Menata Ruang Makan yang Sempit di Rumah Mungil dan Apartemen

Ruang makan saat ini bukan hanya berfungsi sebagai ruangan untuk makan dan minum saja, tetapi juga sering kali digunakan sebagai ruangan untuk berkumpulnya keluarga. Anda dan anggota keluarga lainnya berkumpul di sini untuk menikmati hidangan sembari membicarakan topik yang menarik. Fungsi ruang makan kini sudah berkembang lebih dari ruangan untuk menikmati makanan saja. Oleh karena itu, Anda mesti menatanya dengan baik. Anda harus membuat desain ruang makan tersebut nampak menarik dan mampu mendukung fungsi-fungsi yang hendak dibuat di dalamnya.

Menata dekorasi ruang makan memang gampang-gampang susah. Di satu sisi Anda perlu menciptakan sebuah ruangan yang terasa nyaman, tetapi di sisi lain Anda juga mesti mengupayakan agar ruangan ini mampu meningkatkan selera makan orang-orang yang berada di dalamnya. Ruang makan yang didesain dengan baik dapat mendukung semua fungsi tersebut. Namun sayangnya kondisi ruang makan di rumah sering kali menjadi kendala tersendiri. Misalnya ruang makan dengan ukuran yang sempit atau ruangan yang tidak sesuai standar. Anda tetap mesti menatanya dengan baik.

Kami mempunyai 3 inspirasi-inspirasi ruang makan unik dan tidak biasa yang dapat Anda jadikan sebagai contoh dalam mendesain ruangan ini. Di antaranya yaitu ruang makan di rumah mungil, ruang makan di dalam apartemen, dan ruangan makan yang menyatu dengan dapur (open kitchen).

Ruang Makan di Rumah Mungil

Menata ruang makan di rumah mungil merupakan pekerjaan yang membutuhkan trik tersendiri. Sering kali keterbatasan ruangan di sini menjadi kendala utamanya. Keterbatasan ruangan ini dapat ditangani dengan menyatukan ruang makan dengan ruangan publik seperti ruang tamu ataupun ruang keluarga. Namun tetap harus ada partisi yang memisahkan kedua ruangan tersebut. Sebagai contoh, sofa di ruang tamu ditaruh menghadap televisi dan membelakangi ruang makan. Kemudian kursi-kursi di ruang makan diatur saling berhadapan dengan meja sebagai focal point. Dengan mengatur layout ruangan seperti ini, Anda bisa menciptakan ruangan yang nampak luas dengan beragam kegunaan.

Ruang Makan di Apartemen

Tinggal di apartemen studio memaksa Anda untuk memutar otak supaya dapat memanfaatkan ruangan yang tersedia semaksimal mungkin. Bagaimanapun Anda harus bisa melakukan berbagai hal di sini meski luas ruangannya terbatas. Untuk menata ruang makan di apartemen, Anda bisa mengusung desain open plan. Desain ini ampuh sekali dipakai untuk mengoptimalkan fungsi ruangan. Desain interior berkonsep open plan akan menolong Anda dalam menciptakan ruang makan yang nyaman. Contohnya, Anda dapat menyatukan ruang makan dengan dapur dan ruang tamu. Guna mempertegas fungsi setiap ruangan ini, Anda bisa memainkan desain interior yang berbeda-beda untuk masing-masing ruangan.

Ruang Makan Bersama Dapur

Salah satu trik yang banyak digunakan oleh desainer interior dalam mengatasi ukuran ruangan yang kecil dan sempit yaitu mengusung konsep ruangan yang terbuka. Misalnya ketika menata ruang makan yang ukurannya kecil, tak sedikit yang sengaja menyatukannya dengan dapur. Fungsi ruang makan dan dapur yang berhubungan membuatnya dapat disatukan dengan sempurna. Cobalah Anda mendesain ruangan  ini dengan prinsip pendekatan fungsi sehingga suasananya bisa mengalir dengan baik ke kedua ruangan. Bayangkan saja. Di sini Anda sekeluarga bisa berkumpul di meja makan sekaligus dapat melihat aktivitas di dapur dengan leluasa. Suasana makan bersama pasti akan terasa lebih menyenangkan.