Tips Memilih Apartemen yang Tepat, Lantai Atas atau Bawah?

Kualitas suatu unit apartemen sangat dipengaruhi oleh posisi dan arah hadapnya, selain tentang ukuran dan fasilitasnya tentunya. Walaupun berada di apartemen yang sama, tetapi bukan berarti harganya pun pasti sama ya. Harga unit yang terletak di lantai gedung apartemen yang lebih tinggi dengan arah hadap ke pemandangan yang menawan tentu mempunyai harga yang berbeda dibandingkan dengan unit-unit di bawahnya. Pada umumnya, semakin bagus pemandangan yang bisa dinikmati dari bagian dalam unit tersebut, maka semakin mahal pula harga dari unit apartemen ini.

Sebagai calon investor apartemen, Anda harus benar-benar memperhatikan betul perihal posisi unit ini. Sebab setiap posisi unit apartemen mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Unit yang berada di lantai atas mungkin menawarkan pemandangan yang menakjubkan, tetapi Anda perlu tenaga ekstra untuk menjangkaunya. Anda membutuhkan tenaga yang ekstra untuk dapat sampai ke dalam unit milik Anda tersebut. Sedangkan unit yang terletak di lantai bawah mempunyai akses yang cepat, namun suasananya lebih bising. Anda harus mempertimbangkannya secara bijaksana.

Agar tidak salah dalam memilih lantai apartemen yang paling cocok untuk Anda sekeluarga, ikutilah tips-tips berikut ini ya. Ini merupakan kiat-kiat dasar untuk memilih lantai apartemen yang paling bagus serta mempunyai nilai prospek yang tinggi untuk dijadikan sebagai aset investasi Anda!

Pertimbangkan Memilih Lantai Atas

Kebanyakan orang yang memilih unit apartemen yang bertempat di lantai delapan ke atas menginginkan pemandangan yang menarik. Ya, posisi apartemen yang demikian ini memang biasanya ditujukan untuk menyediakan view yang bagus bagi para penghuninya. Jangan kaget dengan harga dari unit ini. Pasalnya beberapa pengembang memang biasa menyisipkan biaya tambahan kalau Anda ingin memiliki unit yang ada di posisi bagus ini. Tinggal di dalam apartemen pada lantai atas memungkinkan Anda mendapatkan suasana yang benar-benar berbeda daripada tinggal di rumah konvensional.

Unit apartemen yang berada di ketinggian juga mempunyai suasana yang tenang sekali. Bahkan semakin tinggi posisinya, semakin rendah pula tingkat kebisingan yang dimiliki oleh unit tersebut. Kendati bukan jaminan yang pasti, tetapi mayoritas lantai atas lebih aman dari jangkauan pencuri. Sayangnya, posisinya yang berada jauh di ketinggian menyebabkan Anda harus berusaha lebih untuk dapat bolak-balik ke unit ini. Terbayang kan betapa letihnya Anda nanti kalau harus membawa alat dan perabotan rumah tangga? Ketika terjadi bencana alam atau kebakaran, orang-orang yang sedang berada di lantai atas ini juga akan mengalami kesulitan untuk menyelamatkan diri.

Pilih Lantai Bawah untuk Kenyamanan

Nilai jual unit apartemen yang terletak di lantai bawah juga sebenarnyaa tak kalah dengan unit-unit yang berada di atasnya. Karenaa unit apartemen yang terletak di lantai bawah ini juga memiliki kelebihannya tersendiri. Anda pun tetap bisa memperoleh pemandangan yang indah di sini kok. Salah satunya dengan memilih unit yang menghadap langsung ke arah taman, kolam renang, ataupun kolam. Tetapi mayoritas alasan orang memilih lantai bawah ini karena aksesnya menuju pintu keluar yang lebih mudah sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga. Anda tak perlu bersusah payah untuk sampai ke unit ini.

Khusus untuk Anda yang ingin menempati unit apartemen yang terletak di lantai bawah, maka usahakan jangan pilih unit yang lokasinya terletak di sekitar pintu masuk bangunan, sarana umum, tangga darurat, atau lift. Mengapa sih Anda harus menghindari unit-unit tersebut? Hal ini dilakukan untuk menghindari suasana bising di sekitarnya yang bisa mengakibatkan Anda mengalami stres. Bagaimana pun posisi yang rendah sangat direkomendasikan untuk Anda yang merasa takut dengan ketinggian serta mempunyai orang tua dan anak-anak. Anda bakal merasa lebih tenang dan nyaman saat tinggal di sini.

Menentukan Arah Hadap yang Tepat

Arah hadap suatu unit apartemen tidak kalah pentingnya dengan aspek posisinya ya. Mengapa? Karena setiap sisi unit di apartemen memang mempunyai keunikan yang berlainan. Sebagai contoh, unit yang menghadap sisi timur dan selatan memiliki view berupa pemandangan kota, unit di sisi barat mengarah ke kolam renang, serta unit yang ada di selatan menghadap ke taman. Maka kemungkinan besar, harga masing-masing unit ini akan berbeda-beda meskipun terletak di lantai yang sama. Anda bisa memilihnya sesuai dengan pemandangan yang ingin Anda nikmati dalam kehidupan sehari-hari.

Secara umum sih, semakin indah pemandangan yang menyertai suatu unit apartemen, maka harga yang dibandrolkan pun bakalan semakin tinggi. Beberapa investor profesional juga sering mempertimbangkan aspek kesehatan dalam menentukan arah hadap unit ini. Sebuah unit apartemen yang bagus harus bisa mendapatkan sinar matahari yang optimal. Karena faktanya tak jarang suatu unit yang sama sekali tidak dapat memperoleh sinar matahari sehingga membuatnya kurang layak untuk ditempati sebab tak sehat. Idealnya rumah tinggal harus bisa mendapatkan sinar matahari dan udara yang segar.