3 Macam Roster Lubang Angin yang Paling Banyak Digunakan

Roster adalah bahan bangunan yang biasanya digunakan untuk ventilasi. Wujudnya yang memiliki lubang memungkinkan roster bisa menjadi jalur keluar masuk udara. Roster merupakan alternatif ventilasi selain pintu dan jendela. Kelebihan roster yaitu kita dapat membukanya setiap saat tanpa takut khawatir bakal membahayakan rumah. Ukuran lubang-lubang pada roster yang relatif kecil membuat siapapun tak akan sanggup melewatinya. Palingan cuma nyamuk yang harus kita waspadai. Meskipun ukurannya kecil, tapi nyamuk dapat mengganggu kenyamanan kita saat tinggal di rumah.

Perkembangan dunia arsitektur serta dekorasi interior melahirkan bermacam-macam roster. Mulai dari roster yang mempunyai model konvensional hingga roster yang bentuknya unik sekali pun. Bahan roster juga kini sangat bervariasi. Beberapa di antaranya yang sering kali dipakai yaitu roster beton, roster kayu, dan roster keramik. Ketiga roster inilah yang paling banyak digunakan di Indonesia. Sehingga tidak heran kalau Anda bisa menemukannya dengan mudah di toko bangunan. Namun sebelum Anda benar-benar membelinya, kita bandingkan terlebih dahulu yuk ketiga macam roster tersebut.

Marilah kita bandingkan secara objektif antara roster beton, roster kayu, dan roster keramik berdasarkan pada kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

ROSTER BETON

Sesuai namanya, roster beton merupakan roster yang terbuat dari bahan beton. Artinya roster ini terbuat  dari campuran antara semen, pasir, dan kerikil dengan perbandingan tertentu. Bahan-bahan ini sanggup membentuk sebuah roster yang mempunyai struktur yang sangat kokoh. Di pasaran, harga roster beton ini relatif paling murah dibandingkan dengan roster yang terbua dari bahan-bahan yang lainnya. Kualitas roster beton biasanya dibedakan menurut tingkat kekasaran permukaannya. Mulai dari yang bertekstur kasar sampai roster yang teksturnya halus. Agar terlihat lebih menarik, roster beton ini daoat dipoles.

ROSTER KAYU

Roster kayu ini adalah roster yang terbuat dari material kayu. Jangan salah sangka dahulu loh. Sekarang roster kayu justru tengah menjadi tren di Indonesia berkat model dan bentuk yang dimilikinya. Roster ini memiliki pesona natural alami yang dapat diaplikasikan pada rumah-rumah bergaya modern, minimalis, klasik, tradisional, serta dekorasi rumah yang lainnya. Hal ini tidak terlepas dari sifat kayu tersebut yang memang begitu fleksibel dan elastis. Paling bagus sih tampilan roster kayu ini dapat dihiasi memakai cat kayu yang berwarna cerah atau menonjolkan serat alaminy menggunakan pelitur dan melamin.

ROSTER KERAMIK

Roster keramik biasanya dibanderol dengan harga yang paling mahal dibandingkan dengan roster-roster yang lainnya. Sesuai namanya, roster ini terbuat dari material keramik. Apabila biasanya keramik hanya dipakai untuk membuat lantai saja, namun kini juga sudah tersedia roster dari keramik. Umumnya roster keramik ini dipasang di rumah-rumah yang berdesain klasik, etnik, dan mewah. Roster keramik memiliki pilihan warna, corak, dan bentuk yang terbilang variatif sekali. Karena sudah terlihat indah, roster ini tak perlu lagi Anda berikan finishing. Roster keramik memang memiliki penampilan yang sangat menarik.

ROSTER TANPA PENGISI, APA ITU?

Selain ketiga jenis roster di atas, sebenarnya masyarakat Indonesia sudah lama mengenal sebuah roster yang cukup unik. Roster ini biasanya diaplikasikan pada berbagai rumah adat tradisional khas Indonesia. Namanya yaitu roster tanpa pengisi. Roster tanpa pengisi ini adalah roster yang sengaja dibangun dengan cara melubangi dinding sebagai ventilasi udara. Dinamakan tanpa pengisi karena memang kita tak akan memasang roster khusus di sini. Cukup lubang pada dinding tersebut saja yang berguna sebagai ventilasi udara. Roster ini sendiri kini banyak digunakan pada rumah-rumah yang bergaya tradisional.