Jangan Bingung, Cobain 5 Tips Menata Rumah Mungil Ini Agar Nyaman

Mempunyai rumah tinggal yang berukuran mungil bukanlah sebuah alasan bagi Anda untuk tidak dapat menjadikannya sebagai tempat istirahat yang nyaman dan menenangkan. Sebab kenyataannya memang rumah mungil juga bisa ditata sedemikian rupa supaya mempunyai suasana yang nyaman, serta mampu membuat para penghuninya betah tinggal berlama-lama di dalamnya. Anda tak boleh berkecil hati pada rumah tersebut. Justru ukuran rumah yang mungil akan mempermudah Anda dalam menatanya supaya memiliki desain dan suasana yang sesuai keinginan Anda sekeluarga.

Contoh nyatanya adalah pada apartemen studio. Walaupun ukurannya super mungil, namun interior di dalam apartemen studio ini pun dapat ditata dengan sangat menarik. Hasilnya ialah apartemen tersebut terasa sangat nyaman dan juga memiliki desain yang indah. Begitu pula dengan rumah Anda, meskipun rumah tersebut berukuran mungil, namun percayalah kalau Anda tetap bisa menatanya supaya tampil cantik, menarik, dan terasa nyaman. Kunci utamanya yaitu Anda harus mempelajari bagaimana caranya menata rumah mungil yang tepat, lalu mengaplikasikannya di rumah.

Satu lagi yang perlu Anda perhatikan ketika Anda ingin menata rumah mungil Anda yaitu cobalah Anda berdiskusi dengan seluruh anggota keluarga tentang desain interior rumah tersebut. Sehingga nantinya akan tercipta keselarasan yang seimbang antara nuansa rumah yang baru dengan rasa nyaman dari para penghuninya. Kami sendiri mempunyai kiat-kiat yang bisa Anda gunakan untuk menata rumah mungil, di antaranya :

Manfaatkan Interior Rumah Secara Efektif

Maksud dari memanfaatkan interior rumah secara efektif ialah Anda harus menggunakan benda-benda yang memang dibutuhkan saja. Sedangkan benda-benda yang sebenarnya tidak Anda perlukan jangan ditempatkan di dalam rumah sebab hanya akan menyesaki ruangan saja. Anda juga mesti menempatkan benda-benda yang jenisnya sama di dalam suatu bidang tersendiri. Upayakan pula semaksimal mungkin untuk memanfaatkan ruangan-ruangan kosong yang lokasinya strategis. Misalnya seperti area di bawah tangga sebagai gudang untuk menyimpan barang perkakas atau pembuatan kamar mandi.

Perhatikan Pencahayaan di Dalam Rumah

Berdasarkan waranya, ada dua jenis pencahayaan yang biasa digunakan di dalam ruangan. Pencahayaan pertama ialah menggunakan cahaya berwarna putih. Fungsi pemakaian cahaya putih yaitu menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Sementara pencahayaan kedua adalah berwarna kuning. Pencahayaan warna kuning biasa dipakai untuk memberikan kesan romantis, hangat, dan elegan. Khusus untuk rumah mungil, kami sarankan gunakanlah cahaya putih secara maksimal. Jenis cahaya yang satu ini benar-benar mampu bekerja baik di rumah Anda sehingga membuat suasananya terasa lebih nyaman.

Mengatur Jendela dan Memilih Model Kaca

Fungsi utama penggunaan jendela berkaca adalah memaksimalkan cahaya matahari yang bisa memasuki ruangan. Dengan demikian, interior rumah pun akan dipenuhi oleh cahaya sehingga terlihat terang serta terkesan lebih luas. Pemakaian jendela dengan pemilihan kaca yang pas ini pun sanggup membuat kesan rumah Anda nampak menjadi lebih luas dari ukuran yang sebenarnya. Gunakan jendela berukuran besar dan model kaca polos tanpa motif supaya sinar matahari dapat masuk ke rumah secara maksimal. Anda bisa membuat beberapa dinding kaca berukuran besar di ruang tamu dan dapur.

Memilih Warna Cat Dinding Interior Rumah

Untuk sebuah rumah yang mungil, alangkah baiknya jika Anda menggunakan cat dinding yang berwarna cerah dan menghindari pemakaian warna gelap. Penggunaan cat dinding yang berwarna terang ini dapat menciptakan kesan sebuah rumah tinggal yang luas, ceria, tanpa batas, dan begitu segar. Sementara itu, penggunaan warna gelap justru akan memberikan kesan ruangan menjadi semakin sempit. Apabila Anda berniat untuk memasang wallpaper, cobalah memilih wallpaper yang motifnya ringan serta sederhana. Motif-motif seperti garis tipis lebih baik digunakan agar memberikan kesan lembut di mata.

Pemilihan Perabotan dan Furniture Ruangan

Perabotan rumah tangga yang digunakan untuk ruangan yang ukurannya mungil sebaiknya mempunyai desain yang sederhana. Pilihlah warna furnitur yang lembut ketika dipandang mata. Hindari penggunaan barang-barang yang terlihat berat dan menumpuk beberapa barang di satu tempat. Jangan lupa untuk memasukkan unsur alam seperti bungan dan tanaman di dalam rumah. Furniture yang bergaya modern lebih tepat digunakan di dalam ruangan ini daripada furniture bergaya etnik, klasik, ataupun tradisional. Walaupun tampilannya sederhana, tetapi furniture modern tetap terlihat sangat berkelas.