Bagaimana Tips agar Rumah Terasa Nyaman?

Fungsi utama rumah adalah memberikan kenyamanan kepada seluruh penghuninya. Rumah dengan desain bagus sekalipun, tidak akan berarti apa-apa jika suasana di dalamnya malah tidak menyenangkan.

Pemilihan Warna

Warna berpengaruh besar terhadap bagaimana suasana rumah akan tercipta. Masing-masing warna memiliki karakternya sendiri. Ini berarti setiap warna juga cocok digunakan untuk ruangan tertentu saja. Sebagai contoh, kamar tidur memerlukan suasana yang intens. Karena itulah dipilih warna berjenis gelap. Sebaliknya, dapur dan kamar mandi lebih pas dihiasi dengan warna terang agar mampu menyambut siapapun yang masuk ke ruangan ini.

Warna yang baik juga harus mampu menginspirasi dan menstimulasi otak penglihatnya. Contohnya, seperti warna hijau yang mampu menciptakan kesan santai dan oranye untuk meningkatkan rasa kreatif. Warna-warna seperti ini akan menciptakan kesan pertama yang sangat cantik di dalam rumah tersebut.

Jangan Terpaku Pada Aturan

Banyak orang yang mengatakan bahwa peraturan dibuat untuk dilanggar. Rasanya pendapat ini akan pas jika diberlakukan untuk peraturan di ilmu tidak pasti, seperti saat mendesain rumah. Misalnya saja, aturan tentang sofa yang harus ada di ruang tamu. Apabila ukuran ruangan yang dimiliki sempit, tentu penambahan sofa ini justru membuat ruang tamu menjadi tidak nyaman. Solusinya, anda masih bisa menciptakan ruang tamu yang sempurna tanpa sofa dengan menambahkan karpet yang sebelumnya telah disesuaikan. Begitu juga dengan pendapat, keharmonisan elemen furniture itu penting. Akan berbeda jika anda menyukai suasana yang terlihat dinamis. Maka penataan furniture berpola asimetris justru membuat rumah anda terasa lebih nyaman.

Sedikit Tapi Berkesan

Penggunaan furniture yang sedikit akan menguntungkan anda karena mudah dalam menatanya. Sebaliknya, penambahan aneka pernak-pernik yang tidak diperlukan justru membuat interior tampak seperti di pameran galeri. Akan tetapi, hal ini bukan berarti kami menyarankan anda untuk selalu menciptakan interior bergaya minimalis dengan furniture sedikit. Melainkan, cobalah mengutamakan sisi kenyamanan dalam proses mendesain ruangan tersebut. Hal ini juga terkait dengan ruang gerak yang harus disediakan pada masing-masing ruangan.

Koleksi Pribadi

Memamerkan koleksi pribadi juga bisa meningkatkan kenyamanan di dalam rumah anda. Misalnya, jika anda hobi mengumpulkan miniatur mobil, pajanglah koleksi-koleksi tersebut di rak-rak dinding dengan lokasi strategis. Begitupula jika anda hobi merajut benang, gunakanlah rajutan anda sebagai pemanis ruangan. Namun ingat, penataan benda-benda koleksi anda harus dilakukan dengan rapi. Jadikanlah aksesoris ini sebagai titik fokus ruangan yang tampak manis.

Kombinasi Desain

Saat ini, ada banyak sekali aliran desain yang sudah diciptakan. Sebut saja desain tradisional, etnik, minimalis, klasik, modern, elegan, dan sebagainya. Jika anda bosan dengan desain-desain di atas, coba saja untuk mengkombinasikan satu dengan lainnya. Sebagai contoh, jika anda merasa tidak nyaman dengan kesan kaku pada rumah anda yang bergaya modern, cobalah menambahkan furniture-furniture klasik ke dalamnya. Alhasil, rumah pun berubah gaya menjadi modern klasik. Cara ini akan menghapus suasana membosankan di interior rumah anda.