8 Inspirasi Sederhana untuk Dekorasi Ruang Tamu Mungil yang Menarik

Tak sedikit orang yang mengaku kesulitan dalam menata ruang tamunya yang berukuran mungil. Di sini memang Anda harus mendesain ruangan dengan hati-hati mengingat ukurannya yang sempit. Anda tak boleh asal-asalan dalam mendekorasi ruangan tersebut karena dapat menyebabkan suasananya justru semakin sempit. Bahkan apabila memungkinkan Anda bisa menciptakan ruang tamu yang terlihat lebih luas daripada ukuran yang sebenarnya. Dengan demikian, Anda sekeluarga dan juga para tamu mampu merasakan kenyamanan yang berlebih saat berada di dalamnya.

Ukuran ruang tamu yang mungil bukanlah hambatan bagi kita untuk mendesainnya supaya nyaman dan menarik. Bukti nyatanya terdapat pada ruang tamu di apartemen, khususnya apartemen bertipe studio. Walau interior di apartemen studio itu kecil sekali, tetapi semua sudutnya nampak begitu menarik dan bergaya karena didesain dengan baik. Begitu pula dengan desain ruang tamu di sini pun terlihat sangat elegan dan berkelas. Jadi pada dasarnya ukuran bukanlah hambatan bagi Anda untuk mempunyai ruang tamu yang eye-catching. Anda tetap bisa mendesainnya dengan indah.

Guna mempermudah Anda dalam mendekorasi ruang tamu yang ukurannya mungil, kami akan berbagi inspirasi-inspirasi seputar ruang tamu yang mempunyai desain sungguh menarik. Meskipun ruang tamu ini berukuran kecil, tetapi tampilannya benar-benar terlihat bergaya sekali.

Ruang tamu yang berukuran kecil umumnya terasa begitu sempit. Apalagi kalau ruang tamu tersebut tak dilengkapi dengan jendela, suasana ruangannya pasti akan terasa pengap sekali. Guna mengatasi hal ini, solusinya Anda bisa membuat sebuah focal point menggunakan cermin. Kenapa harus cermin? Sifat cermin yang mampu memantulkan bayangan dan cahaya mampu menciptakan kesan seolah-olah ruang tamu tersebut terasa lebih luas dari ukuran yang sebenarnya. Dengan adanya cermin yang cukup besar di dalam ruang tamu, maka suasana interior akan terlihat lebih lapang.

Berkat kesederhanannya, penataan interior berpola simetris sangat pas ketika diterapkan di ruang tamu yang mungil. Anda dapat mencobanya sendiri dengan menaruh sofa model love seat yang dilengkapi bantal hias ke dalam ruangan ini. Selanjutnya Anda bisa menambahkan dua meja kecil di kedua samping sofa tersebut. Tak lupa lampu meja akan mempermanis tampilan meja. Sebagai penyempurnanya, meja kopi bergaya ottoman sangat cocok tampil di deretan paling depan. Anda juga bisa memasang wallpaper dinding sebagai background untuk membuat ruang tamu bersifat dinamis.

Anda mesti memperbanyak penggunaan media penyimpanan di ruang tamu yang ukurannya mungil ini. Dengan demikian Anda dapat selalu meletakkan barang-barang yang tidak terlalu berguna di sudut yang tersembunyi. Tujuannya untuk menghilangkan kesan ruangan terlihat menumpuk dan berantakan. Salah satu contohnya yaitu Anda dapat memaksimalkan keberadaan meja kopi sekaligus juga sebagai tempat penyimpanan barang. Anda bisa menghadirkan meja kopi yang unik berbentuk peti, di mana permukaan atasnya bisa dibuka-tutup dengan mudah. Hal ini pula memungkinkan daya tampung meja menjadi lebih besar.

Untuk ruang tamu dengan bentuk mungil, tentu pilihan tempat duduk yang cocok adalah sofa berukuran kecil. Namun sebenarnya Anda tak mesti harus memiliki sofa yang kecil sekali sehingga membuat orang-orang yang duduk di atasnya merasa kurang nyaman. Saran kami adalah pilihlah sofa yang mempunyai ukuran proporsional sesuai dengan ukuran ruang tamu. Begitupun dengan bentuknya, usahakan pilihlah sofat tanpa headboard karena sandaran punggung ini hanya akan menghalangi dinding, serta membuat suasana interior ruang tamu tersebut terasa semakin kecil dan sempit.

Pada inspirasi kelima ini, Anda disarankan untuk memilih perabotan penyusun ruang tamu yang terbuat dari material kaca. Mengapa kami merekomendasikan furniture kaca? Sebab sifat tembus pandang pada material kaca ini akan memberikan kesan seolah-olah furniture tersebut tidak ada di dalam ruang tamu. Sehingga keberadaan furniture ini tidak menyesaki ruangan. Cobalah Anda memilih furniture dari bahan kaca akrilik pada permukaan meja atau kaki-kaki kursi untuk membuatnya nampak stylish dan modern. Penambahan bantal hias akan menghangatkan furniture kaca sehingga tampilannya tidak kaku.

Keberadaan tumbuhan di ruang tamu yang mungil ternyata juga sangat bermanfaat. Tanaman-tanaman ini tak hanya akan menyegarkan suasana ruang tamu, tapi juga berfungsi sebagai pembuat kesan seolah-olah interior ruang tamu berada di lingkungan yang terbuka. Hasilnya ruangan pun terlihat lebih lapang. Selain itu, warna hijau pada tanaman ini juga mampu membuat dekorasi ruang tamu terlihat begitu unik sekaligus menghadirkan perasaan yang begitu mendalam. Pilihlah tanaman dengan bentuk proporsional sesuai ruang yang tersedia, kemudian letakkan di sudut yang paling tepat.

Jumlah furniture yang berada di dalam ruang tamu juga berpengaruh besar terhadap dekorasi ruangan. Anda harus memahami bahwa setiap furniture yang ada di dalam ruangan tersebut membutuhkan area khusus sebagai tempat peletakannya. Mengingat ukuran ruang tamu di rumah Anda cukup mungil, maka batasilah jumlah perabotan yang digunakan. Jangan penuhi ruang tamu Anda dengan kursi-kursi atau aksesori yang sebenarnya tak terpakai. Anda mesti menggunakan barang yang memang dibutuhkan saja. Contohnya Anda bisa meakai satu sofa love seat, satu ottoman, dan sebuah coffe table.

Pada gambar inspirasi di atas membuktikan bahwa tata letak furniture di ruangan berpengaruh besar terhadap kondisi ruang tamu. Meskipun ukurannya besar, Anda bisa menaruh sofa love seat menempel ke dinding kok. Kemudian Anda bisa membiarkan ottoman dan coffe table tetap berada di tengah ruang tamu supaya suasananya tidak kelihatan membosankan. Bagaimanapun juga ruangan yang dinamis akan terlihat lebih bergaya. Bagian pentingnya dalam menata ruang tamu mungil adalah usahakan penataan furniture di dalamnya tidak mengganggu aktivitas di ruang tamu tersebut.