Mengatur Dapur Mini agar Rapi, Wangi, dan Tidak Pengap

Ketika ingin mengatur ruang dapur mini, apakah Anda sering menjumpai masalah yang tak terpecahkan? Apakah itu? Dapur yang berukuran mini mungkin saja memiliki masalah yang sangat kompleks. Silakan perhatikan kami dalam mengatasi masalah-masalah tersebut serta membuat semuanya terlihat begitu menarik. Masalah utama yang harus diatasi saat mendekorasi dapur mini adalah ruangannya. Ukuran ruangan di dapur mini yang sangat sempit menjadi tantangan tersendiri di sini. Anda harus berhasil menciptakan kesan ruangan yang terlihat lebih luas daripada ukuran sebenarnya.

Rata-rata rumah modern serta rumah minimalis dilengkapi dengan sebuah dapur yang berukuran mini. Tujuannya untuk melakukan penghematan terhadap area kerja di dapur dan memaksimalkan ruangan-ruangan yang lainnya. Meski demikian, dapur di rumah modern minimalis ini tetap nampak begitu indah karena didesain dengan sangat apik. Tugas utama Anda di sini yaitu mengatur dapur mini tersebut agar mempunyai nuansa yang terlihat lapang dan lega. Sehingga walaupun ukuran ruangannya cukup kecil, tetapi dapur mini ini tetap terasa nyaman. Marilah kita mulai secara langsung.

Langkah pertama yang kami lakukan adalah mengganti warna cat dinding menjadi lebih cerah. Ingatlah, cahaya yang dipantulkan oleh warna cerah juga berperan dalam pembentukan kesan ruangan. Warna ini sanggup melipatgandakan cahaya di suatu ruangan sehingga terlihat lebih luas. Jenis warna cerah yang dipilih sebaiknya warna yang dapat membangkitkan semangat kerja dan selera makan. Sebagai contoh yaitu pilihlah warna kuning, merah, oranye, dan biru. Hindari menggunakan warna hijau dan turunannya karena warna ini bisa menimbulkan suasana dapur yang terlalu santai.

Khusus untuk warna putih sendiri, kami tak menganjurkannya untuk digunakan sebagai warna dominan di dapur yang mini. Anda sebaiknya memilih warna lain terlebih dahulu sebelum putih. Mengapa? Hal ini bertujuan agar desain dapur ini terlihat lebih trendi denga warna-warni yang menarik di dalamnya. Kami memakai warna ini sebagai warna aksen dapur untuk membuat tampilan dinding lebih dinamis. Warna putih memang mampu menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Akan tetapi, di sisi yang lain warna tersebut nampak biasa-biasa saja dan membosankan kalau terlalu banyak.

Langkah berikutnya yaitu kami memasukkan berbagai peralatan memasak dan perabotan penting yang berguna di dapur. Fokuslah pada barang-barang yang mempunyai fungsi dan berguna dengan maksimal di dalam ruangan ini. Contoh perabotan-perabotan yang kami maksud ini meliputi kompor gas, kulkas, wajan, rak piring, lemari kabinet, dan peralatan makan. Untuk rak piringnya sendiri, pilihlah rak yang kecil agar bisa diletakkan di atas kabinet tepat di samping water sink. Sedangkan wajan dan peralatan masak lainnya kami berikan gantungan tersendiri yang diatur secara berjejer di dinding.

Jangan lupa untuk memasang sebuah rak kecil sebagai tempat untuk meletakkan bumbu-bumbu dapur. Sebaiknya pilihlah rak yang bertingkat supaya penghematan ruangan bisa dilakukan lebih maksimal. Di depan rak ini, Anda masih bisa menggantungkan papan tulis di dinding lawannya apabila diperlukan. Di sini Anda bisa membuat memo, catatan, atau pengingat untuk anggota keluarga yang lainnya. Tentu saja keberadaan papan tulis ini dapat berguna secara maksimal, khususnya bila Anda sekeluarga merupakan orang-orang yang memiliki mobilitas yang tinggi.

Tidak lupa kami juga sudah membangun sebuah jendela sebelumnya agar suasana di dalam dapur akan terasa lebih segar serta mampu menyatu dengan lingkungan yang berada di luar rumah. Untuk desain jendelanya, kami memilih jendela yang berjenis casement windows karena desain ini memungkinkan udara dan sinar matahari yang dapat memasukinya bisa lebih maksimal. Adapun untuk warna kusen pada jendelanya, kami lebih memilih cat berwarna putih. Jendela berwarna putih terlihat lebih modern dan eye-catching daripada jendela yang warnanya cokelat kayu.

Kami cek sekali lagi hasil pekerjaan di dapur tersebut. Setelah semuanya dipastikan sudah beres, tidak lupa kami mengingatkan kepada pemilik rumah untuk selalu menjaga kerapian di dalam dapur ini. Cukup dengan menjaga kerapiannya saja sebenarnya, Anda sudah bisa memiliki sebuah dapur mini yang cantik di rumah pribadi. Dapur yang senantiasa bersih ini tidak hanya memungkinkan seluruh penghuni rumah bisa hidup dengan sehat, tetapi kesan sebuah dapur mini yang berkelas juga bisa tetap dipertahankan di dalamnya. Jadi, sekarang giliran Anda untuk mencoba mengaturnya sendiri!