanopi tanpa tiang ini kenyataannya bisa benar-benar dibangun. Sebenarnya kanopi ini tidak betul-betul dibuat tanpa menggunakan penyangga sih. Tiang di bagian bawahnya memang sengaja kita tiadakan. Sebagai gantinya, Anda bisa membuat penyangga di bagian atas atau samping. Sehingga dapat dipastikan kalau tiang tersebut tak akan mengganggu.

Silakan Anda dapat mengikuti 3 trik di bawah ini untuk membangun kanopi yang tidak menggunakan tiang penyangga di bagian bawahnya. Kami pastikan kalau kanopi tersebut akan tetap aman.

Solusi pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat kanopi tanpa memakai penyangga di bawahnya yaitu Anda bisa memasang tiang ini menempel ke dinding di bawahnya. Silakan Anda perhatikan dengan baik gambar di atas. Dapat kita lihat kalau sebenarnya kanopi ini tetap menggunakan tiang. Cuma semua tiang memang sengaja dipasang menyamping, menempel ke dinding, dan bertumpu pada kolom. Trik ini bisa Anda gunakan asalkan bentangan kanopinya tidak terlalu panjang ke depan, tidak boleh bertumpu pada dinding melainkan kolom, serta struktur kolomnya sangat kokoh.

Trik yang kedua adalah membangun kanopi dengan penyangga di bagian atasnya. Bentuk penyangga ini bisa bermacam-macam. Namun yang paling sering digunakan yaitu tali baja yang memang mempunyai struktur yang kuat sekali. Tali baja ini diikatkan pada kanopi lalu bertumpu pada kolom. Pilihlah tali baja dengan spesifikasi yang sesuai dengan berat kanopi yang harus ditanggungnya. Lantas tali baja ini dapat Anda pasang pada titik-titik yang tepat pada kanopi. Agar posisi kanopi tetap stabil, tidak mudah goyah, dan sulit diterbangkan oleh angin, rangka kanopi yang dipakai harus benar-benar kuat.

Untuk trik ketiga, Anda bisa membangun pelat lantai yang sengaja dibuat menjorok ke depan. Nah, sisa pelat lantai yang ada di luar bangunan inilah yang dimanfaatkan untuk dimodifikasi lebih lanjut sebagai kanopi. Struktur pelat lantai ini tentunya sudah kokoh sekali sehingga tidak dibutuhkan penambahan tiang apapun untuk menyangganya. Kanopi tadi sudah tersambung dengan pelat lantai yang tertanam di dalam bangunan. Jadi bagian pelat lantai yang tertanam di dalam gedung yang bertugas untuk menjaga posisinya. Posisi kanopi ini pun sudah stabil tanpa perlu menggunakan tiang lagi.