9 Tips Memilih Motif dan Jenis Keramik Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan ruangan yang kondisinya selalu basah. Oleh karena itu, Anda pun memerlukan material pelapis lantai yang bersifat khusus. Anda membutuhkan sebuah bahan pelapis lantai yang bisa memastikan Anda sekeluarga tetap aman berada di dalam kamar mandi meskipun lingkungannya basah. Sebenarnya Anda juga boleh menggunakan keramik untuk ruangan ini kok. Namun keramik yang dipilih harus mempunyai spesifikasi khusus. Memilih keramik yang tepat untuk kamar mandi memang terbilang gampang-gampang susah. Salah-salah ruangan ini justru akan menjadi tempat yang berbahaya.

Anda harus memilih keramik untuk kamar mandi ini dengan bijaksana. Ingatlah baik-baik, kamar mandi mempunyai kondisi yang berbeda daripada ruangan-ruangan lainnya di rumah Anda. Semestinya Anda memilih keramik yang bisa mengantisipasi kelemahan pada kamar mandi. Bukan lain yaitu keramik yang dapat memastikan kondisi lantai di ruangan ini tidak licin. Dengan demikian, lantai tersebut bisa menjadi penyempurna dari desain kamar mandi. Untungnya sekarang sudah banyak keramik yang memang bisa dipasang di dalam kamar mandi. Anda dapat menggunakan lantai ini saat hendak memilihnya.

Memilih keramik untuk kamar mandi memang cukup menantang. Anda harus memilihnya dengan tepat agar keramik tersebut mampu berfungsi dengan baik. Keramik ini tak hanya dapat memperindah desain ruangan saja, tetapi juga bisa mendukung keamanan dan kenyamanan suasana rumah tersebut. Silakan Anda dapat mengikuti kiat-kiat di bawah ini saat memilih keramik untuk kamar mandi.

Keramik Bertekstur untuk Pilihan Utama

Kamar mandi mesti menggunakan keramik yang didesain secara khusus. Jenis keramik yang cocok untuk dipakai di ruangan ini adalah keramik bertekstur. Dinamakan demikian karena jenis keramik ini memang memiliki tekstur di permukaannya. Tidak seperti keramik biasanya yang mempunyai permukaan yang begitu licin, keramik bertekstur ini memiliki tekstur yang kasar berkat adanya guratan-guratan halus di bagian permukaannya. Sehingga kita pun dapat berpijak dengan aman di atasnya. Walaupun kondisi di atas keramik ini basah, keramik bertekstur ini tetap tidak akan menjadi licin.

Pilih Keramik yang Tidak Mudah Rembes

Menggunakan keramik untuk melapisi lantai serta dinding kamar mandi merupakan pilihan yang tepat. Apalagi dengan begitu banyaknya motif, bentuk, dan ukuran keramik membuat Anda lebih leluasa dalam memilihnya. Terlebih kalau Anda menerapkan keramik dengan motif yang menyerupai batu alam, kamar mandi pun seketika terasa natural. Namun ingat, pastikanlah Anda menambahkan bahan waterproofing saat membuat adukan semen untuk memasang keramik di kamar mandi agar bagian lantai serta dinding ruangan tersebut tidak gampang rembes oleh air.

Pastikan Keramik Tidak Gampang Licin

Seperti kita tahu, kamar mandi adalah tempat berkumpulnya air yang mampu menyebabkan permukaan keramik berlumut. Kalau kondisinya basah, keramik dengan tingkat glossy tinggi yang paling mudah licin. Tentu masalah ini sangat erat kaitannya dengan aspek keamanan di dalam kamar mandi, di mana lantai keramik yang licin ini bisa menyebabkan seseorang yang melangkah di atasnya tergelincir jatuh. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih keramik yang tidak begitu mengkilat. Jika memungkinkan, pilihlah model keramik yang bertekstur seperti saran sebelumnya. Ini merupakan keramik yang paling aman.

Hindari Keramik untuk Kamar Mandi Uap

Apabila kamar mandi di rumah Anda sudah dilengkapi dengan sistem penguapan, sebaiknya Anda tidak menggunakan keramik sebagai pilihan lantai dan dinding. Apa sebabnya? Karena perubahan suhu yang drastis pada kamar mandi dapat menyebabkan material keramik ini cepat retak dan pecah. Pilih material lain yang lebih tahan terhadap perubahan suhu, seperti marmer dan granit. Keramik benar-benar sangat tidak cocok diterapkan pada kamar mandi beruap. Kalau Anda memaksakan diri, maka keramik tersebut akan cepat rusak. Berbeda dengan granit atau marmer yang relatif lebih aman untuk ruangan ini.

Warna Putih yang Paling Difavoritkan

Walaupun tergolong sebagai warna netral, sampai saat ini warna putih merupakan warna yang paling difavoritkan untuk lantai kamar mandi. Warna putih ini sanggup menciptakan tingkat kebersihan yang tinggi sekaligus membuat kamar mandi Anda terlihat mewah. Sedangkan untuk pilihan warna keramik yang kedua jatuh pada warna biru. Mengapa warna biru? Biru sangat identik dengan air dan langit yang jernih. Sehingga kamar mandi berkeramik biru ini akan terasa lebih segar dan alami. Selain itu, Anda juga dapat mengaplikasikan keramik berwarna cokelat untuk menciptakan kesan yang elegan.

Pilihlah Corak yang Sesuai Selera Anda

Tidak ada aturan yang mengikat untuk pilihan corak keramik di kamar mandi. Semuanya tampak bagus. Sehingga pilihan corak keramik ini bisa ditentukan berdasarkan selera Anda sekeluarga. Sebagai contoh, jikalau Anda menyukai corak kayu, maka pilihlah keramik yang mempunyai corak kayu. Memang keramik dengan corak bergambar motif kayu ini sekarang sedang tren. Jadi Anda dapat menggunakannya supaya desain kamar mandi di rumah tetap terlihat bergaya. Inilah kelebihan utama dari keramik. Anda sanggup menemukan berbagai motif tiruan di keramik, mulai dari kayu hingga batu sekalipun.

Keramik Mozaik untuk Bidang Miring

Cobalah mempertimbangkan penggunaan keramik mozaik untuk bidang di kamar mandi yang bentuknya miring seperti di sekitar pancuran. Pasalnya keramik mozaik ini tampak sangat indah ketika diaplikasikan pada bidang tersebut. Selain itu, keramik mozaik ini juga lebih mudah dipasang pada area yang tak rata. Biasanya sih keramik mozaik paling tepat digunakan pada ruangan yang bergaya klasik khas Yunani atau Romawi. Pemakaian keramik ini benar-benar mampu memperindah suasana di dalam ruangan sekaligus mengangkat nilai ruangannya. Kamar mandi tersebut akan terlihat lebih mewah dan megah.

Keramik Besar untuk Kamar Mandi Kecil

Salah satu ilusi desain yang bisa Anda ciptakan dengan keramik adalah menerapkan keramik berukuran besar di dalam kamar mandi kecil. Hal ini bertujuan supaya tercipta kesan yang lebih luas akibat sedikit sambungan nat yang terlihat. Semakin sedikit sambungan yang tampak, maka ruangan pun akan terasa semakin luas. Ini merupakan salah satu trik dekorasi ruangan yang banyak digunakan saat mendekorasi interior rumah. Anda bisa memanfaatkan ubin-ubin keramik yang berukuran besar seperti keramik 50 x 50 cm ke atas. Niscaya kamar mandi yang kecil pun akan terlihat seolah-olah begitu luas.

Keramik Kecil untuk Dinding Kamar Mandi

Sementara itu, kalau Anda tertarik membuat kamar mandi bernuansa Eropa, caranya simple sekali. Anda cukup melapisi seluruh dinding ruangan tersebut menggunakan potongan-potongan keramik berukuran kecil. Berbeda dengan sebelumnya, potogan-potongan keramik yang berukuran kecil justru cocok sekali tatkala diaplikasikan pada bagian dinding kamar mandi. Hasilnya adalah desain kamar mandi pun terlihat jauh lebih elegan dan bergaya. Di sini Anda dapat menggunakan motif keramik dengan pola yang sama, atau keramik dengan gaya mozaik untuk menciptakan pesona yang lebih menarik.