5 Ide Menarik Dekorasi Rumah untuk Idul Fitri, Cobain Yuk!

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang sungguh istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia. Setelah kita semua berjuang melawan hawa nafsu melalui ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh, kini tibalah saatnya bagi kita untuk merayakan hari kemenangan. Yap, momen Idul Fitri selalu terasa gembira dan menyenangkan. Kita benar-benar dapat merasakan syukur yang luar biasa karena telah diciptakan di dunia ini. Ini merupakan hari yang penuh dengan kebahagiaan. Semuanya berkumpul menjadi satu guna merayakan hari berbahagia ini secara bersama-sama.

Sudah menjadi kebiasaan umum bagi masyarakat Indonesia khususnya untuk saling berkunjung ke sanak famili pada saat Hari Raya Idul Fitri. Tujuannya tidak lain ialah untuk mempererat tali silaturahmi dengan saling bermaaf-maafan. Hari yang suci ini benar-benar merupakan momen yang paling tepat digunakan untuk meningkatkan nilai spiritualitas dan merefleksikan diri, serta mempererat tali persaudaraan antar sesama umat muslim. Begitu pula dengan Anda dan keluarga besar. Kami yakin Anda pun melaksanakan tradisi yang baik ini ketika Hari Raya Idul Fitri tiba, kan?

Demi menyambut Hari Raya Idul Fitri yang penuh dengan kebahagiaan serta kedatangan para tamu yang akan berkunjung ke rumah, Anda pun mempersiapkan rumah dengan sebaik-baiknya. Anda menata dan membersihkan rumah tersebut setidaknya seminggu sebelum Idul Fitri tiba. Bahkan beberapa orang pun sengaja melakukan pengecatan ulang terhadap dinding interior rumahnya supaya terlihat lebih menarik dan segar dipandang mata. Kalau mau, Anda bisa mendesain ulang interior dengan mengusung dekorasi khas Idul Fitri secara khusus. Pasti rumah Anda bakal lebih spesial.

Ruang Tamu Berwarna Hijau Putih

Ruang tamu merupakan ruangan yang pertama kali akan dikunjungi oleh orang-orang yang mendatangi rumah Anda. Itu sebabnya, tampilan ruang tamu akan mempengaruhi kesan yang dimiliki rumah secara keseluruhan. Saran kami di Idul Fitri tahun ini, cobalah Anda mewarnai dindingnya dengan cat berkelir putih. Lalu padukan dengan gorden berwarna hijau. Putih merupakan simbol kesucian, sedangkan hijau adalah simbol kedamaian. Supaya dekorasi terlihat khas lebaran, gantungkan juga hiasan-hiasan dinding berbentuk ketupat di sudut ruang tamu sehingga nuansa khasnya pun kian terasa.

Ruang Makan yang Dipenuhi Warna

Setelah bersalam-salaman di ruang tamu, biasanya para tamu akan dibawa ke ruang makan. Nah, di sini kami menyarankan ide ruang makan yang colorfull alias kaya warna agar suasananya lebih ceria dan tak ada batas. Anda dapat memulainya dengan menghiasi meja menggunakan taplak kain berwarna cerah. Selanjutnya letakkan pot berisi bunga atau dedaunan tepat di tengah-tengah meja. Suasana semarak bisa dihadirkan melalui penataan perabotan makan gaya kontinental dengan menyusun sendok, garpu, pisau, piring kecil, dan serbet sedemikian rupa. Berikutnya lilitkan pita berwarna kontras seperti kuning, merah, hijau, dan ungu di peralatan makan tersebut.

Dapur yang Segar dan Menyenangkan

Sanak famili biasanya tidak segan-segan untuk membantu menyajikan makanan pada perayaan Idul Fitri. Oleh karena itu, jangan sampai Anda dibuat malu dengan kondisi dapur yang kotor sekali. Buatlah dapur Anda terasa segar dengan membersihkannya dan meletakkan aroma terapi lemon di sudut-sudut dapur. Tambahkan pula beberapa pot berisi bunga segar di dekat jendela. Dan jangan lupa untuk menempelkan hiasan dinding bertuliskan Selamat Hari Raya Idul Fitri di area dinding dekat kompor atau rak. Kemudian Anda dapat bercengkrama sambil mengolah makanan supaya suasana memasak menjadi lebih nyaman, menyenangkan, dan suasana kekeluargaannya begitu kental.

Ruang Keluarga yang Hangat dan Banyak Cemilan

Ruang keluarga akan menjadi ruangan bersantai Anda sekeluarga dan sanak saudara yang berkunjung ke rumah. Oleh sebab itu, Anda wajib mempersiapkan ruangan ini supaya terasa hangat dan nyaman sekali. Dengan demikian, acara berkumpul bersama dengan anggota keluarga yang lain pun akan terasa lebih akrab. Taruh beberapa toples cemilan berisi kurma, kue-kue kering, dan makanan ringan favorit keluarga besar Anda. Sedangkan untuk meningkatkan suasana hangat di ruang keluarga, caranya yaitu susunlah bantal-bantal hias yang lembut dan tebal sebagai pemanis sofa. Anda pasti akan suka deh.

Dekorasi Taman Khas Daerah Timur Tengah

Sebagai penyempurna dekorasi rumah menjelang Idul Fitri kali ini, jangan lupa untuk mendesain taman di depan rumah Anda juga. Rekomendasi kami adalah pilih tema bernuansakan Timur Tengah. Caranya yaitu Anda bisa memasang ornamen-ornamen lampu khas Arabian di salah satu tanaman sebagai focal pointnya terlebih dahulu. Anda juga bisa menanam tumbuh-tumbuhan khas Timur Tengah di sini seperti kurma, tin, zaitun, bidara, kaktus, dan masih banyak lagi. Setelah itu, hiasi tanaman-tanaman lainnya dengan ornamen gantung yang berbentuk bintang, bulan sabit, ketupat, bedug, dan lain-lain. Dengan demikian, rumah Anda pun telah siap menyambut Idul Fitri di tahun ini!